Misteri Trip Wisata Mistis

Weekend Getaway
Wisata Mistis di Akhir Pekan, Mengapa Tidak?

Jakarta - Biasanya akhir pekan identik dengan kegiatan santai. Traveler yang mau kegiatan antimainstream bisa, kalau berani wisata mistis di beberapa tempat ini.

Traveler yang mau coba kegiatan antimainstream bisa coba wisata mistis di beberapa daerah ini. Selain banyak aktivitas supranatural, tempat-tempat ini juga dipercaya punya aura magis yang bikin bulu kuduk berdiri.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, ini beberapa tempat mistis yang bisa traveler coba.

1. TPU Jeruk purut Jakarta

Bicara wisata mistis di Jakarta, TPU Jeruk Purut adalah tempat yang paling mengerikan. Di makam ini traveler bisa uji nyali dengan mengelilingi makam dan merasakan sensasi merinding.

Menurut Babe O'ok, satu-satunya kuncen di TPU Jeruk Purut, TPU ini punya empat titik yang jadi tempat berkumpulnya para mahkluk gaib. Bagi para pemula tempat pertama adalah pohon kembar.

Kalau kuat, traveler akan dibawa lanjut ke sumur di sebelah kiri dari jalan yang membelah komplek TPU Jeruk Purut. Lalu, pohon benda serta makam keramat di sebelah kanannya.

Wisata mistis di TPU Jeruk Purut biasanya berlangsung dari pukul 23.00 WIB sampai 03.30 WIB. Soal penampakan hantu, terlihat dari pukul 00.00-02.00 WIB. Menurut Babe O'ok, itulah saatnya hantu-hantu gentayangan.

Soal bayaran, traveler yang mau menguji nyali cukup membayar ongkos parkir dan memberikan biaya seikhlasnya untuk Babe O'ok. Babe O'ok sendiri tidak menetapkan berapa biaya untuk uji nyali di sana. Yang paling penting, jangan uji nyali tanpa sepengetahuan kuncen ya traveler.

2. Curug Seribu di Bogor

wDi Bogor, ada sebuah curug yang dianggap mistis karena memakan banyak korban. Namanya adalah Curug Seribu di Bogor.

Kesan mistis mulai terasa ketika traveler sampai di depan curug. Ternyata curug ini memang memakan banyak korban karena airnya dalam, dingin dan berarus deras. Curug ini punya beberapa pembatas yang tak boleh dilewati.

Batasan berkunjung curug juga hanya sampai pukul 16.00 WIB. Tidak dianjurkan untuk para pengunjung berada di sana lebih dari pukul 16.00 WIB. Bahkan warga sekitar pun tidak ada yang berani.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kesurupan. Karena selain tenggelam di curug, pengunjung juga kerap kali kesurupan. Itu mengapa di beberapa tempat diberikan pembatas. Masyarakat beranggapan bahwa pengunjung yang datang adalah tamu, sehingga traveler diminta untuk menghormati beberapa tempat yang memang tidak diperbolehkan untuk diinjak oleh 'sang empunya rumah'.

3. Hutan Sancang, Jawa Barat

Hutan Sancang di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini punya pemandangan cantik termasuk tebing-tebing curam di bagian pesisir pantai. Namun dibalik wajah cantiknya, hutan ini punya aura mistis.

Bagi pemburu wisata mistis, Hutan Sancang cukup terkenal dan menjadi lokasi uji nyali. Ki Prana Lewu, seorang konsultan spiritual menuturkan, tempat ini merupakan salah satu yang terseram dan paling banyak energinya.

"Beberapa kali saya ritual di sana, menemukan fenomena-fenomena aneh. Ini karena Hutan Sancang dijadikan tempat bersemedi oleh banyak orang," katanya.

4. Gua Cerme, Yogyakarta

Yogyakarta tak hanya punya Pantai Selatan yang penuh aura magis, tapi juga gua mistis bernama Gua Cerme. Gua Cerme terletak di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut. Gua ini dulunya, menjadi tempat pertemuan Walisongo yang membahas dakwah Islam dan membahas pendirian Masjid Demak.

Gua Cerme terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Kota Yogyakarta. Cerme tidak hanya menawarkan keindahan alam stalagtit dan stalagmit dan adanya sungai bawah tanah. Tetapi, gua yang memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga ke Kabupaten Gunungkidul ini, juga menawarkan kekuatan mistis. Karena gua ini, sampai sekarang juga masih digunakan untuk ritual bertapa.

Retiribusi untuk masuk kawasan gua ini sebesar Rp 3 ribu termasuk asuransi sebesar Rp 250. Sementara untuk jasa pemandu yang dikelola oleh warga sekitar sebesar Rp 50 ribu untuk rombongan di bawah 15 orang. Untuk 15 orang ke atas, per orang sebesar Rp 4 ribu.

5. Makam Tebing , Toraja

Begitu mendengar nama Toraja, traveler pasti langsung teringat soal upacara kematiannya yang unik. Benar, jalan-jalan ke Toraja pasti tak lengkap tanpa berkunjung ke makam tebingnya.

Traveler yang mau berwisata mistis di Toraja bisa datang ke dua tempat yaitu Obyek wisata Desa Lemo dan Kete Kesu. Di sana traveler bisa melihat langsung makam-makam orang Toraja yang masih digunkan mulai dari jaman leluhur sampai sekarang.

Boneka-boneka makam dan tengkorak akan terjejer rapi di depan makam. Namun jangan berani-berani untuk memegang atau memindahkan tengkorak ya. Karena menurut pengalaman, pernah ada turis iseng membawa tengkorak dan kesurupan tiada henti. Hii...

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :