Misteri Kembar Siam

Fenomena Kembar Siam Masih Berselimut Misteri

Jakarta, Tak semua kembar bisa 'terpisah' dengan sempurna, ada beberapa yang terpaksa 'berdempet' atau yang sering juga disebut sebagai kembar siam. Menurut dokter, penyebab munculnya hal ini masih misterius dan tak bisa ditentukan secara pasti.

Seperti disampaikan oleh dr Ahmad Yani, SpB, SpBA dari Departemen Bedah Anak RSCM, bahwa kondisi kembar memang tak selalu bisa berhasil dan benar-benar terpisah. Ada beberapa hal yang dapat membuat kembar menjadi berdempet.

Sewajarnya satu sel telur akan dibuahi oleh satu sperma. Pada proses pembelahan, bukannya membelah menjadi dua, sel telur yang sudah dibuahi membelah menjadi tiga atau lima. Akibatnya, terbentuk dua atau lebih embrio yang tinggal di satu kantung plasenta. Kembar ini disebut kembar identik.

Ada pula kembar lain di mana ada dua sel telur yang masak bersamaan dan dibuahi oleh masing-masing satu sperma. Keduanya membelah dan hidup di dua kantung ketuban berbeda.

"Sementara ketika membelah belum sempurna dibuahi sperma, jadilah kembar siam," ujar dr Ahmad, ditemui di sela-sela jumpa pers pemulangan bayi kembar siam Safira dan Saqira di RSCM Kiara, Jakarta.

Menurut dr Ahmad, penyebab dari munculnya kondisi ini cukup banyak. Salah satunya adalah ketika proses pembelahan yang belum sempurna.

Ditambahkan oleh Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM, Dr dr Aryono Hendarto, SpA(K), bahwa penyebab pasti kembar siam belum diketahui dan tak bisa ditebak-tebak. Beberapa hipotesis menyebutkan hal ini terjadi akibat adanya kelainan di trimester pertama kehamilan.

"Ada yang bilang faktor-faktornya seperti konsumsi zat kimia, mutasi genetik, atau faktor terpapar zat-zat yang dapat menyebabkan kelainan bawaan. Tapi itu semua sejauh ini masih hipotesis," imbuhnya. Lantas apakah kondisi kembar siam bisa dihindari atau dicegah?

Menjawab pertanyaan ini, dr Aryono menjelaskan bahwa sampai saat ini teori mengenai peran gen dalam kehamilan kembar siam masih diteliti. Namun sayangnya, pada ibu hamil dengan pemeriksaan teratur pun kondisi kembar siam tidak dapat dihindari. "Ini semua masih diteliti, yang pasti terjadinya di trimester pertama kehamilan," terang dr Aryono.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :