Rahasia Terlarang Aktivitas Malam Penambah Gairah Diet

5 Aktivitas di Malam Hari yang Bisa Bantu Turunkan Bobot

Jakarta - Malam hari memang waktunya beristirahat. Tapi jangan salah, ada beberapa hal yang dilakukan di malam hari dan bisa membantu mensukseskan program penurunan bobot lho.

Apa saja ya kegiatan tersebut? Simak rangkumannya seperti ditulis detikHealth dari berbagai sumber berikut ini.

1. Olahraga di malam hari

Beberapa orang ada yang merasa khawatir jika ia berolahraga di malam hari, itu akan membuatnya sulit terlelap. Namun, survei yang dilakukan National Sleep Foundation menemukan orang yang lebih aktif di malam hari dengan berolahraga 56 sampai 67 persen melaporkan memiliki tidur malam yang lebih baik.

Jika Anda enggan melakukan olahraga berat, cukup lakukan latihan ringan seperti squat atau duduk di gym ball. Atau, bisa juga Anda melakukan push up maupun sit up di sela-sela iklan saat menonton TV.

2. Rencanakan makan siang untuk besok

Berdasarkan studi tahun 2013, rata-rata sajian di restoran mengandung dua kali atau lebih kebutuhan kalori yang Anda butuhkan. Sehingga, akan lebih baik jika Anda menyiapkan bekal sendiri dari rumah.

Agar tal tergesa-gesa esok hari, tak ada salahnya Anda merencanakan lauk pauk dan sayur apa yang hendak dijadikan bekal. Jika ada waktu, Anda juga bisa mulai menyiangi atau mempersiapkan bahan yang akan diolah esok hari.

3. Buat suasana kamar gelap

Bagi Anda yang tak masalah dengan suasana gelap, matikanlah lampu di kamar jelang tidur. Sebuah studi dalam Journal of Pienal Research mengungkapkan hormon melatonin bisa membantu tubuh memproduksi lebih banyak lemak cokelat yang membantu pembakaran kalori.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Oxford menemukan bahwa wanita yang tidur di ruangan gelap 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk, jika dibandingkan dengan wanita yang tidur di kamar terang.

Hal ini diyakini karena paparan cahaya dapat mengurangi produksi melatonin dari tubuh, yang kemudian mengganggu kualitas tidur.

4. Tidur di suhu dingin

Studi dari University of Geneva menemukan bagaimana tubuh yang terpapar suhu dingin secara dramatis bisa mengubah komposisi bakteri usus yang menyebabkan pembakaran lemak, memperbaiki metabolisme glukosa, dan mengurangi berat badan.

"Kami memberikan bukti yang kuat bahwa mikroba usus memainkan peran kunci dalam kemampuan kita untuk beradaptasi dengan lingkungan dengan secara langsung mengatur keseimbangan energi kita," kata profesor Mirko Trajkovski.

Profesor Trajkovski juga menjelaskan jika lemak putih yang biasa dikenal sebagai lemak buruk akan menumpuk di tubuh saat kalori yang masuk lebih banyak ketimbang kalori yang dibakar. Sementara, lemak coklat yang dihasilkan tubuh saat kedinginan dapat membakar kelebihan kalori untuk menghasilkan panas.

Sementara, studi National Institute of Health Clinical Center menemukan orang yang tidur di ruangan bersuhu 18 celcius membakar kalori lebih banyak dibanding mereka yang tidur di ruangan bersuhu 23 celcius.

5. Minum cukup air

Konsumi air bisa membantu menurunkan berat badan. Nah, di malam hari konsumsilah air yang cukup dan jika enggan di malam hari bolak-balik ke kamar mandi, satu jam sebelum tidur stop minum air.

Terlebih, kadang kala timbul rasa lapar di malam hari sejatinya hanyalah sinyal tubuh jika Anda sedang haus. Mengingat air bersifat sebagai 'pembilas', minum air yang cukup bisa membantu menggelontorkan racun-racun dalam tubuh.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :