Pantau Posisi Commuterline lewat Ponsel

Hore, Sekarang Bisa Pantau Posisi Commuterline Via Ponsel

PT KAI (Daop1) dan PT KAI Commuter Jabodetabek telah mengembangkan sistem aplikasi berbasis web yang memungkinkan Anda untuk memantau keberadaan kereta untuk setiap nomor KA, secara real time! Aplikasi ini tidak saja bisa diakses melalui Komputer, namun juga bisa di Blackberry, Android, iPhone/iPad, Windows Phone, dan semua jenis handphone yang mendukung internet browser.

ANDA sering lari terburu-buru karena ingin mengejar kereta? Nah, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi bakal tertinggal kereta.

Karena, PT KAI (Daop1) dan PT KAI Commuter Jabodetabek telah mengembangkan sistem aplikasi berbasis web yang memungkinkan Anda untuk memantau keberadaan kereta untuk setiap nomor KA, secara real time!

Asiknya, aplikasi ini tidak saja bisa diakses melalui Komputer, namun juga bisa di Blackberry, Android, iPhone/iPad, Windows Phone, dan semua jenis handphone yang mendukung internet browser.

Manajer Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan, aplikasi ini dikembangkan guna mempermudah akses informasi para pengguna commuterline kawasan jabodetabekser (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi dan Serpong) tentang posisi kereta.

Dengan adanya aplikasi ini, penumpang dapat menentukan kapan ia berangkat ke stasiun untuk mengejar kereta tujuannya tanpa harus terburu-buru. Sekaligus bisa memastikan dimana posisi keretanya saat ini.

”Tidak ada lagi terburu-buru. Anda bisa menunggu kereta dengan tenang dan dapat memilih jenis kereta yang digunakan ekonomi atau AC,”ujar Eva dalam siaran pers yang diterima Jurnal Nasional, Rabu (27/2) malam.

Aplikasi tersebut dapat diakses melalui alamat http://infoka.krl.co.id/to/[kode stasiun]. Misalnya untuk melihat kereta-kereta yang lewat Stasiun Juanda, maka alamat yang harus diakses http://infoka.krl.co.id/to/jua.Sementara.

Sementara untuk Stasiun Jakarta Kota, alamat yang harus diakses http://infoka.krl.co.id/to/jak. Di dalam aplikasi tersebut terlihat informasi nomor kereta, tujuan perjalanan,KRL ekonomi dan commuter line. Kemudian dijelaskan waktu keberangkatan, berhenti, serta posisi jalur.

Jika informasi menunjukkan 'Ber Manggarai', artinya KRL baru berangkat dari Stasiun Manggarai menuju stasiun berikutnya. 'Di Cikini' artinya sedang berhenti di Stasiun Cikini.

"Sistem ini sebetulnya telah beroperasi sejak sebulan lalu, namun hanya diakses secara internal karena masih proses uji coba. Setelah diuji coba, baru kini kita lansir ke publik bahwa sistem informasi ini dapat diakses, terutama bagi penumpang KRL,”tandasnya.

Ke depannya, PT KCJ akan mengembangkan model informasi posisi KRL ini lebih baik lagi.”Kini menggunakan kode stasiun,nantinya dikembangkan ke model lebih efektif dan memudahkan penumpang,” ujarnya.

Berikut Kode singkatan Stasiun :

# Jakartakota : JAK

# Jayakarta : JYK

# Manggabesar : MGB

# Sawahbesar : SW

# Juanda : JUA

# Gambir : GMR

# Gondangdia : GDD

# Cikini : CKI

# Manggarai : MRI

# Tebet : TEB

# Cawang : CW

# Durenkalibata : DRN

# Pasarminggubaru : PSMB

# Pasarminggu : PSM

# Tanjungbarat : TNT

# Lentengagung : LNA

# Universitaspancasila : UP

# Universitasindonesia : UI

# Pondokcina : POC

# Depokbaru : DPB

# Depok : DP

# Citayam : CTA

# Bojonggede : BJD

# Cilebut : CLT

# Bogor : BOO

# Bekasi : BKS

# Kranji : KRI

# Cakung : CUK

# Klenderbaru : KLDB

# Buaran : BUA

# Klender : KLD

# Jatinegara : JNG

# Pondokjati : POK

# Kramat : KMT

# Gangsentiong : GST

# Pasarsenen : PSE

# Kemayoran : KMO

# Rajawali : RJW

# Kampungbandan : KPB

# Ancol : AC

# Tanjungpriok : TPK

# Tanggerang : TNG

# Batuceper : BPR

# Poris : PI

# Kalideres : KDS

# Rawabuaya : RW

# Bojongindah : BOI

# Pesing : PSG

# Duri : DU

# Tanahabang : THB

# Angke : AK

# Karet : KRT

# Sudirman : SUD

# Serpong : SRP

# Rawabuntu : RU

# Sudimara : SDM

# Jurangmangu : JRU

# Podokranji : PDJ

# Kebayoran : KBY

# Palmerah : PLM

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :