Rahasia Hasrat Seksual Wanita Tak Menyala

Kalau Begini Alasannya, Wajar Jika Wanita Malas Bercinta Malam Ini

Jakarta, Selain karakteristiknya yang 'ajaib' dan sulit dipahami, untuk urusan ranjang wanita juga tak mudah dipuaskan begitu saja. Stres atau capek sedikit wanita bisa ogah-ogahan diajak berhubungan seksual oleh pasangan.

Selain stres, masih ada 9 faktor yang dianggap paling sering menghantui dan membuat hasrat seksual wanita tak menyala malam ini, seperti halnya dikutip dari Huffingtonpost, berikut ini.

1. Insomnia
Laurie Mintz, profesor di bidang konseling psikologi dari University of Florida dan penulis buku "A Tired Woman's Guide to Passionate Sex" merangkum, "Anda akan susah terangsang jika kurang tidur."

Apalagi jika gangguan tidurnya lebih serius seperti insomnia. Padahal bila dibandingkan dengan pria, wanita tercatat lebih sering terkena insomnia. Biasanya karena perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi, menopause atau selama masa kehamilan.

2. Susah punya anak
Pasangan yang harus berusaha keras untuk punya anak, biasanya cenderung rajin bercinta. Tapi ini bukan demi kepuasan, karena ada tujuannya, yaitu ingin memiliki momongan. Padahal kata Mintz, seks yang berorientasi terhadap sesuatu cenderung kurang menyenangkan dan memuaskan.

3. Baru saja melahirkan
Mintz mendaftar ada sejumlah alasan mengapa menjadi ibu baru akan mempengaruhi kehidupan seksual seorang wanita. Diantaranya kelelahan, perubahan hormon yang terjadi sejak masa kehamilan hingga persalinan, dan proses adaptasi dengan bentuk tubuh baru.

Sejumlah wanita juga mengalami kekeringan vagina ketika aktif menyusui anaknya. Meski normal, Mintz tetap mewanti-wanti jika kondisi ini bisa saja menghancurkan kehidupan seksual pasangan.

4. Gangguan tiroid
Kelenjar tiroid terletak di leher dan berfungsi melepaskan beberapa hormon kunci yang dapat mempengaruhi kehidupan seks seseorang. Menurut Mayo Clinic, wanita (khususnya yang di atas 60 tahun) lebih cenderung mengalami 'hipotiroidisme' atau tiroid yang tak begitu aktif menyebabkan munculnya gejala seperti kelelahan, depresi hingga rendahnya libido.

5. Konsumsi obat-obatan
Kata Mintz, tak banyak wanita yang sadar konsumsi obat-obatan tertentu dapat menurunkan hasrat dan performa seksual mereka. Yang paling menonjol adalah KB hormonal. Sebuah studi yang melibatkan 1.000 wanita pada tahun 2010 pun menemukan wanita yang tengah mengonsumsi KB hormonal memperlihatkan hasrat dan gairah seksual yang lebih rendah dibandingkan yang tidak sedang memakai KB.

Kondisi serupa juga terjadi pada wanita yang mengonsumsi obat lain seperti antidepresan, obat beser dan antihistamine. Garis besarnya, sebelum mengonsumsi obat atau suplemen tertentu, bicarakan dengan dokter Anda apakah obat-obatan itu mempengaruhi kehidupan seksual Anda atau tidak.

6. Minder dengan bentuk tubuh
"10-20 persen klien saya bermasalah dengan imej tubuhnya, yang pada akhirnya mengganggu kehidupan seksnya," ujar Amy Levine, seorang pelatih seks dan pendiri Ignite Your Pleasure.

Meski pria juga bisa mengalami masalah yang sama, Levine mengatakan wanita jauh lebih sering memperlihatkan hal ini. "Banyak yang mengira tidak bercinta sebagai salah satu cara untuk menyembunyikan bagian tubuh yang membuat mereka minder. Dan pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya hasrat seksual," imbuhnya.

7. Perubahan hormon
Wanita kerap mengalami perubahan hormon yang ekstrem, salah satu yang paling menonjol adalah menopause. Menopause telah lama diketahui dapat menyebabkan penurunan hasrat seksual karena tubuhnya menghasilkan lebih sedikit estrogen.

8. Stagnasi
Stagnasi bisa berarti tubuh yang kaku karena kurangnya aktivitas fisik. Padahal menurut Levine, tubuh yang kaku atau kurang gerak dapat membebani libido. "Meski hanya sedikit studi yang memaparkan hubungan antara gerakan tubuh dengan seks, dapat dilihat bahwa tubuh yang peredaran oksigen dan darahnya lancar berkat yoga atau kelas senam memiliki sensasi yang tinggi untuk mengaktifkan zona-zona erotis di tubuh Anda," terangnya.

Stagnasi juga merujuk pada kebosanan. Untuk itu, Levine merekomendasikan pasangan yang bosan antara satu sama lain agar menjajal posisi seks baru atau memanfaatkan sex toys untuk meningkatkan gairah dan kepuasan seksual.

9. Bosan dengan teknik seks pasangan
"Jika Anda rutin bercinta tapi sering tak terpuaskan karenanya, maka Anda takkan termotivasi untuk terus melakukannya," ungkap Mintz.

Dari survei juga terungkap lebih dari 70 persen wanita mengaku pernah memalsukan orgasmenya. Padahal ini bukan masalah sepele karena pasangan bisa saja percaya apa yang telah ia lakukan pada Andalah yang membuat Anda orgasme. Akibatnya suami takkan mencoba posisi atau variasi seks lain dan membuat Anda makin tak terpuaskan

Untuk itu Mintz menyarankan yang terpenting adalah beritahukan pada suami apapun yang Anda suka dari seks. "Ini terdengar sederhana tapi juga rumit dan sulit diaplikasikan," katanya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :