Rahasia Terlarang Paspor Indonesia

Sesakti Apa Paspor Indonesia, Cek di Sini!

Jakarta - Sebuah situs menjadi perbincangan traveler karena bisa mengetahui keampuhan paspor kita untuk menjelajah dunia. Wah, kesaktian paspor Indonesia bagaimana ya?

Dilongok detikTravel dari situs passportindex.org, ini adalah situs interaktif yang mengumpulkan, menampilkan dan memeringkat paspor-paspor dari seluruh dunia. Traveler bisa melihat sampul aneka paspor dari seluruh dunia yang beraneka warna.

Yang paling penting, kita bisa tahu kekuatan paspor di setiap negara untuk dipakai traveling ke luar negeri. Seperti kita tahu, banyak negara memberlakukan bebas visa untuk wisatawan asingnya.

Nah, di passportindex ada yang namanya Passport Power Rank. Ini adalah rangking kekuatan paspor dari 198 negara di seluruh dunia. Kemudian ada Visa Free Score, jumlah negara yang bisa didatangi tanpa visa untuk pemegang paspor tersebut.

Ternyata, paspor paling sakti di dunia adalah paspor Amerika Serikat dan Inggris. Mereka sama-sama rangking 1. Pemilik paspor AS dan Inggris bisa bepergian ke 147 negara tanpa visa atau dengan visa on arrival.

Nah, bagaimana dengan Indonesia? Paspor Indonesia ada di rangking 60 bersama Suriname, Senegal, Papua Nugini dan Uganda. Paspor Indonesia hanya bisa dipakai ke 57 negara tanpa visa atau dengan visa on arrival.

Paspor Indonesia kalah jauh dengan negara tetangga di Asia Tenggara. Paspor Singapura ada di rangking 4 dengan akses ke 143 negara. Paspor Malaysia ada di rangking 7 dengan akses ke 140 negara.

Paspor Thailand ada di rangking 55 dengan akses ke 67 negara. Bahkan, paspor Indonesia kalah sakti dengan paspor Brunei di rangking 18 yang bisa dipakai ke 125 negara.

Paspor Indonesia di Asia Tenggara hanya unggul terhadap Vietnam di rangking 66 (51 negara), Laos di rangking 71 (46 negara), Kamboja di rangking 73 (44 negara). Kemudian ada Timor-Leste di rangking 75 (42 negara) dan Myanmar di rangking 80 (28 negara).

Oh iya, ini bukan data sembarangan lho. Tingkat kekuatan paspor ini diukur berdasarkan data dari International Air Transportation Agency (IATA).

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :