Rahasia Terlarang Tidur Pules Tanpa Ngeles

Agar Tidur Lebih Nyenyak dan Mimpi Indah, Lakukan 4 Hal Ini

Jakarta - Mimpi adalah sebuah proses yang wajar terjadi dalam tidur. Secara teknis mimpi terjadi pada fase REM (rapid eye movement), di mana fase ini bisa berlanjut menjadi tidur dalam (deep sleep) atau berlanjut ke fase alfa (menjelang bangun tidur). Jadi adalah normal bila kita kadang mampu mengingat mimpi, tapi juga lebih sukar mengingatnya.

Menurut psikater asal Surabaya, dr Azimatul Karimah, Sp.KJ, mimpi juga bisa refleksi terhadap emosi yang kita rasakan cukup lama. Bila sering merasa cemas, kecemasan itu bisa masuk dalam alam bawah sadar dan terbawa saat tidur.

"Kecemasan itu sering disertasi dengan mimpi yang menyeramkan atau menakutkan. Bila kita senang bergembira, maka perasaan gembira dan bahagia itu juga bisa ikut terbawa dalam mimpi, jadilah mimpi yang menyenangkan," ucap pemilik akun twitter @oe_tjie tersebut.

Oleh karena itu, supaya mendapat kualitas tidur yang baik, nyenyak dan mimpi indah, wanita berhijab yang akrab disapa dr Uci ini memberikan beberapa langkah sleep hygiene (tidur higienis) yang bisa Anda lakukan. Di antaranya:

1. Ciptakan suasana kamar tidur yang nyaman

Posisi bantal, bed, suhu ruangan, kamar yang hening dan tenang akan membantu tidur lebih pulas. Selain itu, sebelum beranjak ke tempat tidur, gunakanlah pakaian yang longgar dan nyaman.

2. Hindari makan berat menjelang tidur

Maksimal 1 jam sebelum tidur Anda harus berhenti makan berat agar aliran darah ke otak (untuk membantu tidur) bisa lebih optimal. Bila menjelang tidur Anda mengonsumsi makanan berat maka aliran darah tubuh akan lebih banyak di saluran pencernaan sehingga akan menurunkan distribusinya ke otak.

3. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung stimulansia.

Kopi, rokok, soft drink, minuman berenergi, merupakan jenis stimulan yang harus dihindari sebelum tidur, di samping itu bahan-bahan tersebut dapat memicu kecemasan.

4. Konsumsi pisang dan susu

Agar Anda tertidur pulas, sebaiknya sebelum tidur konsumsi pisang dan susu sebab kaya akan tryptophan (bahan baku serotonin di otak). Pada kadar yang cukup akan memicu pusat rasa nyaman (well being) di otak.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :