Rahasia Terlarang Jadi Sarjana Seks

Studi: Rutin Bercinta Bisa Jadi Cara untuk Mempertajam Otak

Jakarta, Bercinta tak sekadar bisa membuat pasangan bahagia dan lebih kurus lantaran kalori yang terbakar. Menurut studi terbaru oleh peneliti di McGill University, Kanada, bercinta juga bisa bantu pertajam ingatan otak lho.

Salah satu peneliti Profesor Jens Pruessner mengatakan studi observasi kecil pada 78 partisipan wanita usia 18-29 tahun melihat ada kaitan antara kemampuan mengingat dengan aktivitas seksual. Hal ini terbukti ketika partisipan diminta mengingat kata-kata atau wajah secara acak lalu dibandingkan dengan frekuensi bercintanya.

Hasilnya dipublikasi di Archives of Sexual Behavior wanita yang lebih sering bercinta terbukti lebih gampang untuk mengingat kata-kata. Namun untuk kemampuan mengingat wajah tidak ada perbedaan berarti.

Menurut peneliti aktivitas seksual dapat memperbaiki 'neurogenesis' dalam bagian otak yang bernama hippocampus. Artinya pertumbuhan saraf otak lebih bagus dan berujung pada peningkatan performa ingatan.

Mengapa tidak ada perbedaan berarti pada kemampuan partisipan mengingat wajah? Peneliti mengatakan kemungkinan karena ingatan gambar disimpan dalam bagian otak yang ada di sekitar hippocampus sehingga tak terpengaruh langsung.

"Senyawa kimia yang terlibat dalam sinyal kenikmatan otak (hormon dan transmiter saraf), terlihat ada hubungan keterikatan antara memori dan aktivitas seksual," ungkap Prof Jens kepada Bustle.

"Namun saat ini kami tak bisa bilang secara pasti bahwa aktivitas seks membuat memori menjadi lebih bagus," tambahnya mengingat kekurangan bahwa studi masih dilakukan dalam skala kecil.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :