Rahasia Terlarang Porsi Tidur Standar Ideal

Sebaiknya Tidur Berapa Lama? Beda Usia, Beda Pula Kebutuhannya Lho

Jakarta - Tidur yang berkualitas untuk orang dewasa memang sebaiknya memenuhi 8 jam dalam satu hari. Namun, ternyata itu bukan angka yang mutlak. Beda usia, beda pula kebutuhan tidurnya.

Kurang tidur tidak hanya membuat badan bertambah gemuk, tapi juga bisa meningkatkan risiko terkena depresi, kelelahan, dan berbagai penyakit lain. Untuk itu, waktu tiduryang ideal sangat dibutuhkan.

Berapa jam waktu tidur ideal yang dibutuhkan? Jawabannya sederhana, yakni tergantung usia. Waktu 8 jam adalah standar emas yang disarankan untuk orang dewasa dalam 24 jam. Sedangkan untuk kelompok usia lainnya, National Sleep Foundation miliki pedoman waktu tidur ideal yang berbeda-beda.

Dikutip detikHealth dari Timesofindia, Berikut katagori waktu tidur yang ideal pada setiap kelompok usia.

1. Usia 0 - 3 bulan

Untuk bayi yang berusia 0 -3 bulan, dibutuhkan waktu tidur sekira 14 - 17 jam setiap harinya. Bayi yang baru lahir perlu banyak waktu tidur dibandingkan orang dewasa, untuk mendukung perkembangan mental dan fisik mereka.

2. Usia 4 - 11 bulan

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan waktu tidur bayi juga berkurang. Mulai dari bulan keempat, bayi membutuhkan tidur 12 - 15 jam setiap hari.

3. Usia 1 - 2 tahun

Pada usia ini, bayi perlu tidur 11- 14 jam setiap hari. Pada titik ini pula, bayi harus tidur lebih banyak tidur di malam hari, ketimbang pada waktu di siang hari.

4. Usia 3 - 5 tahun

Masa ini merupakan masa prasekolah, sehingga anak cukup membutuhkan waktu tidur 10 - 13 jam. Biasanya anak akan mulai senang bermain dan tidur lelap di malam hari. Semakin usianya bertambah, semakin pula jam tidurnya berkurang.

5. Usia 6 - 13 tahun

Di usia ini anak sudah bersekolah dan memiliki pekerjaan rumah. Maka dari itu setidaknya anak harus tidur 9 - 11 jam dalam sehari. Pekerjaan Rumah (PR) dan perangkat elektronik kadang membuat anak-anak agak kesulitan mengatur jam tidurnya. Oleh karenanya, perlu bantuan orangtua agar anak terbiasa tidur sesuai dengan jadwal.

6. Usia 14 - 17 tahun

Remaja butuh waktu 8 - 10 jam setiap harinya. Memang tak sedikit remaja memiliki pola tidur yang tidak teratur karena kebiasaan terjaga hingga larut malam. Hal ini bisa memengaruhi jam biologis remaja dan kualitas tidur mereka.

7. Usia 18 - 25 tahun

Pada dewasa muda, sedikitnya dibutuhkan waktu tidur 7 -9 jam setiap harinya. Jam kerja yang terkadang tidak teratur, bisa saja membuat mereka tidak bugar saat menjalankan aktivitas di siang hari.

8. Usia 26 - 64 tahun

Sama dengan dewasa muda, orang dewasa butuh waktu 7 - 9 jam untuk tidur dengan lelap. Semakin dewasa, semakin banyak seseorang kehilangan sel-sel di dalam tubuhnya dan menyebabkan ia kesulitan tidur.

9. Usia 65 tahun ke atas

Sayangnya, banyak orang dewasa tua mengalami susah tidur. Paling sedikit, orangtua hanya sanggup tidur selama 5 jam saja. Padahal, mereka sebenarnya perlu waktu 7 - 8 jam untuk memenuhi waktu tidur ideal.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :