Rahasia Terlarang Macan Ganas

Kisah Patung Macan 'Lucu' yang Viral di Medsos dan Nasibnya Kini

Patung macan Koramil 1123 Cisewu dan Patung macan Garut.

Jakarta - Macan dijadikan simbol satuan-satuan TNI maupun Polri di Garut, Jawa Barat. Foto-foto patung macan 'lucu' yang menjadi viral di media sosial itu telah dibongkar. Patung baru akan dibuat lebih keren dan mirip macan asli, ini kisahnya:

Terhangat, foto patung macan yang berada di Komandan Rayon Militer(Koramil) 1123 Cisewu, yang bernaung di bawah Komandan Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Jawa Barat, mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen.

Patung macan loreng yang berada di Koramil Cisewu tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan patung macan lainnya.

Di bagian kepala patung macan ini, terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu.

Patung macan 'humanis' tersebut kini sudah dibongkar oleh anggota Koramil Cisewu dan rencananya akan diganti dalam beberapa hari ke depan.


Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra memerintahkan patung yang dipasang memiliki kemiripan dengan bentuk aslinya. "Kita harapkan yang betul-betul mirip, ya. Kadang-kadang yang membuat kayak kemarin. Di situ itu sudah lama, ya," ujar Herindra.

Selain di Koramil Cisewu, ada foto patung macan hitam yang 'aneh' di di Kepolisian Sektor (Polsek) Cisompet, Garut, yang beredar di Medsos.
Macan tersebut menjadi tenar karena memiliki bentuk yang hampir sama dengan patung macan loreng di Koramil Cisewu.

Bagian mulut macan tersebut bentuknya sedikit lebar dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar. Kapolsek Cisompet AKP Asep Dedi Sudrajat menyebut foto macan itu lawas dan kini sudah berganti wajah.

Berikut kisah patung macan lucu itu:

1. Patung Macan 'Lucu' Dibongkar

Foto patung macan yang berada di Komandan Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu, yang bernaung di bawah Komandan Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut, Jawa Barat, mendadak viral dan menjadi perbincangan netizen.

Pasalnya, patung macan loreng yang berada di Koramil Cisewu tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan patung macan lainnya. Di bagian kepala patung macan ini, terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu. "Patung itu dibangun sekitar enam tahunan yang lalu," ungkap Danramil Cisewu Kapten Inf Nandang Sucahya kepada detikcom.

Danramil juga menjelaskan pihaknya mempertanyakan maksud dan tujuan akun bernama Kementrian Humor Indonesia, yang mengunggah foto macan tersebut, pada 12 Maret 2017. "Sudah kami coba konfirmasi ke pemilik akun itu, apa maksud dan tujuannya mengunggah foto tersebut, tapi sudah diblokir," tegasnya.

Patung macan 'humanis' tersebut kini sudah dibongkar oleh anggota Koramil Cisewu dan rencananya akan diganti dalam beberapa hari ke depan.

2. Seniman Kurang Canggih

Patung macan 'lucu' tersebut sudah dicopot dan itu merupakan perintah langsung dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra.

"Iya, saya suruh bikin yang lebih bagus," ujar Herindra saat dikonfirmasi detikcom soal patung macan 'lucu' itu.

Patung macan loreng yang berada di Koramil Cisewu tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan patung macan lainnya. Di bagian kepala patung macan ini, terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu dan beberapa membuatnya menjadi meme.

"Senimannya kurang canggih," kata Herindra.

3. Seniman Antre Make Over Patung Macan 'Lucu'

Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra menyatakan sebenarnya ada banyak seniman yang menawarkan untuk membuatkan patung macan untuk satuan-satuannya.

"Sudah banyak yang menawarkan ke saya membuatkan yang bagus, sudah banyak. Pokoknya nanti kita lihat dulu," ungkap Herindra dalam perbincangan dengan detikcom.

Herindra berharap agar patung macan yang dipasang di satuan yang ada di Kodam Siliwangi berbentuk mirip dengan Macan Jawa. Dia pun masih mempertimbangkan tawaran dari sejumlah seniman yang hendak membuatkan patung macan untuk Kodam Siliwangi. "(Seharusnya) kayak Macan di Makodam itu kan keren banget tuh. Bagus. Ada beberapa seniman yang sudah menawarkan. Di depan rumah Pangdam III kan juga ada (patung) macan tapi yang lebih nyeni gitu. Ada di depan pakai kayak besi-besi," ujar Herindra.

Meski simbol Kodam Siliwangi adalah macan, Mantan Danjen Kopassus itu mengingatkan macannya berbeda dengan lambang Persib Bandung. Hanya saja diakui Herindra, macan merupakan kebanggaan di Bandung sejak zaman Prabu Siliwangi.

"Banyak kok beberapa yang menawarkan (untuk membuatkan patung). Dari ITB juga ada. Orang Bandung kan kreatif-kreatif orang Jawa Barat itu. Bukan maung Bandung, itu Persib ya. Ini macan Siliwangi, Harimau. Memang dari Prabu Siliwangi itu macan simbolnya," sebut jenderal bintang dua ini.

4. Patung Macan Harus Mirip Aslinya

Pangdam Siliwangi Mayjen M Herindra berharap patung yang dipasang memiliki kemiripan dengan bentuk aslinya.

"Kita harapkan yang betul-betul mirip, ya. Kadang-kadang yang membuat kayak kemarin. Di situ itu sudah lama, ya," ujar Herindra dalam perbincangan dengan detikcom.

Hal tersebut disampaikannya sekaligus menanggapi patung macan yang ada di Koramil 1123 Cisewu, Garut. Patung tersebut sempat viral di media sosial karena bentuknya tidak seperti macan yang biasanya. Patung macan di Koramil Cisewu terlihat lucu.

"Saya sudah koreksi beberapa tempat yang simbolnya tidak seperti macan beneran, saya suruh ubah. Cari yang benar, supaya mirip, jangan asal. Simbol kan menunjukkan karisma, kekuatan, tapi itu (di Koramil Cisewu) dibilang macan-macanan," ujar Herindra.

5. Heboh Patung Macan 'Aneh' di Polsek Cisompet

Beredar foto yang memperlihatkan patung macan hitam di Kepolisian Sektor (Polsek) Cisompet, Garut. Macan tersebut menjadi tenar karena memiliki bentuk yang hampir sama dengan patung macan loreng di Koramil Cisewu. Bagian mulut macan tersebut bentuknya sedikit lebar dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar.

"Betul, itu patung macan di Polsek Cisompet," ungkap Kapolsek Cisompet AKP Asep Dedi Sudrajat kepada detikcom.

Foto patung macan yang beredar di media sosial tersebut merupakan foto yang diambil beberapa tahun ke belakang. "Itu fotonya diambil beberapa tahun yang lalu," tegasnya.

Ia juga mengatakan patung macan itu sendiri sudah dibongkar dan diganti dengan patung macan yang baru pada pertengahan 2016. "Patungnya sudah diganti tahun 2016. Sebelum saya tugas di sini juga itu sudah diganti," ungkap Asep.

Patung macan 'aneh' tersebut dibuat sejak Polsek Cisompet berdiri pada tahun 1990-an.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :