Rahasia Terlarang Tetek Tangga

Rumah Adat di Vietnam yang Punya Patung Erotis


Rumah Suku Ede yang memanjang dan memiliki tangga dengan pahatan buah dada dan Patung erotis di sekeliling makam

Hanoi - Vietnam tak hanya cantik dengan keindahan alamnya. Di Central Highland, ada rumah adat yang punya patung-patung erotis. Begini ceritanya!

Central Highland berada di daerah perbatasan Laos dan Kamboja. Dilansir dari CNN, Central Highland memiliki 3 suku di kawasan ini, yaitu Ede, Bahnar dan Giarai.

Saat ini populasinya hanya 200-300 orang per suku. Ketiga suku ini masuk ke dalan 3 suku minoritas dari 53 suku di Vietnam.

Ketiga suku ini berada di propinsi Dak Lak, Gia Lai dan Kon Tum. Jaraknya satu hari dari Hanoi dengan menggunakan mobil. Suku-suku ini memiliki keunikan dalam bentuk rumah adatnya.

Suku Ede memiliki rumah adat yang unik yaitu memanjang. Ketika perempuan dari pemilik rumah Ede menikah, sebuah kamar akan ditambahkan sebagai kamar pengantin. Sehingga rumah akan semakin panjang. Semakin banyak anggota keluarga maka semakin panjang pula rumahnya.

Rumah mereka dibangun dari kayu dan bambu dengan bentuk panggung. Mereka akan membuat sepasang tangga dari kayu untuk naik ke dalam rumah. Satu tangga khusus laki-laki sedangkan yang lain untuk perempuan.

Untuk mengenali tangga laki-laki dan perempuan tidaklah sulit. Karena tangga perempuan memiliki ciri khusus yaitu pahatan buah dada di ujungnya.

Suku Bahnar dan Giarai memiliki rumah adat yang berbeda dengan Suku Ede. Desa Bahnar dan Giarai memiliki bangunan bernama Rong. Rong adalah bangunan khusus yang berfungsi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat, seperti aula. Semakin tinggi atapnya, maka semakin tinggi pula status desanya.

Bangunan unik lainnya adalah makam. Suku Giarai akan membuatkan patung pahatan dari kayu yang diletakkan di sekeliling makam. Bentuk dari patung pun bermacam-macam mulai dari termenung, murung, ceria sampai erotis.

Namun desa Suku Giarai masih sangat sulit untuk disentuh. Traveler bisa datang ke Kota Kon Tum yang juga memiliki Rong. Jika memungkinkan, traveler akan ditawari untuk bermalam di Rong.

Traveler yang tak memiliki waktu banyak bisa melihat tiruan rumah adat dari ketiga suku ini di Museum of Ethnology di Hanoi. Museum ini hanya berjarak sekitar 15 menit dari Kota Hanoi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :