Rahasia Terlarang Cari Tempat ATM Yang Gak Pake Ngantri

Mesin ATM Ini Dibangun di Kawasan Bersalju Setinggi Hampir 5.000 Meter

Inilah mesin ATM yang dibangun Bank Pakistan (NBP) di kawasan Gilgit-Pakistan, Pegunungan Karakoram yang berbatasan dengan China. ATM ini ditempatkan di ketinggian hampir 5.000 meter dari permukaan laut.

ISLAMABAD - Bagaimana jika Anda tengah berkendara di kawasan pegunungan di perbatasan Pakistan dan China di ketinggian 5.000 meter lalu tiba-tiba membutuhkan uang tunai?

Kondisi itu kini sudah teratasi karena Bank Pakistan membangun gerai ATM di Kunjerab Pass di ketinggian 15.397 kaki atau sekitar 4.693 meter dari permukaan laut.

Karena dibangun di ketinggian yang ekstrem ini, maka Bank Pakistan mengklaim mesin ATM ini sebagai "ATM tertinggi di dunia".

Kunjerab Pass terletak di Pegunungan Karakoram di wilayah utara Distrik Nagar di sisi barat daya perbatasan dengan Xinjiang, China.

"Inisiatif ini menghadapi sejumlah tantangan konstruksi dan pengiriman ke kawasan yang tinggi itu. Dan kami sangat berterima kasih atas dukungan tim lokal, AD Pakistan, dan pemerintah lokal," kata Ovais Asad Khan, Kepala Divisi Strategi Pemasaran Bank Pakistan.

Tak hanya dibangun di wilayah yang tinggi, sebagai bagian dari program inisiatif hijau dari bank tersebut, ATM itu dioperasikan dengan energi terbarukan yaitu sinar matahari dan turbin angin.

Selain populer di kalangan turis, warga setempat juga menyambut kehadiran mesin ATM ini sebagai "landmark" kawasan itu.

"ATM ini berada di jalan utama dan menjadi titik awal CEPEC (koridor ekonomi China Pakistan). Mesin ini juga menjadi daerah tujuan wisata populer dan hampir semua penarikan uang dilakukan turis," tambah Khan.

Sheharzad Kaleem, yang kerap mengunjungi kawasan ini sebagai turis, mengaku sangat terkejut menemukan mesin ATM di daerah yang sangat sepi itu.

"Saya tak pernah mengharapkan menemukan mesin ATM di tempat seperti ini. Saya tak menggunakannya tetapi saya kira ATM ini cukup menyenangkan," kata Kaleem.

"Saya juga belum menemukan orang lain menggunakan mesin ATM ini," tambah dia.

Kaleem mengatakan, menempatkan mesin ATM di tempat seperti itu merupakan sebuah strategi pemasaran yang cemerlang tetapi sanksi dengan manfaat praktisnya.

"Saya tak paham mengapa mereka harus memasang mesin ATM di tengah kawasan bersalju yang nyaris tak ada benda lain di sekitarnya," tambah Kaleem.

"Sementara, kota terdekat dari daerah ini yaitu Sost memiliki banyak mesin ATM," lanjut Kaleem yang berdomisili di Dubai itu.

Hebatnya, meski berada di kawasan yang bersalju, ATM ini bisa beroperasi 24 jam termasuk di saat suhu anjlok hingga di bawah nol derajat.

Menurut seorang pejabat bank, untuk menjamin agar mesin ATM itu bisa terus bekerja, maka cabang Bank Pakistan di Sost menjadi penanggung jawab pemeliharaan.

ATM Pakistan ini memecahkan rekor sebelumnya yang dicatat Union Bank of India yang mendirikan mesin ATM di Nathu-La, rute Jalur Sutera yang berusia ratusan tahun di ketinggian 14.300 kaki atau 4.358 meter.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :