Waspada Obat Kumur Sebelum Sepong !!

Terlalu Sering Gunakan Obat Kumur Berisiko Infeksi Jamur

Jakarta, Setiap orang disarankan untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulutnya. Sikat gigi secara teratur dan dengan cara yang benar adalah salah satu cara yang harus dilakukan demi terhindar dari penyakit mulut, seperti sariawan dan infeksi. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang merasa akan lebih maksimal jika menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan rongga mulut.

Sayangnya, menurut drg Harum Sasanti, SpPM, dokter spesialis penyakit mulut di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, penggunaan obat kumur yang terlalu sering bukanlah cara yang disarankan oleh dokter. Hal ini dikarenakan penggunaan obat kumur yang terlalu sering malah akan berisiko pada infeksi di dalam mulut.

"Walaupun dipercaya mampu membersihkan, yang namanya obat kumur itu kan tetap saja obat. Jadi memang tidak seharusnya digunakan terlalu banyak," tutur drg Harum.

drg Harum menjelaskan bahwa di dalam mulut manusia, terdapat jamur dan bakteri yang seimbang jumlahnya. Peran dari menyikat gigi adalah untuk membersihkan keduanya, sedangkan peran dari obat kumur adalah hanya untuk membersihkan bakteri.

"Ketika orang selalu menggunakan obat kumur, maka itu hanya akan mematikan dan membersihkan bakterinya saja. Tapi, hal itu malah akan membuat jamur mempunyai tempat untuk berkembang biak di dalam mulut. Akhirnya malah timbullah infeksi jamur," terangnya.

Oleh karena itu, drg Harum menyarankan agar kebiasaan menggunakan obat kumur untuk mulai dikurangi. Menurutnya, penggunaan obat kumur sebaiknya hanya digunakan ketika orang tersebut mempunyai masalah pada mulut.

"Kalau tidak butuh, ya tidak usah pakai. Cukuplah menyikat gigi dengan benar dan teratur saja kalau untuk membersihkan mulut," pesan drg Harum.

Rahasia Terlarang Memek Merah Yang Gatal

Tak Cuma Jamur, Ini Dia 'Biang Keladi' Gatal-gatal di Miss V

Jakarta - Bagi wanita, gatal-gatal yang dirasakan di vagina pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas, termasuk ketika sedang bercinta. Umumnya, gatal-gatal pada miss V memang disebabkan karena jamur.

Meski demikian, beberapa sebab tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal tak tertahankan di vagina lho.

1. Mencukur rambut kemaluan

dr Eddy Karta SpKK mengatakan, rasa gatal pada vagina bisa timbul setelah mencukur rambut kemaluan dan menimbulkan luka yang memicu rasa gatal atau alergi terhadap bahan atau krim yang digunakan untuk mencukur. Untuk sementara waktu, rasa gatal bisa diredakan dengan mengonsumsi obat antihistamin.

"Jika sampai timbul cairan kekuningan pada miss v maka perlu diperiksa apakah timbulnya cairan itu akibat bakteri atau jamur yang bisa juga menimbulkan rasa gatal," kata dr Eddy.

2. Penggunaan pembersih antiseptik

Rasa gatal disertai kulit kering yang mengelupas di daerah vagina, menurut dr Eddy perlu diperhatikan apa  bahan yang kontak di area tersebut. Misalnya sabun dan cairan antiseptik.

"Bahan-bahan yang digunakan bisa menyebabkan reaksi gatal pada mereka yang mempunyai kulit dengan kecenderungan sensitif," ujar dokter yang berpraktik di Edmo Clinic ini.

3. Rangsangan tangan saat bercinta

"Menggunakan tangan untuk merangsang vagina memang memiliki risiko menyebabkan lecet di dalam baik karena posisi jari yang salah atau kuku. Rasa gatal dan perih di dalam bisa disebabkan oleh luka tersebut," jelas dr Eddy.

Ia menambahkan, luka lecet di dalam akan terlihat jika dinding miss V kondisinya lebih merah pada beberapa titik. Jika sudah berlanjut dengan keluar cairan (keputihan) dr Eddy menyarankan sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan ke dokter.

4. Radang kulit

dr Eddy menerangkan, kondisi gatal di pada miss V juga bisa disebabkan radang kulit yang disebut dermatitis. Kondisi ini biasanya dicetuskan oleh kelembaban dan garukan.

"Jika terdapat gejala gatal lebih hebat saat berkeringat, saat malam hari atau saat sedang banyak pikiran, maka kemungkinan seseorang mengalami dermatitis," jelas dr Eddy.

5. Keputihan tidak wajar

Jika vagina terasa gatal dan nyeri khususnya saat berhubungan intim, menurut dr Eddy bisa jadi hal ini disebabkan karena organ vital yang mengalami keputihan tidak wajar sehingga menjadi rentan terhadap luka karena kondisi yang lembab berlebihan terus menerus.

"Jika vagina sampai mengeluarkan cairan berwarna kuning, bau dan nyeri saat berhubungan penyebabnya bisa berupa bakteri atau parasit. Dalam hal ini maka keputihan tersebut harus segera diobati dahulu sebelum kembali berhubungan intim kembali dengan menjaga kebersihan area tersebut atau menggunakan pembersih antiseptik dengan hati-hati," jelas dr Eddy.

Misteri Cabe Terpedas Sedunia

[Peringkat Dunia Kepedasan Cabai] Seberapa Kuat Lidahmu?

JANGAN NGAKU JAGOAN PEDAS, SEBELUM BACA INI!

Orang India boleh bilang, cabai setan atau bhūt jolokia yang berasal dari negaranya adalah yang terpedas di dunia.. Mungkin itu benar di tahun 2006 lalu. Tapi ternyata sekarang tidak lagi.. Beberapa tahun terakhir ada sebuah instansi khusus cabai yang mengkategorikan tingkat/level kepedasan cabai untuk standar dunia.
Instansi tersebut bernama:Quote:
Chile Pepper Institute
Pada Februari 2012, Chile Pepper Institute menggelar "New Mexico Chile Conference 2012", yang bekerja sama dengan Jim Duffy of Refining Fire Chiles. Mereka berhasil membuat peringkat kepedasan cabai di seluruh dunia. Dan ternyata bukan cabai setan (ghost chile) atau bhūt jolokia yang menempati peringkat pertama. Tingkat kepedasannya diukur dengan satuan khusus yang disebut Scoville (SHU).

Sebelum kita melihat list peringkat cabai terpedas di dunia itu, ada baiknya kita ketahui lebih dalam tentang satuan yang digunakan untuk mengukur tingkat kepedasan tersebut.

Berikut ulasan singkatnya:

Skala Scoville

Skala Scoville adalah ukuran tentang pedasnya cabai.
Buah genus Capsicum (cabai) mengandung capsaicin, suatu bahan kimia yang merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah, dan jumlah satuan pedas Scoville (SHU) menunjukkan jumlah capsaicin yang ada. Banyak sambal menggunakan peringkat Scoville mereka dalam iklan sebagai daya jualnya.

Namanya berasal dari Wilbur Scoville, seseorang yang mengembangkan Tes Organoleptic Scoville pada 1912.
Pada rancangan aslinya, cairan ekstrak cabai dicampurkan dalam air gula sehingga 'pedasnya' tidak lagi dapat dideteksi oleh sebuah panel penguji (biasanya lima orang). Tingkat pencampurannya itu memberikan ukuran bagi skala Scoville ini. Jadi cabai manis yang tidak mengandung capsaicin sama sekali, pada skala Scoville nilainya nol. Artinya rasa pedas tidak ditemukan bahkan ketika cairan itu belum dicampurkan. Sebaliknya, cabai yang pedas, seperti misalnya cabai Habanero, mempunyai peringkat 300.000 atau lebih. Hal ini menunjukkan bahwa ekstraknya harus dicampurkan 300.000 kali lipat sebelum capsaicin yang terkandung di dalamnya tidak terasa lagi.
15 satuan Scoville sama tingkatnya dengan satu bagian capsaicin per satu juta. Jadi, konsentrasi yang tertinggi sama nilainya dengan 15.000.000 satuan Scoville. Kelemahan terbesar dari Tes Organoleptik Scoville ialah ketidaktepatannya, karena ia mengandalkan subyektivitas manusia.
Dengan perkembangan kromatografi cair berperforma tinggi (HPLC) (juga dikenal sebagai "Metode Gillett") kini telah memungkinkan peringkat Scoville ditentukan dengan ukuran langsung capsaicin dan bukan dengan menggunakan rasa yang berdampak kurang obyektif.

Struktur Kimia Capsaicin
Capsaicin atau capsaicinoids. Senyawa kimia tak berbau dan tak berasa ini tersembunyi dalam bagian putih dalam cabai. Ketika kita memakan cabai, capsaicin mengikat reseptor yang merespon rasa sakit akibat panas di mulut dan tenggorokan. Kemudian otak menerima pesan dan mengirimkannya ke ‘tim pemadam’ tubuh agar menyingkirkan bahan panas itu. Reaksinya, sirkulasi tubuh meningkat, perspirasi mendingin dan beberapa reaksi tertentu hingga gangguan pun terjadi, termasuk hidung meler dan mata menangis.
Rasa sakit akibat memakan cabai juga melepaskan endorfin, pembunuh rasa sakit alami yang membuat makanan terasa lezat. Jadi, air mata yang keluar setelah makan cabai sebenarnya air mata bahagia.

Berikut ranking/tingkat kepedasan cabai disusun dari peringkat terbawah:

Level Pedas Cabai:

9 dari TOP 10 Cabai Terpedas di Dunia adalah..

JREEENG!!..:

10. Dorset Naga 1,000,000 SHU

09. Naga Morich 1,000,000 SHU

08. Gibralta/Spanish Naga – 1.086.844 SHU.

07. Bhut Jolokia (Ghost Pepper) 1,141,427 SHU

06. Chocolate Bhut Jolokia 1,200,000+ SHU

05. Red [Giant] Barrackpore 1,000,000 – 1,300,000 SHU (Other 7 Pod Varieties)

04. Naga Viper 1,349,000 SHU

03. Trinidad Scorpion Butch T 1,463,700 SHU

02. 7 Pod Douglah (7 Pot Douglah, Chocolate 7 Pod) 1,853,936 SHU

DAN JUARANYA ADALAH:

Juara pedas:

01. Trinidad Scorpion Moruga Blend (Moruga Scorpion)
Tingkat Kepedasan: 2,009,231 Scoville (SHU)

Cabai ini adalah varietas baru yang ditemukan. Chile Pepper Institute telah mengidentifikasi varietas cabai terpedas di bumi ini rasa pedasnya melebihi rasa pedas apapun. “Saat mengigit cabai ini rasanya tidak terlalu pedas, namun pada gigitan berikutnya Anda akan merasakan sensasi pedasnya yang luar biasa, rasanya begitu menyengat hingga anda akan mengeluarkan air mata serta keringat yang mengucur. ” ujar Paul Bosland, seorang pakar cabai terkenal dan Director of the Chile Pepper Institute.

Jika anda susah membayangkannya, tingkat kepedasan cabai ini setara dengan 40x pedasnya cabai rawit merah (Tabasco pepper) yang biasa kita konsumsi di Indonesia. Cabai rawit hanya mempunyai tingkat kepedasan sekitar 50.000 Scoville. Dengan Moruga Scorpion, jika kita bisa membuat satu kuali sayur (masakan berkuah) untuk porsi makan lima orang hanya dengan satu biji cabai jenis ini. Satu biji (seed) saja bukan satu buah..

Banyak yang nanya: Ada yang dari indonesia nggak gan?..
Jawab: Ternyata ada agan yang lebih tahu, cabai 'khas' Indonesia: cabai rawit nama lainnya adalah Tabasco Pepper. Ane udah crosscheck dan ternyata benar.. Ini jawabannya gan..

setau ane, Tabasco Pepper itu cabe rawit gan, peringkat 43

Berarti cabe rawit 'hanya' sekitar 50.000 scoville gan.. Moruga Scorpion 40x lebih pedes dong?.

Kalau di Toraja ada dua jenis cabe atau di sana disebut lada yang pedasnya sangat kerasa.

Lada Katokkon. Hasil cari di google katanya mirip sama Habanero.
Lada Barra' . Ini mirip sama cabe rawit tapi ukurannya lebih kecil dan lebih pedas dari rawit merah

Rahasia Tersembunyi Cara Mengecek Nomer BPOM Asli Suatu Produk

Cara Mengecek No BPOM Asli Suatu Produk

Berbagai kasus terkait pelanggaran terhadap peredaran obat dan makanan di negeri ini boleh dibilang akhir-akhir ini makin marak. Seperti heboh kasus formalin, kisruh obat anti nyamuk, ribut minuman isotonik, kosmetika palsu, kini santer pemberitaan tentang peredaran obat (juga jamu) palsu, selain menghangatnya kasus beras berklorin.

Berbagai kasus itu mengindikasikan bahwa ada yang salah dengan sistem pengawasan obat dan makanan di negeri ini. Hal itu ironis mengingat konsumsi masyarakat terhadap produk obat, makanan, kosmetika, alat kesehatan, dan obat asli Indonesia cenderung meningkat.

Sayangnya, konsumen tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang produk yang dikonsumsinya itu, apakah sudah tepat, benar, dan aman. Karena itu, Indonesia memerlukan sistem pengawasan obat dan makanan yang efektif dan mampu mendeteksi, mencegah serta mengawasi produk-produk guna melindungi keamanan, keselamatan, dan kesehatan konsumen.
Pemerintah melalui Keppres Nomor 166 Tahun 2000 dan Nomor 103 Tahun 2001 membentuk Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang bertugas, antara lain memberi izin dan mengawasi peredaran obat serta pengawasan industri farmasi.

Karena Sejauh ini pendaftaran makanan dan minuman untuk seluruh wilayah Indonesia ditangani langsung oleh Direktorat Penilaian Keamanan Pangan, Badan POM, ada cara mudah untuk mengecek apakah produk yang kita beli benar-benar telah terdaftar di BPOM.

Caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut :

Ketik atau klik url http://www.pom.go.id/ di browser

Manfaatkan fitur "CARI" yang ada di web tersebut, dan masukkan no BPOM produk yang Anda inginkan.

Atau mudahnya, jika tidak ditemukan hasil dari penelusuran nomor yang Anda masukkan, maka produk tersebut terindikasi sebagai produk dengan pencantuman No BPOM Palsu.

Untuk selanjutnya, silakan cari produk yang Anda inginkan di sana.

Kemudian berselancarlah sepuasnya menikmati apa-apa yang terdapat di sana

Arti & Makna Nomor Registrasi BPOM
Nomor yang diterbitkan oleh Badan POM memiliki arti khusus;

TR = Obat tradisional produksi dalam negeri
TI = Obat tradisional Import
SD = Suplemen produksi dalam negeri
SI = Suplemen Impor
MD = Makanan produksi dalam negeri
ML = Makanan impor
CD = kosmetik dalam negeri
CL = kosmetik impor
CA = kosmetik dengan tanda notifikasi

Quote:Penerbitan nomor kode produksi : misalnya TR0907035

TR = menunjukkan kode “tradisional dalam negeri”
09 = menunjukkan “tahun pembuatan”
07 = menunjukkan “bulan pembuatan”
03 = menunjukkan produksi ke berapa pada bulan tersebut
5 = menunjukkan jumlah produksi (dalam ribuan) pada bets ybs.

F.A.Q.

Tanya:
Cara menuliskan No BPOM-nya bagaimana? Misal POM CD 1006502524
Bagaimana menuliskannya di pencarian?

CD1006502524 ? POMCD1006502524? atau angkanya saja?

Jawab:
Tulis saja cukup nomornya saja, jika terdapat hasil, maka dipastikan No BPOM yang tercantum di produk itu asli, dan apabila tidak terdapat hasil pencarian, maka produk tersebut terindikasi menggunakan No BPOM palsu.

Tanya:
Mau nanya nih. Kan baru-baru ini kami mengadakan kerjasama bisnis dengan teman berupa pembelian lotion dari US, banyak juga sih, lusinan. Nah, sekarang tuh barang ditahan sama bea cukai, diminta izin POM nya. Gimana tuh ya? padahal belinya bukan untuk dijual, tapi untuk pakai pribadi. Banyak sih yang ikutan

Jawab:
Dalam hal import seperti ini, didapat informasi kalau makanan, kosmetik, atau apapun apabila HS Code terkena Lartas (Larangan Pembatasan) Import, mau banyak atau sedikit atau sample mesti ada izin import dari instansi yg dimaksud dalam Lartas dan pasti akan diminta oleh Bea dan Cukai.

Tanya:
Kalau maksudnya NA apa ya?

Jawab:
NA itu kode untuk kosmetika/obat yg dijual secara on-line sist. Selengkapnya bisa dicek di http://notifkos.pom.go.id/bpom-notifikasi/

Tanya:
Bagaimana sih rangkaian proses registrasi kosmetik itu?

Jawab:
Untuk membuat sebuah produk kosmetik maka produk tersebut harus di daftarkan ke Badan POM. Ada serangkaian proses panjang yang biasanya disebut proses registrasi produk. Umumnya bisa berlangsung 1- 3 tahun tergantung produknya.

Kok lama sekali? tentu karena untuk keluar nomor registrasinya perlu banyak dokumen, validasi, formula, stabilitas produk, dan kandungan bahan tersebut aman atau tidak, lolos uji dan sebagainya. Kalau sudah keluar nomor registrasinya akan diberi barcode.

Inget huruf depannya saja. Kalo CD artinya Cosmetic Dalam Negeri. CL artinya Cosmetic dari Luar negeri.

Sejak adanya Harmonisasi ASEAN 2010 dimana barang import dapat masuk lebih leluasa ke negara-negara ASEAN maka untuk memudahkan masuk dan meregistrasi maka dibentuk suatu sistem dari pemerintah dimana produk impor yang masuk tidak membutuhkan waktu yang panjang dan berliku. Cukup hanya didaftarkan saja dan tidak dilakukan pengetesan bahan tersebut (hanya kelengkapan dokumentasi dan data pendukung). Keamanan produk tersebut dijamin oleh negara pembuat bukan negara yang dituju.

Misalnya Produk A dibuat oleh negara Filipina dan sekarang produk A masuk ke Indonesia maka produk A cukup didaftarkan saja ke Badan POM dan mendapat nomor notifikasi ( disingkat NA). Jika sudah mendapat nomor maka bisa dijual di Indonesia, soal keamanannya diserahkan pada produsen pembuat dinegara Filipina dan bukan dari BPOM.

Jika beredar sudah dipasaran BPOM kita akan mengambil sample di pasaran produk A ( disebut post market surveillance) dan dicek apakah ada kandungan bahan berbahaya atau tidak. Jika ada, maka produk tersebut dapat ditarik kembali dari pasaran. Itulah cara kerja registrasi dengan sistem NA ( Notifikasi). Saya berharap sudah mengerti apa itu Notifikasi

Sekarang tidak tidak perlu ragu kalo produknya kok beda yang satu CL dan NA.
Nomor registrasi dengan sistem NA baru berjalan 2 tahun ( sejak 2010), tentu saja bisa terjadi 2 nomor registrasi tetapi itu satu produk yang sama. CL=Cosmetik Luar negeri tentu saja produk tersebut dapat menggunakan nomor registrasi NA. Sepanjang tidak ada berita penarikan kembali maka produk tersebut masih aman dan dapat digunakan dengan baik. Terimakasih

Selalu inget sebelum menggunakan produk kosmetik untuk selalu mengecek nomor registrasi di Badan POM atau di dengan sistem Notifikasi Kosmetika. Jadilah pembeli yang smart dan tidak mudah terlena oleh euforia iklan sesaat.

Tanya:
Tentang Produk MD & ML?

Jawab:
Khususnya Produk MD dan ML (Makanan dan Minuman), mungkin informasi berikut ini berguna bagi Anda.

Info no Registrasi MD/ML:

Contoh : MD 233311200300

Jadi Dibacanya : MD = Merk Dalam Negeri
2 = Jenis Kemasan (Kode nya dari No 1-9)
333 = Kode Jenis Pangan (Ada ratusan kode pangan)
11 = Kode urut Propinsi
200 = Kode Urut Produk dari Pabrik tersebut
300 = Kode Urut Pabrik dari propinsi tersebut

wuih, yg 2 tahunan repot juga brarti yah ngurusnya

gan, nanya lagi dong
kalo ane perhatiin beberapa jajan2 produksi rumahan tp masuk minimarket/supermarket tu ga ada no. BPOM nya, adanya Izin Depkes P-IRT..... itu bedanya apa? dan kenapa mesti dibedain?

memang seperti itu yang sudah berlaku, hampir sebagian besar ijin kan seperti itu. misal: SKCK aja juga berlakunya terbatas waktu dan harus diperbarui kan? begitu juga lainnya.

Iijin BPOM berbeda dengan ijin Depkes P-IRT karena beda instansi yang mengeluarkan ijin edar.

Ijin BPOM diperoleh dari produsen yang mengajukan nomor ijin ke BPOM dengan melampirkan sampel dan data yang diperlukan kemudian dilanjutkan survey lokasi dan lain-lainnya. kadang prosesnya lama.

sedangkan nomor ijin Depkes dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan daerah setempat (kota/kabupaten), dengan cara produsen mengajukan sampel produk dan juga survey lokasi dan persyaratan lainnya. Prosesnya biasanya sekitar 2 bulan atau lebih.

tetap ijin BPOM lebih kuat dari sekedar ijin Depkes P-IRT. CMIIW

Misteri Pohon-Pohon Tempat Bersemayam Hantu

Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal hantu

Selain rumah kosong,pohon juga dipercayai menjadi tempat tinggal hantu.Ada pohon yang menjadi tempat tinggal genderuwo ada juga yang menjadi tempat tinggal kuntilanak atau pocong.Bahkan mungkin diantara anda sekalian pernah ada yang menjumpai kuntilanak sedang selonjoran di atas dahan pohon?

Dibawah ini adalah beberapa jenis pohon yang ditenggarai menjadi tempat tinggal dari hantu.Silahkan baca dengan seksama pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal hantu.

Pohon Beringin

Pohon beringin adalah tempat kesukaan genderuwo terutama beringin yang sudah tua dan memiliki janggut(akar yang menggantung).Bila kita mematahkan janggut beringin tersebut dan kebetulan beringinnya di isi genderuwo maka kita akan langsung sakit dan bila tidak segera diobati ke orang pintar mungkin nyawa taruhannya.

Pohon Sukun

Pohon ini biasanya menjadi tempat tinggal pocong.

Pohon Ara

Pohon ara yang selintas masih mirip dengan pohon beringin merupakan tempat tinggal bagi segala macam jenis hantu.

Pohon Randu

Pohon randu atau kapuk merupakan pohon yang menjadi tempat tinggal kuntilanak.

Pohon Sawo
Pohon sawo adalah tempat tinggal kuntilanak dan genderuwo maka dari itu jika sudah memasuki waktu adzan maghrib hindari pohon ini karena biasanya pada jam-jam itu,hantu penunggu pohon sawo sedang berkeliaran.

Pohon Sage
Tidak diketahui menjadi tempat tinggal hantu apa tapi pohon ini dipercayai menjadi tempat tinggal hantu.Kesan dari pohon ini yang tua dan menyeramkan memang cocok menjadi tempat hantu.

Pohon Asem
Pohon asem biasanya menjadi tempat tinggal pocong atau kuntilanak terutama pohon asem yang umurnya sudah bertahun-tahun.

Pohon Pisang

Pohon pisang(pohon pisang yang bergerombol)merupakan tempat tinggal kuntilanak dan pocong.

Pohon Bambu

Pohon ini menjadi salah satu tempat yang disukai oleh kuntilanak.Pernah suatu kali di kampung saya ada tukang ojek melihat kuntilanak sedang duduk di atas pohon bambu.Harus di ingat,pohon bambu yang saya maksud adalah pohon bambu biasa bukan pohon bambu kuning karena bambu kuning adalah penolak bala jadi pasti dijauhi oleh hantu.

Pohon Nangka

Pohon nangka juga dipercayai sebagai tempat tinggal hantu.

Pohon Limus

pohon ini biasanya dijadikan tempat bermain tuyul.Buah dari pohon limus hampir sama dengan buah mangga,cuma buah limus bentuknya lebih bulat dan seratnya banyak.

Bila di lingkungan tempat tinggal anda ada pohon-pohon yang di atas,hindari melewati pohon tersebut pada malam hari ataupun bila terpaksa.Jangan lupa membaca doa dan meminta perlindungan kepada yang maha kuasa agar terhindar dari gangguan mahluk halus.

Rahasia Terlarang Obat Herbal Yang Bikin Anda Cepat Menjemput Ajal !!

Perhatikan, 5 Obat Herbal Ini Bisa Merusak Tubuh Jika Sembarangan Dikonsumsi

Jakarta - Selama ini, penggunaan tanaman obat untuk mengatasi berbagai penyakit diyakini banyak orang tidak akan menimbulkan efek samping alias 100 persen aman. Nyatanya, jika sembrono mengonsumsi, tanaman herbal justru membuat tubuh makin 'rusak'.

"Minum obat herbal 100 persen aman itu tidak betul. Walaupun alami, herbal juga punya efek samping. Semua orang belum tentu cocok dengan satu tanaman obat misalnya, makanya jangan sembarangan mengonsumsi herbal," tutur Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU Dr. Soetomo, Surabaya, dr Arijanto Jonosewojo, SpPD FINASIM di Ritz Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan.

Nah, berikut ini beberapa tanaman herbal yang kerap kali dikonsumsi masyarakat tapi jika tidak memperhatikan dosis dan kondisi tubuh saat mengonsumsinya justru bisa membahayakan kesehatan:

1. Ginseng

Untuk menjaga stamina tubuh, ginseng bisa jadi tanaman herbal yang bisa diandalkan. Tapi hati-hati jika Anda memiliki penyakit jantung dan mengonsumsi obat jantung dengan kandungan nitrat, justru Anda berisiko terkena aritmia jantung (detak jantung tidak normal).

2. Jus belimbing

Jus belimbing dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Tapi, dr Arijanto menegaskan perhatikan jenis hipertensi yang dialami sebab pada dasarnya hipertensi terdiri dari primary hipertension dan secondary hipertension.

"Secondary hipertension misalnya karena masalah ginjal, minum jus belimbing malah bikin ginjal rusak karena ada zat nefrotoksik dalam belimbing," ujar dr Arijanto.

3. Bawang putih

Bawang putih bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan mengencerkan darah. Tapi, jika Anda ingin mencabut gigi dan terbiasa mengonsumsi bawang putih, baiknya hentikan konsumsi bawang putih dua minggu sebelum cabut gigi. Sebab, bawang putih justru bisa menyebabkan perdarahan sulit terhenti saat proses cabut gigi.

4. Temulawak

Bukan rahasia lagi jika tanaman yang satu ini bisa membantu menjaga stamina dan meningkatkan nafsu makan. Namun, jika Anda mengalami perdarahan lambung, jangan mengonsumsi temulawak dalam dosis tinggi. Sama seperti bawang putih, temulawak bisa menghambat proses pembekuan darah.

5. Jus jeruk, apel, anggur

Saat mengonsumsi obat penurun kolesterol golongan statin, sebaiknya jangan dibarengi dengan jus jeruk, apel, dan anggur. Hal ini disebabkan dalam jeruk, apel, dan anggur terdapat timin. "Timin bisa mengikat lemak sehingga dia mengikat zat pada statin sehingga efek obat tidak optimal," ujar dr Arijanto.

Rahasia Terlarang Posisi Bercinta Untuk Menentukan Jenis Kelamin Bayi !!

Posisi Bercinta Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi?

Jakarta, Ada banyak cara yang dipercaya dapat menentukan jenis kelamin bayi yang bakal dikandung, termasuk posisi saat bercinta. Benarkah demikian?

"Hingga saat ini posisi-posisi hubungan seksual tidak bisa menentukan jenis kelamin bayi yang didambakan oleh pasangan suami istri," tegas dr Andri Wanananda, MS, seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara.

dr Andri menjelaskan, sel jantan (spermatozoa) mengandung kromosom (cikal bakal jenis kelamin) X dan Y, sedangkan sel betina (ovum) mengandung kromosom X saja.

Bila sperma bersatu dengan ovum akan terjadi 2 kemungkinan, ovum dibuahi oleh sperma yang mengandung kromosom Y, yang akan terbentuk bayi laki-laki. Bila ovum dibuahi oleh sperma yang mengandung kromosom X, akan terbentuk bayi perempuan. Jelasnya, kemungkinan terjadi bayi laki-laki atau perempuan adalah 50/50.

"Kemajuan ilmu kedokteran biomolekuler akan menentukan teknologi penentuan jenis kelamin bayi yang diinginkan oleh pasangan suami istri di masa depan," tambah dr Andri.

Tapi menurut dr Andri, memang ada beberapa penelitian yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Misalnya, jika ingin mendapatkan anak perempuan dikatakan melakukan sanggama 2-3 hari sebelum masa subur dan memilih posisi misionaris (posisi konservatif perempuan di bawah, pria di atas). Posisi ini diyakini menciptakan penetrasi dangkal yang membuat kromosom Y tidak bisa mencapai sel telur. Sedangkan sanggama mendekati masa subur dipercaya bisa mendapatkan anak laki-laki.

Pilihan posisi penetrasi dari belakang diyakini sebagai cara penetrasi yang dalam yang membuat kromosom Y bisa cepat menuju sel telur dibanding kromosom X.

"Tapi cara-cara seperti ini belum terbukti secara ilmiah," tutup dr Andri.

Popular Posts