Makanan Terlarang Setelah Olahraga

Setelah Berolahraga Sebaiknya Jangan Konsumsi Makanan Ini

Jakarta - Di beberapa tempat, Minggu pagi dijadikan hari bebas kendaraan bermotor. Ada yang berlari, bersepeda, dll. Setelah berolahraga, biasanya mereka jajan untuk mengisi energi kembali. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ramping, olahraga harus dibarengi asupan nutrisi seimbang. Makanya, jangan rusak latihan fisik Anda dengan menyantap makanan yang dilansir situs Epyk berikut:

1. Camilan asin

Setelah berolahraga, tak jarang kita mencari camilan asin. Pasalnya, saat berkeringat tubuh membuang zat gizi bersama air, termasuk potassium.
Hindari mengonsumsi kacang-kacangan, crackers, maupun popcorn asin yang biasanya tinggi kalori. Penuhi kebutuhan potassium secara cepat dan alami dengan menyantap pisang atau buah kering yang tinggi potassium.

2. Makanan manis dan soda

Makanan manis seperti roti bakar dengan selai cokelat atau makanan yang mengandung madu dan karamel tinggi kalori dan akan menggagalkan usaha Anda. Apalagi gula dikenal memiliki efek merugikan bagi tubuh dalam jangka panjang.
Salah satu efek sampingnya adalah memperlambat metabolisme. Padahal kecepatan metabolisme penting bagi proses penurunan berat badan.
Soda juga tak baik dikonsumsi karena menyebabkan kembung. Kalau bosan dengan air putih dan jus buah alami, minum saja es teh tanpa gula. Minuman ini akan menghidrasi Anda dan meredakan ngidam.

3. Makanan berlemak

Hindari ayam goreng, hamburger, pizza, serta makanan berlemak lainnya. Makanan tersebut akan menghambat otot dan hati memproduksi dan menyimpan glikogen. Kadar LDL atau kolesterol jahat juga bisa naik, sehingga risiko penyakit jantung dalam jangka panjang juga menjadi tinggi.

4. Sayuran mentah

Sayuran dan buah mentah biasanya dianjurkan dalam pola makan sehat. Namun, jangan makan hanya sayuran mentah setelah berolahraga karena tak bisa memenuhi kehilangan nutrisi, vitamin, dan mineral penting yang hilang saat berolahraga.
Sayuran mentah saja tak dapat mempertahankan tingkat metabolisme yang stabil. Maka, seimbangkanlah dengan konsumsi serat dan protein untuk mendukung perkembangan otot.

5. Milk chocolate

Cokelat mengandung antioksidan untuk menurunkan risiko kanker dan melawan radikal bebas yang merusak sel tubuh. Namun, milk chocolate sebaiknya dikonsumsi sebelum berolahraga karena kandungan kalorinya tinggi. Kalau disantap setelah berolahraga, cokelat tak memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh setelah berlatih keras.

6. Pastry

Lapar setelah berolahraga memang bisa diatasi dengan menyantap donat atau muffin. Namun, Anda lebih baik memakan roti gandum atau buah kering yang mengandung karbohidrat berkualitas tinggi. Makanan ini bisa menggantikan glikogen yang hilang saat berolahraga.

7. Energy bar

Energy bar diciptakan untuk memberi energi sebelum berolahraga, bukan setelahnya. Makanan ini tinggi gula yang bisa memperlambat metabolisme dan merangsang produksi lemak. Selain itu, energy bar juga meningkatkan level energi, membuat Anda sulit beristirahat atau tidur setelah berolahraga.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :