Misteri Naga dan Bola Api Misterius

Sungai Mekong, Naga dan Bola Api Misterius di Thailand

Pasukan Tentara US saat menangkap ikan (CNN)

Nong Khai - Sungai Mekong tidak hanya terkenal sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara. Sungai ini juga terkenal dengan naga dan bola apinya yang misterius.

Adanya cerita naga menambah popularitas sungai sepanjang 4.350 km ini. Seperti yang dilansir dari CNN Sungai Mekong sepanjang 4.350 km menjadi habitat ikan air tawar dengan ukuran jumbo.

Ikan ini sekilas terlihat seperti belut tapi ukurannya sangat besar. Inilah ikan yang disebut sebagai naga.

Padahal ini adalah ikan Giant Oarfish (Regalecus glesne). Tentara AS pernah difoto usai menangkap Giant Oarfish tersebut di Sungai Mekong pada perbatasan Laos dan Thailand pada tahun 1973.

Tidak pasti panjang Giant Oarfish ini berapa. Dilihat dari fotonya, ikan ini diangkat oleh lebih dari 15 tentara AS. Mereka memegangi ikan ini dari kepala hingga ekor.

Masyarakat lokal menyebut ikan ini 'The Queen of Naga'. Mereka percaya ikan ini adalah titisan naga yang pernah hidup di Sungai Mekong.

Ikan Giant Oarfish atau ikan besar lainnya bisa ditemukan pada fase bulan purnama. Dalam fase ini muka air akan mengalami pasang karena gaya tarik matahari, bulan dan bumi.

Saat terjadi pasang maka nutrisi yang ada di bawah air akan terangkat. Sehingga ikan akan muncul ke permukaan. Itulah kenapa ikan-ikan besar ini lebih mudah ditemukan pada saat bulan purnama.

Bukan hanya soal naga tapi juga bola api. Sungai Mekong dipercaya akan mengeluarkan bola api di bulan tertentu.

Fenomena ini menjadi festival tahunan yang diadakan oleh penduduk Thailand. Bola api atau Naga Fireball ini diselenggarakan pada tanggal 16 Oktober tiap tahunnya.

Legenda mengenai bola api ini diyakini masyarakat sebagai bentuk penghormatan naga terhadap Sang Buddha. Saat itu, Sang Buddha baru saja kembali dari Surga setelah menetap di sana selama 3 bulan. Sang Buddha pergi ke surga untuk mengajarkan ajaran Buddha kepada ibunya.

Setelah Sang Buddha kembali ke bumi, naga di Sungai Mekong melakukan penghormatan dengan cara menyemburkan bola api ke udara. Menurut kepercayaan setempat, naga di Sungai Mekong amat menggagumi Sang Buddha.

Traveler yang datang ke festival ini bisa melihat sendiri bola api yang keluar dari bawah permukaan Sungai Mekong. Usut punya usut, bola api yang keluar dari dalam Sungai Mekong bisa mencapai tinggi puluhan meter, tanpa asap, suara dan arahnya tegak lurus.

Bola api ini meluncur dengan sangat cepat dan begitu sulit tertangkap kamera. Bahkan, sudah banyak video di Youtube yang merekam bola api itu tapi tidak mendapatkan hasil apa-apa.

Dilihat dari situs resmi The Government Public Relations Department Thailand, bola api ini memiliki penjelasan secara ilmiah. Bola api di Sungai Mekong di Nong Khai sebenarnya berasal dari bahan organik yang mengendap di dasar sungai.

Bahan organik itu membusuk dan menjadi fosfin yang mudah terbakar dan bercampur dengan gas metana. Saat bulan-bulan tertentu, seperti bulan Oktober, fosfin yang mudah terbakar dan tercampur dengan gas metana itu bakal terbakar dan meluncur dari dasar sungai hingga melayang di udara. Oleh sebab itu, bola api yang terlihat berbeda dengan kembang api atau sejenisnya yang bersuara dan berasap.

Walaupun ada penjelasan secara ilmiah, namun masyrakat setempat menolak penjelasan tersebut. Penduduk Nong Khai tetap meyakini kalau bola api berasal dari naga, sesuai dengan kepercayaan leluhur.

Jika traveler berkunjung ke negeri Gajah Putih, jangan lupa untuk menyaksikan atau bertanya langsung tentang cerita misteri ini yah. (

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :