Rahasia Menatap Smartphone jadi Lebih Lama

Ini Cara Olahraga Buat Mata Agar Tak Cepat Lelah

Jika kamu orang yang banyak menghabiskan didepan layar televisi, komputer, atau smartphone pastinya akan mengalami mata kelelahan. Untuk mengatasi lelah pada mata, maka salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan olahraga mata.

Sementara itu menurut ahli bedah mata dr Keiki Mehta, layaknya tubuh bagian lain. Mata juga harus diajak olahraga. Sebagai olahraga tersebut dapat membantu fungsi mekanik dan optik sehingga mneingkatkan kestabilan mekanik dan memperkuat otot mata.

Dilansir dari TimesofIndia, berikut beberapa gerakan olahraga mata yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesegaran mata:

1. Berputar

Putarlah mata searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam. Ulangi langkah ini setiap 30 menit. Hal ini penting lakukan terutama ketika kamu duduk berjam-jam di depan layar komputer atau sedang belajar dalam waktu yang lama.

2. Tutupi mata

Pejamkan mata dan tutupi dengan telapak tangan. Tekan mata dengan perlahan dan ringan, jangan terlalu menekannya. Cara ini bisa menenangkan mata yang lelah.

3. Fokus

Sekitar 30 detik, fokuskan pandangan ke objek yang jaraknya jauh dari posisi. Coba untuk pertahankan fokus, kemudian berkediplah dengan cepat beberapa kali. Setelah itu, arahkan fokus ke benda di sekitarnya selama 15 detik, pertahankan fokus, lalu berkedip cepat beberapa kali. Lakukan langkah ini sepuluh kali.

Pada dasarnya, mata dirancang agar bisa bekerja dengan baik jika arah pandangan ke bawah sebesar 25 derajat. Selain itu, untuk membaca, sebaiknya jangan gunakan cahaya redup sebab bisa membuat mata makin tegang. Jika mata sudah lelah, maka bisa sakit kepala terus menerus, penglihatan kabur, kelelahan, dan tidak bisa fokus pada objek.

Salah satu hal yang umumnya menyebabkan kelelahan mata adalah computer vision syndrome yakni menatap perangkat komputer, smartphone, atau video game dalam waktu yang lama. Sindrom ini mengakibatkan penurunan jumlah kedipan mata dan mata kering.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :