Waspada Penipuan Pemindahan Aset Dari Luar Negeri !

Pensiunan Pertamina Ditipu Rp 3,5 M oleh 'Pengacara Anak Khadafi'

Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap WN Nigeria bernama Onouha Christian Kelechi dalam kasus penipuan. Di dalam aksinya dia memperkenalkan diri sebagai kuasa hukum Saif Al-Islam Khadafi, putra mantan Presiden Libya Muamar Khadafi. Salah seorang korbannya adalah pensiunan Pertamina dengan kerugian sebesar Rp 3,5 miliar.

"Kepada korban, tersangka mengaku sebagai Mrs. Alif dari Libia yang kocar-kacir dan memiliki aset senilai USD 15,5 juta," kata Kasubdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Audie S Latuheru kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Kontak pertama antara pelaku dengan korban adalah melalui situs www.tagged.com. Pelaku kemudian mengirimkan email kepada korban yang isinya hendak memindahkan asetnya senilai US$ 15,5 juta dari Bank Central Malaysia ke rekening di Indonesia.

"Istri tersangka SWK berpura-pura menjadi petugas Bank Central Malaysia yang menelpon korban dengan logat Malaysia. SWK ini pernah tinggal di Malaysia, jadi TKW di sana selama 3 tahun, jadi bisa bicara logat Malaysia," jelasnya.

Di dalam surat elektronik itu juga, tersangka menceritakan bagaimana hidupnya di Libia yang penuh konflik pasca tumbangnya Khadafi. "Kemudian korban dijanjikan akan mendapatkan komisi sebesar 30 persen dari uang tersangka," kata Audie.

Namun, untuk mencairkan uang tersebut, tersangka meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang. Setelah mengirimkan uang ke rekening tersangka di CIMB, tersangka tidak kunjung mengirimkan uang yang dijanjikan kepada korban. Kepada korban, tersangka beralasan bahwa PIN-nya diblokir, sehingga perlu dana lagi untuk mebuka blokiran tersebut.

"Kemudian korban kirim uang lagi, namun tidak juga dikirim komisi tersebut dan itu terus berulang sejak November 2012 hingga Mei 2013 hingga korban mengalami kerugian Rp 3,5 miliar," lanjut dia.

Setelah sadar dirinya telah tertipu, korban kemudian melapor ke Polda Metro Jaya. Kedua tersangka dibekuk di rumah kontrakannya di Kota Wisata Cibubur.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :