Rahasia Terlarang Jurus Tidur Nyenyak Rileks

Sulit Tidur Nyenyak? Lakukan Saja 5 Hal Ini

Jakarta - Mandi air hangat, jauhkan gadget hingga mematikan lampu dan televisi merupakan tips umum jika Anda ingin tidur nyenyak. Namun ketika hal-hal tersebut sudah dilakukan namun tubuh masih lelah ketika bangun tidur, tentunya ada yang salah.

Pakar mengatakan ada banyak hal yang memengaruhi kualitas tidur seseorang. Pola makan, intensitas olahraga, kondisi kamar dan lain-lain merupakan faktor yang harus diperhatikan jika ingin tidur Anda berkualitas.

Nah, detikHealth pun merangkum 5 langkah lain yang bisa Anda lakukan jika sulit tidur nyenyak. Apa saja?

1. Teknik Napas 4-7-8

Untuk melakukan teknik napas 4-7-8 ini pertama-tama duduk atau berbaringlah dengan posisi senyaman mungkin. Letakkan ujung lidah di bagian belakang gigi atas sehingga saat Anda menghembuskan napas akan terdengar suara berderu 'ssh'.

Setelah memastikan suara berderu keluar dari mulut Anda saat bernapas, tutup mulut dan tarik napas pelan lewat hidung selama 4 detik. Kemudian, tahan napas sampai 7 detik. Setelah itu, hembuskan napas perlahan (pastikan ada suara berderu) dan tahan sampai hitungan ke 8.

Lakukan sampai beberapa siklus maka tubuh ia katakan akan terasa semakin rileks. 4-7-8 diklaim sebagai cara yang ampuh karena teknik ini membuat makin banyak oksigen yang masuk ke paru-paru. Oksigen ekstra ini lah yang dikatakan memiliki efek membuat saraf parasimpatik rileks dan membuat perasaan tenang.

2. Catat keresahan di waktu sore

Salah satu penyebab sulit tidur nyenyak adalah stres dan kekhawatiran untuk esok hari. Untuk mengatasinya, catat saja apa kekhawatiran, masalah hingga rasa cemas yang Anda alami hari ini di sore hari, dan apa yang bisa dilakukan esok hari.

"Banyak orang baru memikirkan hal-hal saat akan tidur, itu adalah waktu yang salah. Disarankan agar lakukan proses berpikir sebelum masuk waktu tidur. Jangan biarkan ada pikiran tegang malam hari," kata Prof David Hillman dari Sleep Health Foundation, Australia.

3. Keluarkan hewan peliharaan

Tidur bersama hewan peliharaan sekilas terkesan lucu dan menyenangkan. Padahal bisa saja masalah tidur Anda disebabkan oleh kucing atau anjing peliharaan.

Maka dari itu, pakar menganjurkan agar Anda mengeluarkan hewan peliharaan dari kamar sebelum tidur. Kalau perlu, buat tempat tidur hewan peliharaan sendiri.

"Saya tidak pernah mengizinkan hewan peliharaan saya masuk ke kamar ketika saya akan tidur. Bagaimanapun, hewan memiliki ritme sirkadian yang berbeda dengan kita dan akan mengganggu proses tidur manusia hanya dengan ketika hewan ini bergerak," tutur Robert Oexman, Direktur Sleep to Live Institute.

4. Latihan pernapasan

Jose Colon, MD, penulis buku 'The Sleep Diet: A Novel Approach to Insomnia' mengandalkan latihan pernapasan untuk membuatnya lebih mudah memgantuk. Ia mencoba bernapas sedikit lebih tenang, lambat, sembari menghitung mundur napasnya dari hitungan 100. Ketika lupa sudah bernapas di hitungan ke berapa, Colon mengatakan itu berarti ia sudah hanyut ke dalam ritual tersebut.

"Jika lupa saya akan mengulangnya dari awal. Bernapas perlahan disebut ampuh membantu mengurangi stres dan memicu respons relaksasi," ujar Colon.

5. Bikin minuman herba hangat

Minuman herba diklaim dapat membantu Anda tidur nyenyak sekaligus merefresh diri untuk esok hari. Tanaman sage, kamomil (chamomile), dan valerian merupakan herba yang dapat membantu jika dibuat sebagai teh.

Apabila ingin mencoba membuat minuman dari tanaman tersebut coba tambahkan madu sebagai pengganti gula. Alasannya karena menurut ahli gizi Lindsey Duncan madu bisa membuat kadar insulin naik secara perlahan dan membantu tryptophan memasuki otak lebih mudah.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :