Misteri Sungai Berwarna Hitam

Ada Sungai Berwarna Hitam di Kalimantan Tengah



Airnya berwarna hitam karena hutan gambut

Pangkalan Bun - Di Kecamatan Kumai, Kalimantan Tengah, terdapat Sungai Sekonyer yang mengalir di Taman Nasional Tanjung Puting. Uniknya, sungai di sana berwarna hitam.

Selain melihat orangutan, fenomena unik sungai yang berwarna hitam juga dapat dijumpai di Taman Nasional Tanjung Puting. Tepatnya di Sungai Sekonyer yang menjadi jalur air dari Pelabuhan Kumai menuju Camp Leakey di Taman Nasional Tanjung Puting.

Tapi bukannya kotor karena air atau limbah, sungai berwarna hitam tersebut terjadi karena lokasinya yang berada di rawa gambut. Hal itu pun diungkapkan oleh Ari, pemandu dari Jelajah Kalimantan pada detikTravel saat berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting pada hari Minggu pekan lalu.

Kontras dengan warna air Sungai Kumai yang berwarna coklat dan sudah tercemar, air di Sungai Sekonyer malah berwarna hitam pekat. Warna hitam itu berasal dari hutan gambut yang ada di sekitar sungai.

"Ini airnya hitam, tapi bersih. Beda dengan warna sungai pas kita masuk dari Kumai yang coklat. Hitam karena gambut," ujar Ari.

Perubahan warna air dari coklat ke hitam itu pun bisa traveler lihat di perjalanan antara Pondok Tanggui (Camp 2) dan Camp Leakey (Camp 3). Dari sungai yang berwarna coklat, perlahan berubah menjadi hitam ketika sungai mulai menyempit menuju Camp Leakey.

Uniknya, air tersebut juga dipergunakan oleh para penyedia jasa kapal wisata untuk mengisi air di bak. Mungkin tampak tidak jernih, tapi menarik untuk traveler pecinta petualangan.

Di sekitar sungai pun tampak jelas hutan dan rawa gambut berwarna hitam serta daun nipah di sisi kiri dan kanan sungai. Disusul oleh pepohonan lebat yang menjadi habitat alami dari orangutan.

Untuk mencapai sisi Sungai Sekonyer yang berwarna hitam, traveler pun harus menempuh perjalanan air degnan boat selama kurang lebih empat jam dari Kota Kumai. Harga boatnya pun dipatok sekitar Rp 3 jutaan untuk perjalanan tiga hari dua malam atau sehari full.

"Sewa boatnya tiga jutaan, mau sewa sehari atau tiga hari dua malam sama saja. Kalau mau patungan biasa bayar 150 ribu per orang untuk one day trip," terang Ari.

Umumnya satu kapal boat bisa diisi oleh minimal dua orang. Namun, harga tentu akan lebih murah jika datang secara rombongan. Tidakkah Anda tertarik untuk berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting dan melihat sungai hitam?

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :