Kursus Ahli Bir Bersertifikat

Cicerone, Ahli Bir Bersertifikat yang Banyak Dicari di Dunia

Mungkin Anda jarang mendengar sebutan Cicerone. Tidak mengherankan, mengingat orang-orang lebih banyak mengatahui Sommelier atau ahli wine. Kini, profesi sebagai cicerone atau ahli bir mulai dilirik orang.

Cicerone adalah seseorang yang ahli dalam bir. Ia seperti sommelier, mengetahui rasa, mencocokkan rasa, dan memberi saran akan bir apa yang seharusnya diminum di saat dan menikmati makanan tertentu. Ada sebuah program sertifikasi yang harus dilalui oleh orang yang akan menjadi cicerone dalam beberapa tingkatan.

Ray Daniels, seorang brewer (pembuat bir), memulainya dengan Cicerone Certification Program dari lima tahun yang lalu. Menurutnya, ada tiga level dalam cicerone, yaitu dimulai dari Certified Beer Serves (melalui ujian online), di tingkat yang lebih tinggi ada Certified Cicerones (tes perseorangan, dilengkapi dengan ujian mencicip).

Tingkat yang paling tinggi ada yang namanya Master Cicerone (tes perseorangan selama dua hari). Ujianya terfokus di lima dasar komponen: menyimpan dan menyajikan bir, gaya bir, rasa dan kecapan, proses brewing atau membuat bir, serta memadukan bir dengan makanan.

Kelihatannya mudah untuk mendapat sertifikat pengakuan ini, tetapi ada hal yang membuatnya menjadi sulit. Antara lain, sulitnya untuk menggapai tingkat master.

Menurut Daniels bir merupakan produk yang rapuh. Bir dapat rusak seketika jika ditangani oleh orang yang salah. Kompleksitas bir dari proses pembuatan sampai ke tangan pelayan dibutuhkan pengertian yang matang.

Sejauh ini, hanya ada tujuh orang yang mendapat level Master Cicerone, tetapi sekitar 900 orang telah lulus dalam ujian reguler, dan ada 27.000 orang yang akan menjadi Certified Beer Servers. Jumlah yang luar biasa fantastis.

Sekarang banyak pembuat bir mencari karyawannya dengan syarat harus lulus terlebih dahulu lewat ujian Cicerone. Hal ini memang menjadi perhatian para pembuat bir karena mereka ingin yang terbaik untuk produk-produknya. Anda bisa juga mengintip website mereka di cicerone.org. Nah, bagaimana, apakah Anda tertarik menjadi Cicerone?

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :