Rahasia Teh Untuk Diet dan Cegah Kanker

Teh Hitam dan Teh Oolong Berkhasiat Turunkan Berat Badan dan Cegah Kanker

Jakarta - Selain air putih, teh adalah salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi di dunia. Tak hanya menghidrasi, teh juga mengandung antioksidan yang terbukti bisa melawan kanker dan membantu menurunkan berat badan.

Walau semua jenis teh menyehatkan, namun ada beberapa jenis yang memiliki manfaat kesehatan lebih. Seperti dilansir dari The Daily Meal, inilah jenis teh yang memiliki manfaat kesehatan lebih.

1. Black Tea
Studi menunjukkan, konsumsi black tea atau teh hitam mampu mencegah kerusakan paru-paru akibat paparan asap rokok dan mengurangi risiko stroke. Black tea juga mengandung antioksidan theaflavins dan thearubigins dalam jumlah tinggi sehingga efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Teh Pu-erh
Teh pu-erh adalah jenis teh hitam yang membantu penurunan berat badan serta mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah studi yang dilakukan pada hewan menunjukkan, konsumsi teh pu-erh efektif mengurangi berat badan dan menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh mereka.

3. Teh Oolong
Teh oolong terbukti membantu menurunkan berat badan karena bisa mengaktifkan enzim pelarut trigliserida, yaitu jenis lemak yang bisa menyebabkan obesitas. Dalam sebuah penelitian, wanita yang minum teh oolong membakar lebih banyak kalori dalam dua jam dibandingkan wanita yang hanya minum air. Antioksidan dalam teh oolong juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. White Tea
Karena tidak diawetkan dan tidak difermentasi, white tea terbukti memiliki sifat anti-kanker yang lebih kuat dibanding teh yang telah diproses. Bagi para penderita diabetes, white tea baik diminum karena mampu meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

5. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan EGCG dalam jumlah tinggi. Jenis antioksidan ini membantu mencegah pertumbuhan kanker, termasuk kanker kandung kemih, payudara, paru-paru, dan perut. EGCG juga mencegah penyumbatan arteri dan membakar lemak.

6. Teh Herbal: Chamomile, Hibiscus, Rooibos
Secara teknis teh herbal tidak bisa dianggap teh karena terbuat dari tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, biji-bijian, atau akar dan tidak berasal dari tanaman Camellia. Namun teh herbal memiliki manfaat kesehatan yang lebih. Teh chamomile mampu mencegah komplikasi akibat diabetes dan teh hibiscus bisa menurunkan tekanan darah. Sedangkan teh rooibos yang berasal dari Afrika Selatan mengandung flavanoid yang bisa melawan kanker.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :