Ini Daftar Kedaluwarsa Produk Kosmetik

Sama seperti makanan, kosmetik pun mengalami masa kedaluwarsanya. Namun wanita terkadang kurang memperhatikan kapan jatuh tempo produk perawatan dan make-up mereka habis dan tidak boleh digunakan lagi. Dermatologi di SUNY Downstate Medical Center di Brooklyn, AS memberikan pemaparan kapan produk kosmetik kedaluwarsa. Ini dia daftarnya, seperti dirangkum Allure.

1. Produk Dikemas dalam Ampul
Produk perawatan yang dikemas di ampul biasanya bertahan cukup singkat hanya satu hari setelah kemesan dibuka. Biasanya produk yang ditaruh pada ampul mengandung vitamin C, E atau bahan lain yang akan menguap ketika terpapar udara.

2. Krim Hidrokinon
Krim hidrokinon (biasanya krim pencerah kulit) akan habis waktu ketika krim berubah warna menjadi kecoklatan, biasanya bertahan sekitar dua bulanan. Agar masa krim hidrokinon lebih lama, pilihlah yang dikemas di dalam kemasan yang memiliki pompa dan simpan di kulkas.

3. Masker & Peeling
Masker dan peeling masa kedaluwarsanya sekitar tiga bulan. Ketika itu agen penyangga mulai menguap, yang membuat bahan aktif seperti glycolic dan asam buat yang membuat lebih mudah iritasi.

4. Produk Jerawat
Produk jerawat biasanya mengandung benzoyl peroksida dan asam salisilat. Biasanya hanya bertahan sekitar empat sampai enam bulan. Letakkan di kulkas untuk memberikan hasil yang maksimal dan memperpanjang masa kedaluwarsa sampai satu atau dua bulan.


5. Krim Retinol
Krim retinol merupakan vitamin A yang dapat menutup pori-pori, meningkatkan kolagen, memudarkan garis halus dan mencerahkan kulit. Biasanya retinol untuk krim malam. Masa kedaluwarsanya sekitar sembilan sampai 11 bulan.

6. Sunblock
Masa kedaluwarsa sunblock sekitar satu sampai dua tahun. Tapi berbeda-beda pada setiap produk, sehingga lihat waktu jatuh temponya pada tabung sunblock. Disarankan untuk tidak menaruh sunblock di tempat panas. Jika sunblock telah ditaruh di mobil dan terjemur sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya dibuang.

7. Krim Pelembab
Krim pelembab apapun seperti anti-aging atau moisturizer biasa tahan sekitar setahun. Masa bertahannya tidak terlalu lama karena, krim biasanya terkontaminasi jari tangan.

8. Scrub
Scrub tubuh biasanya bertahan sekitar dua tahun. Produk eksfoliasi (pengelupasan kulit) terbuat dari bahan yang tidak mudah dihancurkan, sehingga bertahan cukup lama. Namun, tempatnya yang sering dibuka-buka membuat scrub dapat tercemar bakteri.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

Unknown said...

Ternyata bukan hanya makanan yang kadarluasa, kosmetik pun juga ya???
Daripada pusing mikirin ini itu mending mikirin togel2000.com. Siapa tahu anda beruntung???