Rahasia Terlarang Prediksi Bakat Botak

Punya Bakat Botak atau Tidak? 200-an Penanda Genetik Bisa Memprediksinya

Jakarta, Kebotakan merupakan salah satu masalah paling umum pada pria dewasa. Bakat untuk mengalaminya, kini bisa diperkirakan dari sekitar 200 penanda genetik yang baru saja ditemukan.

Selama ini, para ilmuwan hanya mengenal ada 8 penanda genetik yang terkait kebotakan. Sekelompok ilmuwan dari Inggris melengkapinya dengan lebih dari 200 penanda genetik yang ditemukan dalam sebuah penelitian terbaru.

"Perjalanan masih panjang untuk membuat prediksi akurat untuk kebotakan berpola secara individual. Bagaimanapun, hasil ini membawa kita selangkah makin dekat," kata salah seorang ilmuwan yang meneliti, Riccardo Marioni dari University of Edinburgh, dikutip dari Livescience.

Dalam penelitian tersebut, Marioni dan rekan-rekannya menganalisis informasi dari 52.000 pria berusia 40-69 tahun di Inggris. Sebanyak 32 persen tidak mengalami kerontokan rambut, 23 persen rontok sedikit, dan 18 persen mengalami kerontokan parah.

Para ilmuwan lalu menganalisis genome para partisipan, untuk mencari variasi genetik yang disebut single-nucleotide polymorphisms (SNP). Hasilnya, ditemukan 287 variasi genetik dalam 100 gen yang berhubungan dengan kerontokan rambut yang parah.

Sebanyak 40 varisi genetik ditemukan pada kromosom X, yang didapat para pria dari ibunya. Salah satu di antaranya terikat dengan hormon testosteron dan punya kaitan yang kuat dengan kerontokan parah.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :