Misteri Fobia Aneh

50 Fobia Terunik

1. Takut Matematika

Ketakutan pada matematika atau disebut dengan mathematics anxiety bisa dialami oleh siapa saja. Ketakutan ini menyebabkan seseorang mengalami tangan berkeringat, jantung berdetak cepat dan rasa tersedak yang sulit keluar. Peneliti menyebutkan, sumber rasa takut tersebut bisa berasal dari guru, ekspektasi kultural, atau genetik. Sementara, beberapa orang bisa memiliki genetik yang rentan terhadap stimulasi stres

2. Takut Muntah

Takut berlebihan pada muntah atau emetophobia bisa terjadi pada siapa saja. Nah dari sebuah studi, pakar memperkirakan ada 3,1-8,8 persen dari populasi yang mengidap fobia muntah, selain itu, wanita empat kali lebih besar kecenderungannya untuk mengidap gangguan ini.

3. Takut Kebun Binatang

Takut kebun binatang atau dikenal dengan sebutan agrizoophobia ini menyebabkan seseorang tidak bisa pergi ke kebun binatang, memiliki hewan peliharaan atau bahkan menonton pertunjukan sirkus. Sebab, mereka merasa dihantui oleh teror keganasan hewan-hewan liar.

4. Takut Pada Sinar Matahari

Ketakutan berlebihan terhadap sinar matahari dikenal dengan istilah heliophobia. Penderitanya akan memilih tinggal di dalam ruangan dan menutup jendela dan celah-celah ventilasi agar sinar matahari tidak mampu menerobos masuk ke dalam rumah. Ketakutan sering muncul dari kekhawatiran terhadap kanker kulit atau bahkan kecemasan tentang ledakan matahari raksasa.

5. Takut Bawang Putih

Ketakutan pada bawang putih dikenal dengan istilah alliumphobia. Beberapa ahli melaporkan bahwa rasa takut tersebut disebabkan oleh penyakit syaraf yang tidak kuat mencium bau kuat dan menyangat dari bawang putih.

6. Takut Uang

Siapa yang tidak menyukai uang? Dengan uang seseorang dapat membeli apapun yang diinginkannya. Meski sulit dipercaya, ada beberapa orang yang memiliki ketakutan terhadap uang. Fobia tersebut dinamakan dengan chrometophobia. Ketakutan ini biasanya disebabkan rasa frustasi dalam pengelolaan uang yang lebih sulit dari sebelumnya.

7. Takut Pada Hari Jumat Tanggal 13

Beberapa orang percaya banyak kesialan akan datang setiap Jumat tanggal 13. Jenis ketakutan ini mulai dikenal dengan friggartriskaidekaphobia, di mana Jumat tanggal 13 dianggap memiliki suatu arti mistis dalam kebudayaan Amerika kuno.

8. Takut Badut

Meskipun aneh, takut pada badut relatif dialami oleh anak-anak. Ketakutan ini juga dikenal dengan coulrophobia. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan badut sebagai tokoh yang menyeramkan, misalnya tokoh Joker dalam komik Batman.

9. Takut Balon

Balon merupakan salah satu mainan yang menarik namun akan menjadi menakutkan bagi sebagian orang ketika meletus secara tiba-tiba. Nah, seseorang yang takut terhadap balon ini disebut juga globophobiafobia.

10. Takut Telanjang

Orang yang takut telanjang atau dikenal gymnophobia akan mengalami kecemasan yang parah saat telanjang atau melihat orang lain telanjang. Ketakutan tersebut berasal dari perasaan rendah diri secara fisik ketika telanjang sehingga merasa tidak terlindungi dan tidak aman saat tidak mengenakan pakaian.

11. Takut Melahirkan

Hamil dan melahirkan merupakan salah satu kodrat seorang perempuan. Namun, satu dari sepuluh wanita ada yang mengalami kecemasan dan kekhawatiran terhadap proses melahirkan secara berlebih atau dikenal dengan tokophobia.

12. Takut Ciuman

Takut pada aktivitas ciuman disebut juga dengan philemaphobia. Ketakutan ini dapat dipicu oleh dua alasan, yaitu pengalaman traumatis atau dari rasa takut bau mulut dan transmisi kuman.

13. Takut Ereksi

Medorthophobia adalah ketakutan berlebihan pada penis yang sedang ereksi. Sebagian besar orang yang mengalami ketakutan ini adalah perempuan di mana takut pada alat kelamin yang sedang 'berdiri'.

14. Takut Stiker

Terdengar aneh namun takut secara berlebihan pada stiker atau yang disebut pittakionophobia bisa terjadi pada seseorang. Ketakutan ini biasanya muncul dari satu hal yang sama, yaitu pengalaman yang buruk dengan obyek fobia yang dimaksud di masa kecil.

15. Takut Kuman

Takut pada kuman secara berlebihan dikenal dengan germophobia. Ketakutan ini menyebabkan seseorang enggan berpegangan tangan, berpelukan, apalagi berciuman. Sebab, baginya berinteraksi dengan orang lain dapat menyebabkan perpindahan kuman pada dirinya.

16. Takut Makanan

Makan merupakan salah satu kebutuhan hidup seseorang. Lantas, bagaimana jika seseorang mengalami ketakutan berlebihan pada makanan? Ya, ini bisa terjadi pada beberapa orang dan dikenal dengan nama phagophobia.

17. Takut Varises

Ketakutan berlebih terhadap varises atau biasa disebut dengan venephobia. Saking takutnya, beberapa orang justru meminta kepada dokter untuk mengamputasi kedua kakinya yang sehat sebelum varises muncul di kemudian hari.

18. Takut Tumbuh Dewasa

Takut tumbuh dewasa atau gerascophobia. Ketakutan yang berlebihan terhadap proses penuaan. merasa sangat takut dan cemas saat ada yang mengatakan bahwa ia tumbuh tinggi, bertambah usianya, bahkan parahnya hal tersebut juga membuatnya menangis.

19. Takut Pusar

Pusar merupakan salah satu bagian tubuh yang berada di perut tapi hal ini bisa menjadi salah satu ketakutan seseorang. Ketakutan yang dapat membuat seseorang mengalami serangan panik ketika melihat pusar orang lain dikenal dengan dengan nama omphalophobia.

20. Takut Tidur

Takut tidur atau somniphobia merupakan kondisi yang irasional terhadap tidur. Kebanyakan dari pengidap kondisi ini mengasosiasikan tidur dengan meninggal, sehingga mereka takut tidak akan bangun kembali jika tertidur. Selain itu, beberapa melaporkan bahwa dirinya mengalami mimpi buruk yang terus berulang hingga beberapa hari.

21. Takut Janggut

Bagi para pria, keberadaan janggut mungkin menjadi hal yang maskulin, namun bagi seseorang yang takut pada janggut atau pogonophobia, janggut justru menjadi hal yang menakutkan. Gejala yang muncul bagi para pengidap fobia ini biasanya muncul ketika melihat janggut atau bahkan menyentuhnya.

22. Takut Bunga

Bunga banyak disukai karena bentuk dan warnanya yang cantik tapi bagi mereka yang takut bunga atau disebut anthophobia, bunga justru menjadi objek yang sangat menakutkan. Pengidap fobia ini memiliki ketakutan luar biasa terhadap bunga dan bagian-bagiannya, meskipun mereka tahu bahwa bunga tidak menimbulkan bahaya apapun pada mereka.

23. Takut Kehilangan Ponsel

Nomophobia adalah jenis fobia yang ditandai ketakutan berlebihan jika kehilangan ponselnya. Orang yang menderita nomophobia selalu hidup dalam kekhawatiran sehingga dapat memeriksa ponsel hingga 34 sehari dan selalu was-was dalam meletakkan ponselnya, sehingga selalu membawanya kemanapun pergi, termasuk hingga ke toilet.

Selain itu, ketakutan juga termasuk dalam hal kehabisan baterai, melewatkan telepon atau sms, dan melewatkan informasi penting dari jejaring sosial.

24. Takut Ponsel

Fobia terhadap ponsel disebut juga dengan telephobia. Sebenarnya pengidap telephobia tidak fobia terhadap ponsel secara utuh, melainkan hanya kegiatan tertentu yang berkaitan dengan alat telekomunikasi ini, seperti menerima telepon dengan ponsel.

25. Takut Tertawa

Orang dengan fobia tertawa disebut dengan gelotophobia. Bukan hanya sekadar malu, tertawa sudah menjelma menjadi hal yang menakutkan.

26. Takut Agama

Theologicophobia adalah ketakutan seseorang terhadap agama tanpa alasan yang jelas dan logis. Phobia ini disebabkan oleh pengalaman negatif yang kuat dari masa lalu seseorang.

27. Takut Berbicara Soal Seks

Takut berbicara tentang seks dikenal sebagai erotophobia. Biasanya orang dengan fobia ini tidak takut berhubungan seks, hanya tidak ingin membicarakannya, mendiskusikannya, atau bahkan membaca tentang seks.

28. Takut Kancing Baju

Koumpounophobia atau takut kancing baju membuat penderitanya merasa seolah-olah kancing adalah hal yang berbahaya atau mengancam kehidupannya. Diperkirakan, kondisi ini mempengaruhi 1 dari 75.000 orang di seluruh dunia.

29. Takut Bercinta di Ruang Tertutup

Seperti namanya, sexual claustrophobia adalah takut berhubungan seks di ruang tertutup. Ini salah satu fobia yang dapat membawa Anda ke dalam banyak masalah, karena biasanya menyebabkan bersanggama di ruang terbuka.

30. Takut Jarum

Diperkirakan sekitar 2 persen dari populasi mengalami ketakutan terhadap jarum. Ketakutan yang dikenal dengan trypanophobia ini biasanya muncul karena pengalaman di masa lalu, seperti dipaksa menjalani imunisasi atau suntikan atau terpengaruh cerita menakutkan dari orang lain.

31. Takut Melihat Koran

Chloephobia atau takut melihat koran membuat seseorang tidak tahan berada di dekat koran. Selain itu, mereka juga membenci aroma kertasnya koran.

32. Takut Angin

Takut angin atau ancraophobia menyebabkan seseorang takut akan hembusan angin yang cukup kencang karena mengingatkan potensi angin dapat membunuh dan menghancurkan. Sehingga ia sering bersembunyi atau menghindar ketika ada hembusan angin.

33. Takut Antrean Berjalan Lambat

Saat sedang mengantre mungkin Anda pernah merasakan garis antrean berjalan lambat dibandingkan antrean yang lain? Hati-hati mungkin saja anda mengalami ketakutan yang dikenal dengan nama agmenophobia.

34. Takut Difoto

Bagi orang yang narsis, foto merupakan hal yang menyenangkan. Namun bagi orang yang takut difoto atau ipovlopsychophobia, kegiatan foto merupakan hal yang menakutkan karena mereka akan merasa tidak percaya diri dan takut seseorang mengambil fotonya.

35. Takut Fobia

Aneh tapi nyata, karena ada orang yang takut pada fobia atau dikenal dengan nama phobophobia.

36. Takut Kata-kata Panjang

Unik, pada beberapa orang ada yang takut pada kata-kata panjang. Nah, sebutan pada orang tersebut juga dikenal dengan hippopotomontrosesquippe-daliophobia.

37. Takut Menjadi Lajang

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan tentu saja menjadi lajang bisa menjadi suatu ketakutan. Hal ini dikenal dengan nama anuptaphobia atau fobia terus menerus menjadi lajang.

38. Takut Komputer

Siapa yang bisa lepas dari bantuan komputer? Namun, ada beberapa orang yang justru takut pada komputer atau dikenal dengan cyberphobia.

39. Takut Sumpit

Belum diketahui mengapa ada beberapa orang yang merasa takut pada sumpit atau consecotaleophobia. Tapi tampaknya karena penggunaan sumpit bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.

40. Takut pada Facebook

Ketakutan pada facebook atau editiovultaphobic bisa terjadi karena kekhawatiran semua aspek dalam hidup bisa dilihat oleh teman yang tidak pernah ditemui atau tidak ingin ditemui melalui facebook.

41. Takut Selai Kacang

Takut selai kacang atau yang disebut arachibutyrophobia merupakan salah satu jenis ketakutan yang unik. Orang dengan ketakutan ini biasanya akan takut saat melihat selai kacang yang menempel pada bagian di atas mulut.

42. Takut Menari

Menari pastinya menjadi hal yang seru dan menyenangkan. Tapi berbeda bagi penderita Chorophobia atau takut menari karena mereka akan berpikir kegiatan menari sebagai hal yang menakutkan.

43. Takut Boneka

Automatonophobia adalah ketakutan yang dirasakan seseorang terhadap boneka. Ketakutan ini bisa saja terjadi saat seseorang melakukan pertunjukan menggunakan boneka di tangan dan suara perut.

44. Takut Perawan

Takut perawan atau parthenophobia adalah ketakutan berlebih dengan perawan atau gadis-gadis muda. Orang yang mengalami ini biasa mengalami serangan panik atau kecemasan yang parah hanya karena memikirkan berada di dekat seorang perawan.

45. Takut Keju

Keju merupakan salah satu jenis kudapan yang difavoritkan karena rasanya yang gurih dan manfaatnya yang baik bagi tubuh. Namun bagi orang yang takut keju atau turofobia, keju justru merupakan objek yang sangat menyeramkan.

46. Takut Jatuh Cinta

Jika orang berlomba-lomba untuk menemukan pasangannya, maka bagi orang yang mengidap takut jatuh cinta atau filofobia justru enggan melakukannya. Pengidap filofobia justru mengalami takut berlebihan terhadap jatuh cinta dan membuat komitmen karena trauma percintaan di masa lalu.

47. Takut Sayur-sayuran

Sayur dikenal sebagai objek makanan yang sehat bagi tubuh. Namun, bagi orang yang mengidap lachanophobia atau takut pada sayur-sayuran mungkin akan merasa ketakutan luar biasa saat melihatnya.

48. Takut Mimpi Basah

Mimpi basah merupakan bagian yang normal dialami oleh para remaja laki-laki. Namun, hal ini justru dapat menjadi ketakutan yang disebut oneirogmophobia karena dianggap sebagai pengalaman yang mengganggu dan memalukan.

49. Takut Air

Takut terhadap air atau ablutofobia sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Namun, diduga ketakutan ini bisa saja muncul sebagai akibat dari trauma di masa lalu, emosi yang tidak stabil atau ada pengalaman menyedihkan.

50. Takut Bekerja

Kondisi ini disebut sebagai ergofobia di mana rasa takut muncul saat akan bekerja atau saat berada di lingkungan kerja. Jenis fobia ini umumnya berupa kombinasi dari rasa takut akan beberapa hal, seperti takut gagal mengerjakan tugas, takut berbicara di depan umum, takut bersosialisasi dan takut mengalami tekanan mental akibat situasi di lingkungan kerja.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :