Rahasia Terlarang Hidup Sukses, Bergelimang Harta, Wanita dan Tahta, Mati Masuk Surga Bergaransi

Ketika Seseorang Nyaman 'Tinggal' di Alam Khayalannya

Jakarta, Masing-masing orang mengkhayal, itu wajar saja terjadi. Bahkan, khayalan bisa merangsang kreativitas dan rasa nyaman. Namun, bagaimana jika seseorang terus-terusan berkhayal?

Menurut psikiater, dr. Azimatul Karimah, Sp.KJ, fantasi atau berkhayal merupakan sebuah mekanisme pertahanan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan rasa aman (secure feeling) atau rasa nyaman. Fantasi ini merupakan cara yang lazim dilakukan oleh anak-anak, bukan orang dewasa.

"Ketika orang dewasa masih sering melakukan fantasi, hal ini akan berpotensi menjadi gangguan jiwa karena adanya kecenderungan orang tersebut tidak ingin menghadapi kenyataan hidup yang sebenarnya," ucap wanita yang disapa dr Uci ini.

Bila kebiasaan ini dibiarkan, kata dr Uci, bisa menjadi tanda awal dalam gangguan daya nilai realita. Seseorang tersebut akan semakin sulit membedakan alam nyata dan alam yang tidak nyata. Hingga pada akhirnya seseorang yang mengalami ini cenderung membicarakan alam khayalan ketimbang alam realita.

Agar tak semakin banyak keluhan yang dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain terutama orang terdekat, dr Uci menganjurkan untuk segera menemui psikiater untuk dilakukan evaluasi secara seksama.

"Jangan tunda lagi, ajak keluarga untuk berkonsultasi ke psikiater juga agar keluarga bisa memahami kondisi tersebut," saran dr Uci.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :