Misteri Danau Mendidih

Mengerikan! Ini Danau Mendidih

Taman Nasional Morne Trois Pitons yang juga punya banyak mata air panas (UNESCO)

Roseau - Ada banyak fenomena alam yang unik nan aneh di dunia. Yang mungkin belum pernah kamu dengar, cerita tentang danau yang mendidih dan diselimuti asap. Ngeri!

Mari kita menuju Dominika, suatu negara kecil di Kepulauan Karibia yang lokasinya ada di antara Amerika Utara dan Amerika Selatan. Dominika hanya memiliki luas 754 km persegi, dengan penduduk sebanyak 70 ribuan orang.

Sama seperti negara-negara kecil lainnya di Kepulauan Karibia, Dominika diberkahi dengan bentang alam yang elok jelita. Deretan pantai berpasir putih, perbukitaan hijau dan bawah laut yang penuh terumbu karang.

Rupanya, salah satu fenomena alam yang bikin geleng-geleng kepala juga ada di Dominika. Fenomena alam berupa danau luas yang mendidih, panas dan mengeluarkan asap. Inilah Boiling Lake yang artinya jelas: Danau Mendidih!

Dilihat detikTravel dari CNN Travel, Boiling Lake masuk dalam daftar '17 of The World's Weirdest Water Features'. Alasannya tentu saja, permukaan air di danaunya mendidih dan mengeluarkan asap yang tebal.

Boiling Lake punya panjang 61 meter dan lebar 76 meter, serta kedalaman mencapai 60 meter. Dengan ukuran yang cukup luas dan penuh asap serta air yang mendidih, sudah cukup membuatnya terlihat menyeramkan!

Boiling Lake yang berada dalam kawasan Taman Nasional Morne Trois Pitons, sebenarnya merupakan danau vulkanik. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi di zaman dulu, serta disinyalir aliran magma di dasar tanahnya masih sangat kuat. Taman Nasional Morne Trois Pitons sendiri memiliki banyak sumber mata air panas dan gunung-gunung berapi yang masih aktif.

Berapa suhu pada air di Boiling Lake ini? Suhunya berkisar antara 80-90 derajat Celcius. Sudah cukup panas untuk melepuhkan kulit bukan?

Boiling Lake pertama kali ditemukan oleh dua orang penjelajah asal Inggris, Edmund Watt dan Henry Alfred Alford Nicholls di tahun 1870. Dari pertama kali ditemukan hingga kini, suhu air danaunya tetaplah stabil.

Boiling Lake jika dilihat seperti cekungan besar yang dikelilingi tebing. Mendekat ke danaunya saja, sudah terasa panas dan membuat mata sedikit perih karena asapnya.

Tahun 1997, UNESCO menyematkan Taman Nasional Morne Trois Pitons termask Boiling Lake di dalamnya sebagai Situs Warisan Dunia. Dari Roseau, ibukota negara Dominika ke taman nasionalnya hanya berjarak 11 km. Namun untuk tiba di danaunya, harus trekking masuk hutan selama 4 jam lebih lamanya.

Meski dinilai cukup berbahaya, Boiling Lake tetap terbuka untuk umum. Beberapa operator tur di Dominika seperti Sweet Dominica, Discover Dominica, Avirtual Dominica hingga Khatts Tour menawarkan paket perjalanan ke sana dengan standar keselamatan tinggi. Turis sama sekali dilarang menyentuh air danaunya!

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :