Modus Penipuan Turis Menjual Hape Harga Miring

Tadi pagi di kantor ane ada seorang ibu yang tiba2 datang menawarkan sebuah hp samsung grand. Dengan bahasa Indonesia yg terbata2 dia memberi isyarat tangan 1,5. Awalnya ane yg lagi asik ngobrol sm temen kantor ga ngerti maksud nih ibu mau ngapain. Terus ane disamperin sama tu ibu, sambil nyodorin hape itu dan ngasi isyarat lagi 1,5. Oooo ternyata doi mau jual hapenya gan. Yang jadi daya tariknya itu harganya kenapa bisa murah bgt gan??

Abis itu tu ibu buka casing belakangnya hapenya sambil nunjukin kalo hapenya itu "MADE IN KOREA". Karna ane penasaran terus ane tanya "ini mau dijual kenapa bu?" doi geleng2. Nah dari situ ane pikir apa jangan2 ni orang ga ngerti Bahasa Indonesia. "You can't speak Indonesian?" tanya ane, dan si ibu itu masih aja geleng2. "You can't speak english?" lah ni orang ga ngerti inggris jg. Si ibu itu cuma bilang "I'm Korea" Ya udah lah yaa.. Abis itu temen ane ngecek2 tu hape yg mau dijual. Pas di cek ane mulai sangsi dan curiga karna hape keren kayak gitu kok patah2 grafisnya..

Belum selesai ngecek, si ibu2 ngeluarin hape satu lagi. Kali ini yg dikeluarin iPhone 4 gan.. Tu ibu2 bilang dengan bahasa isyarat lagi "2 million" Kebetulan temen ane ada yg punya iPhone 4. Ane suruh cek, daaannn kebongkar lah semua.. Ada beberapa menu yg ada di iPhone 4 punya si ibu tapi sebenernya ga ada di iPhone 4 kebanyakan.

Setelah temen ane menemukan kejanggalan itu, kami-pun sepakat kalau hape yg dijual sama si ibu2 yg berpenampilan seperti turis itu adalah "PALSU", atau "ABAL-ABAL" atau "KW SUPER" karna secara fisik betul2 mirip. Tapi secara grafis betul2 berbeda jauh dari yang ori.

Lay out-nya berbeda, grafis tidak tajam dan patah2, bobotnya ringan sekali.

Gila gan.. sumpah gilaa.. Akhirnya ane bilang sorry aja sama tu si ibu2 penipu bau ketek..

Dan setelah ane cerita2 kejadian tadi sama beberapa temen kantor ane yg lain mereka udah ada yg pernah tertipu sekali tahun 2011. Juga ada 2 temen lainnya yg pernah hampir kena tipu gan. Tapi pelaku bukan ibu2, melainkan bapak2.

Buat agan2 lainnya yg belum tahu, mohon agar berhati2 terhadap penipuan modus seperti ini.
 
Ciri-ciri penipu turis menjual hape harga miring:

    Biasanya penipu terlihat seperti turis yg linglung. (bagian dari akting gan)
    Berparas oriental dan seringnya mengaku dari Korea, Jepang, atau Thailand. Bahkan ada kaskuser yg melaporkan pernah ketipu sm yg versi bule tampang Eropa gan.
    Berpakaian seperti turis biar lebih meyakinkan.
    Tidak bisa bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
    Berkomunikasi menggunakan tangan atau jari. Dan seringnya seolah2 tidak mengerti bahasa yg kita bicarakan.
    Mengeluarkan notes dan pena sebagai alat komunikasi seadanya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :