Waspada Komplotan Penguras Kartu Kredit - Pelaku Punya Toko di Season City Mal Jakarta

Punya Toko di Mal Jakarta, Komplotan Kuras Kartu Kredit Turis di Bali

JAKARTA, — Empat orang komplotan pembobol kartu kredit berhasil ditangkap petugas kepolisian Metro Jaya. Para tersangka mempunyai empat toko di mal Season City, Jakarta Barat.

Dalam aksinya, mereka memanfaatkan kelengahan turis asing yang berada di Bali. Kebanyakan korban diambil dompetnya saat sedang mabuk, kemudian dikuras isi kartu kreditnya.

Kanit I Jatanras Polda Metro Jaya Komisaris Aris Supriyono, Senin (25/11/2013), mengatakan, dalam menjalankan aksinya, mereka menggunakan electronics data capture (EDC) atau dikenal dengan alat gesek kartu kredit yang terdaftar di empat toko milik mereka.

EDC yang tersambung dengan wireless itu dibawanya ke Bali. Pelaku mengincar turis-turis asing yang sudah mabuk di kafe-kafe di Bali atau juga yang dompetnya terjatuh. Ketika sudah didapat, pelaku langsung menggesekkan kartu kredit ke mesin EDC yang sudah disiapkannya.

"Jadi, mereka langsung menyedot uang nasabah. Di bank, terdaftarnya mereka membeli pakaian di toko yang ada di Season City," terang Aris Supriyono.

Kepada penyidik, komplotan ini mengaku sudah melakukan aksinya selama hampir dua tahun. Dalam sehari, mereka bisa melakukan tiga kali transaksi. Sekali transaksi, mereka dapat menyedot Rp 5 juta hingga Rp 40 juta.

Kecurigaan bermula saat tim investigasi sebuah bank mendeteksi adanya transaksi mencurigakan menggunakan kartu bank asing di empat toko tersebut. Setelah melakukan koordinasi dengan kepolisian, terungkaplah modus pembobolan kartu kredit ini.

"Saat ini, toko-toko tersebut sudah kami segel," kata Aris.

Polisi menangkap keempat tersangka di Bali pada tanggal 18 Oktober 2013. Ketika ditanya penyidik, salah satu tersangka berinisial A mengaku membuat KTP palsu untuk pengajuan pembukaan rekening dan pengajuan mesin EDC.

Akibat perbuatannya itu, keempat tersangka dikenakan Pasal 263 Ayat 2 KUHP jo Pasal 56 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun kurungan penjara.

Saat ini, mereka ditahan di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :