Misteri Api Abadi

Api-api Abadi di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Fenomena api abadi adalah barang langka di dunia. Berikut 5 tempat melihat api yang tak pernah padam, salah satunya ada di Indonesia lho!

Api abadi merupakan api yang tak dapat padam walaupun di tempat basah sekalipun. Kalau pun padam karena air hujan, api abadi akan kembali menyala setelah hujan berhenti.

Ada yang menyebut ini fenomena, ada pula yang menghubung-hubungkan dengan cerita mistis. detikTravel mengumpulkan dari berbagai sumber, inilah negara-negara yang punya api abadi:

1. Turkemenistan

Tukemenistan punya api abadi dalam lubang menganga. Keajaiban alam yang menjadi unggulan di Turkmenistan adalah tempat di Gurun Karakum bernama Door to Hell. Tempat ini hanya 264 km atau 3 jam perjalanan dari Ibukota Ashgabat.

Asal mulanya seperti apa ya? Turkmenistan dulu masuk wilayah Uni Sovyet yang kaya dengan gas alam. Sejumlah insinyur melakukan pengeboran gas tahun 1971. Namun suatu kesalahan fatal terjadi.

Bornya menembus gua bawah tanah dan tanah di atasnya langsung runtuh membentuk kawah besar. Kawah itu ternyata mengeluarkan gas, para insinyur sepakat membakar gasnya agar tidak meracuni orang di sekitarnya. Mereka mengira api akan padam dalam waktu singkat. Namun hingga 40 tahun lebih kemudian apinya tetap membara.

Walaupun gagal jadi daerah tambang, tempat ini kemudian menjadi destinasi wisata. Pemandangan yang bikin merinding menjadi magnet untuk wisatawan. Kawasan ini dijadikan destinasi pariwisata mulai tahun 2014 ditandai dengan peresmian area sekitar menjadi taman nasional.

2. Azerbaijan

Berada di perbatasan Asia dan Eropa, ini memiliki api abadi yang berada di kuil Baku. Terletak di Semenanjung Abseron, Kuil Api (AteĊŸgah) dari Baku adalah tempat pengorbanan yang didirikan di atas ventilasi gas alam.

Kuil ini dibangun pada abad ke 17 sampai 18. Terletak tepat ventilasi gas alam, kuil ini dapat mengeluarkan api besar di tengah dan empat api kecil di sudut atap paviliun.

Pada tahun 1975, kompleks ini berubah menjadi museum. Kemudian pada tahun 1998, dinominasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. New York

Sebuah air terjun di Cagar Alam Shale Creek di Taman Nasional Chestnut Ridge, Buffalo, AS, memiliki api abadi. Api ini berada di dalam air terjun, di mana ada air mengalir yang bisa mematikan sang api. Tapi pada kenyataannya, api ini tetap menyala.

Para ilmuwan belum bisa memastikan apa yang terjadi dengan api tersebut. Namun secara keseluruhan, api ini menyala karena adanya semburan gas bumi dari celah batu di air terjun tersebut.

Menurut legenda dan sejarah setempat, api ini dinyalakan oleh suku asli Amerika, Indian, dan terus menyala hingga kini. Beberapa peneliti mengatakan bahwa api ini menyala karena suhu batu yang sangat panas sehingga bisa menghasilkan gas dan api abadi seperti ini.

Namun pada kenyataannya, tidak ada batu yang cukup panas untuk mampu mengeluarkan gas. Jadi, benarkah ini api ajaib dari suku Indian?

4. Selandia Baru

Di pedalaman hutan di South Island, Selandia Baru yang belum diketahui banyak traveler, terdapat api yang tak pernah padam. Lokasinya berada di dalam hutan di kota kecil Murchison, bagian selatan South Island.

Hingga kini belum diketahui asal muasal api abadi di sana. Yang pasti, sejarah mencatat kalau api abadinya sudah ada sejak tahun 1920-an dan masyarakat setempat menyebutnya dengan nama 'blow gas'.

Masyarakat setempat pun meyakini, api abadinya muncul karena kebocoran gas alam. Siang dan malam, apinya terus menyala terang. Namun saat hujan, apinya bakal hilang karena tersiram air. Tapi begitu hujan reda, tak butuh waktu lama apinya akan muncul kembali.

Di Selandia Baru, tidak ada kepercayaan khusus mengenai api abadinya. Api abadi, hanya api saja yang tidak pernah padam dan merupakan fenomena alam yang ajaib. Sekaligus jadi misteri, tentang bagaimana api ini bisa muncul.

 5. Madura

Traveler yang mau melihat api abadi di Indonesia bisa datang ke Madura. Wisata Api Tak Kunjung Padam berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Semburan api di tempat ini tak akan padam meski disiram dengan air. Menurut penelitian, semburan api berasal dari perut bumi.

Saat berkunjung ke sini traveler akan melihat api abadi di dalam pagar. Hal ini mejaid tanda bahwa hanya tanah yang di dalam pagar yang akan mengeluarkan api. Jadi taveler tak perlu takut terbakar ya.



About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :