Rahasia Terlarang Kebiasaan Buruk Yang Bahkan Tak Kamu Sadari

Terlihat Wajar, 5 Kebiasaan Ini Justru Buruk Bagi Kesehatan Anda

Jakarta - Dianggap tak masalah dan baik-baik saja bagi tubuh, nyatanya ada beberapa kebiasaan tertentu yang justru berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika dilakukan terus-menerus dalam jangka panjang.

Mulai dari minum air putih banyak-banyak, minum suplemen vitamin secara sembarangan, hingga sikat gigi pada waktu yang salah. Berikut daftar lengkapnya,

1. Minum banyak air putih

Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih memang menyehatkan bagi kesehatan ginjal, kulit, hati dan organ tubuh lainnya. Namun jika air putih diminum sekaligus dalam jumlah yang berlebihan, efeknya justru bisa jadi merugikan tubuh.

Ya, kebutuhan cairan pada setiap orang faktanya berbeda-beda. Jika terlalu banyak minum, menurut dr Michael Farrell dari Monash University risikonya adalah hiponatremia atau turunnya kadar natrium dalam darah. Saat kadar natrium terlalu rendah, efeknya adalah lesu, mual, kejang, dan pada kasus terburuk bisa memicu kematian.

2. Minum air kemasan

Meski terlihat lebih praktis dan menyehatkan, jenis plastik kemasan tertentu juga bisa mendatangkan berbagai risiko penyakit. Terutama jika botol plastik ini digunakan berulang kali.

"Secara umum, air mineral botolan itu aman dikonsumsi. Tapi ini tergantung dari jenis plastik apa yang digunakan untuk membuat botol tersebut," ungkap Michael Moore, profesor toksikologi dari University of Queensland, seperti dikutip dari ABC Australia.

Bila Anda lebih memilih membeli botol minum plastik biasa yang kebanyakan terbuat dari polycarbonate, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Polycarbonate terbuat dari bisphenol A (BPA), yang bisa 'mencemari' air dalam botol minum, terutama jika botolnya dipanaskan atau dicuci berulang kali. Pada botol minum yang terstandar, biasanya sudah tercantum kode daur ulang bernomor 7 untuk botol minum berbahan polycarbonate ini.

"Akan tetapi karena ada BPA dalam air, bukan berarti ini berbahaya lho. Dari berbagai riset tentang BPA yang dilakukan pada hewan, BPA memang menyebabkan berbagai gangguan seperti kanker, diabetes, obesitas dan gangguan perkembangan maupun reproduksi. Tapi efek ini belum tentu terjadi pada manusia," terang Moore.

3. Olahraga di pagi buta

Meski tampaknya bukanlah sebuah masalah, olahraga berlebihan jika dilakukan di pagi buta justru dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dikutip dari Times of India, latihan yang terlalu berat di pagi hari juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan menempatkan Anda pada risiko infeksi virus serta bakteri. Jika ingin berolahraga di pagi hari, usahakan untuk memilih jenis latihan yang ringan seperti joging.

4. Minum suplemen vitamin

Asalkan diresepkan dengan jelas dan berada dalam pengawasan dokter, konsumsi suplemen sah-sah saja. Lain halnya jika Anda mengonsumsi suplemen tanpa resep dan menentukan sendiri jenis serta dosisnya.

Seperti diketahui, beberapa jenis vitamin tertentu jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang justru bisa menimbulkan risiko. Salah satunya vitamin E. Studi menyebutkan konsumsi vitamin E secara asal dapat meningkatkan risiko pria untuk terkena kanker prostat.

Oleh sebab itu, dibandingkan mengonsumsi suplemen, Anda lebih dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi melalui pola makan gizi seimbang, tentunya juga dengan mencukupi asupan sumber vitamin dan mineral seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Anda menyikat gigi setelah makan

Ingat ya, menyikat gigi sebaiknya jangan dilakukan segera setelah makan. Diungkapkan drg Roseita Dewi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), prinsipnya, menyikat gigi harus dilakukan pada saat dan dengan cara yang tepat. drg Ita, begitu ia akrab disapa, menekankan bahwa menyikat gigi sebaiknya tidak dilakukan segera begitu selesai makan, terutama setelah makan makanan dengan kadar gula tinggi atau makanan yang asam.

Menurut drg Ita, menyikat gigi setelah makan dapat mengikis struktur gigi terluar (enamel gigi). Apalagi bila makanan yang dikonsumsi sudah mengandung asam seperti minuman berkarbonasi, cuka, dan kuah pempek. drg Ita menyarankan setelah makan ada baiknya berkumur dengan air putih. Tujuannya, untuk menetralkan perubahan pH yang ada di dalam mulut, mengingat suasana asam akan melemahkan struktur gigi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :