Rahasia Ritual Bongkar Makam

Kisah Mistis di Balik Pembongkaran Sejumlah Makam di Cilacap

Jakarta - Kasus pembongkaran makam di wilayah Cilacap, Jawa Tengah, oleh orang tidak dikenal sangat menggemparkan warga. Mereka tidak henti-hentinya mengaitkan kejadian aneh ini dengan kisah-kisah mistis dan ilmu sesat, apalagi saat pembongkaran makam, pelaku menggunakan ritual tertentu.

Seperti yang terjadi pada makam milik Endah Setyowati (24), pelaku sempat melakukan ritual serta mencuci tengkorak kepala Endah di sebuah kolam di dalam sebuah panembahan (penyembahan) Sabuk Janur yang berada di satu komplek pemakaman Sabuk Janur, Kelurahan Kebon Manis, Cilacap Utara.

Bahkan sudah sejak dulu di tempat itu terdapat panembahan dan sering digunakan oleh orang yang menginginkan sebuah permintaan selalu datang ke tempat tersebut.

"Ya biasanya ada yang minta jodoh, rejeki, ya macem-macem," Kata Ibu Karto, salah satu warga sekitar.

Sedangkan menurut Mbah Sastro, seorang penjaga makam Sabuk Janur, mengatakan jika makam tersebut sudah sejak lama ada di komplek pemakaman, bahkan sebelum ada makam yang sekarang, panembahan Sabuk Jenar itu sudah terlebih dahulu ada.

Ketika disinggung mengenai keterkaitan ritual yang dilakukan oleh pencuri makam dengan panembahan di lokasi tersebut, Mbah Sastro tidak mengetahui secara pasti maksud dan tujuan dari pelaku pencurian di makam itu.

"Baru kali ini ada yang seperti ini, saya sendiri heran ini untuk apa pakai bongkar-bongkar makam, Saya sendiri tidak tahu untuk apa," jelas Mbah Satro (73) yang merupakan keturunan ke-4 sebagai penjaga makam.

Namun sebelum kejadian, dia mengaku mempunyai firasat yang dia sendiri tidak tahu maksud dari mimpinya itu apa. Pasalnya saat kejadian pembongkaran itu dia sedang berada di Jakarta bersama anak dan cucunya.

"Sebelum berangkat ke Jakarta saya mimpi punya padi banyak, padi itu riwayat tidak bagus, itu kotor, lalu ada air keluar dari kran airnya juga kotor, terus saya bilang sama istri mimpi kok kotor banget, mau ada apa nantinya, ya," ujar dia yang ternyata arti mimpinya itu akan ada pencurian di makam yang dijaganya.

Mbah Sastro pun sempat mengajak detikcom ke panembahan tersebut dan melihat-lihat bekas tapak kaki di tembok yang diduga digunakan pelaku pembongkaran makam untuk melompat menuju tempat panembahan yang lokasinya sekitar 20 meter dari lokasi makam Endah, gadis yang dimakamkan pada 8 Agustus lalu meninggal akibat sakit.

Di tempat panembahan yang dibuat seperti sebuah rumah berukuran 3x6 meter dan dikelilingi oleh pagar yang pada hari biasa selalu digembok, di dalam komplek panembahan ini juga terdapat sebuah kolam yang sebelumnya diduga oleh polisi digunakan oleh pelaku untuk mencuci kain kafan dan tengkorak kepala Endah.

Sedangkan menurut pandangan dari Marjudi, seorang paranormal Cilacap, mengatakan jika pelaku pembongkaran makam pada dua kejadian yang terjadi dalam waktu hampir satu minggu ini adalah sama.

Pelaku pembongkaran makam bayi kembar di pemakaman Cikento, Kelurahan Gunung Simping, Cilacap Tengah dan juga makam perawan di pemakaman Sabuk Janur, di Kelurahan Kebonmanis, Kecamatan Cilacap Utara. Dia memastikan, pelaku melakukan ini sendiri untuk meningkatkan ilmunya.

"Ini dilakukan untuk kejahatan, sifat orangnya ‘mokalah’ atau tidak mau tertandingi, ibaratnya kan ada langit di atas langit dia ingin di atasnya langit teratas,” katanya usai bermeditasi beberapa saat setelah diberi nama jasad dan juga tanggal meninggalnya.

Namun, dia tidak bisa memastikan kejahatan seperti apa yang diinginkan oleh pelaku. Tapi bisa dilakukan untuk segala kejahatan, seperti menambah kekayaan, kekebalan tubuh, dan lainnya.

Tengkorak dan tulang dari jasad yang diambil tersebut akan dikumpulkan dan disembunyikan. Dia tidak memakan jasad tersebut. Kata dia ini adalah sebagai syarat agar bisa memanggil rohnya. Sehingga dengan bisa memanggil, maka dia akan memiliki kekuatan. Biasanya orang yang melakukan hal seperti ini mendapatkan perintah dari apa yang dianutnya.

"Semakin banyak yang dia bisa kumpulkan maka semakin baik, tapi biasanya ada batasannya, tiga," katanya.

Adanya barang bukti seperti kurungan ayam, kandang burung dan juga kendi kecil, sebagai syarat dalam ritual yang dilakukannya. Selain itu pelaku juga dipastikan sudah mengetahui saat dilakukannya penguburan di makam tersebut. Di menggambarkan pelaku datang ke makam menggunakan sepeda, dengan berpakaian hitam-hitam.

Endah meninggal 8 Agustus lalu dan dimakamkan di TPU Sabuk Janur, Kelurahan Kebon Manis, Cilacap Utara, Cilacap, Jawa Tengah. Makamnya diacak-acak pencuri, Kamis (12/12) kemarin. Di tempat terpisah, TPU Cikento, Kelurahan Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah, juga terjadi hal serupa.

Makam bayi kembar, Yuliana dan Yuliani, jadi sasaran. Salah satu jenazah raib. Satu lainnya masih utuh, hanya kafannya yang hilang.

Ini Keganjilan-keganjilan yang Menyertai Ritual Bongkar Makam di Cilacap

Jakarta - Sebagian warga di Cilacap dikagetkan dengan adanya kasus pencurian tengkorak dan pembongkaran tiga makam oleh orang tak dikenal. Apalagi kasus ini memunculkan sejumlah keanehan. Polisi menduga ada kejadian ini berkaitan dengan ritual mistis.

Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu dan Minggu (7-8/12) lalu di mana dua makam bayi kembar di TPU Cikento, Kelurahan Gunungsimping, Kecamatan Cilacap Tengah, dibongkar orang.

Kemudian pada Kamis (12/12/2013), satu makam lagi di TPU Kebon Manis, Kecamatan Cilacap Utara juga sudah dibongkar oleh orang tidak dikenal dengan kondisi makam yang sudah berantakan dan ditemukan lubang dengan kedalaman dua meter dan berdiameter 50 centimeter.

1. Satu dari 2 Jasad Bayi Kembar Diambil

Makam bayi kembar bernama Yuliana dan Yuliani yang ada di TPU Cikento, Keluarahan Gunungsimping, juga sempat dibongkar secara berturut-turut selama dua malam, Sabtu-Minggu (7-8/12) lalu.

Menurut penjaga makam TPU Cikento, Sukirno (56), mengatakan pada Sabtu pagi, dirinya dikagetkan dengan kondisi makam salah satu bayi yang sudah terbongkar. "Pada makam itu jasad bayi yang mati masih ada, hanya tali kafannya yang hilang," ujar Sukirno yang kemudian kembali menutup makam itu.

Namun alangkah kagetnya dia, ketika pada Minggu paginya, makam bayi kembaran lainnya juga turut dibongkar orang. Bahkan mayat bayi dan kain kafannya juga sudah hilang. Kedua bayi ini, merupakan bayi yang meninggal pada 16 November 2013. Kedua bayi ini meninggal ketika dilahirkan, karena lahir prematur.

Diketahui, Yuliana lahir lebih dahulu dengan berat 4,6 ons di RS Santa Maria pada 15 November dan meninggal pada 16 November. Kemudian Yuliani lahir dalam keadaan sudah meninggal dunia di dalam kandungan saat dirujuk ke RSUD Cilacap pada 16 November. Kedua bayi dimakamkan pada 17 November lalu.

"Yang hilang jenazah Yuliani," ujar Aji, orang tua dua bayi kembar yang sudah alharhum tersebut.

2. Pencuri Gondol Tengkorak Kepala Mayat Perempuan

Empat hari berselang, kejadian aneh terjadi lagi. Pada Kamis (12/12/2013), satu makam lagi di TPU Kebon Manis, Kecamatan Cilacap Utara juga sudah dibongkar oleh orang tidak dikenal dengan kondisi makam yang sudah berantakan dan ditemukan lubang dengan kedalaman dua meter dan berdiameter 50 centimeter.

Tengkorak kepala sang gadis dibawa pelaku. Endah meninggal 8 Agustus lalu dan dimakamkan di TPU Sabuk Janur, Kelurahan Kebon Manis, Cilacap Utara, Cilacap, Jawa Tengah.

3. Benda-benda Misterius Ditemukan di Makam

Di dekat makam Endah, yang berjarak 20 meter dari kuburan, ditemukan beberapa barang bukti. Dalam olah TKP ditemukan kurungan ayam kandang burung berisi makanan burung dan jagung, lilin, dan guci.

Selain itu, ada jejak tapak kaki di pagar panembahan dan bekas dupa pembakaran dan bunga melati. Ada dugaan pelaku mencuci tengkorak kepala dan tali kafan di kolam kecil di panembahan.

4. Polisi Duga Pencurian Berkaitan dengan Ritual Mistis

Polisi mengakui pencuri yang beraksi di makam Endah Setyowati (24) sempat menggelar ritual. Jejak-jejak ritual masih terlihat jelas. Bagaimana polisi mengusut kasus ini?

"Memang ada dugaan pelaku melakukan ritual mistis. Ada beberapa bukti di lokasi kejadian," kata Kapolres Cilacap AKBP Andry Triaspoetra.

"Tapi kami tidak menekankan penyelidikan pada hal itu (ritual)," sambungnya.

Pembongkar Kuburan di Cilacap Ditangkap, Motifnya Agar Bisa Terbang dan Menghilang

Cilacap - Setelah membuat geger Cilacap, pelaku pembongkaran makam di sejumlah wilayah akhirnya diamankan Kepolisian Polres Cilacap. Seperti dugaan yang muncul, motif pelaku yang ternyata berusia muda itu berbau mistis yaitu agar dia dapat terbang dan menghilang.

"Buat ilmu terbang," kata tersangka Resi Rookiswana alias Pamungkas (27), Minggu (15/12/2013).

Menurut dia, saat beraksi dirinya hanya sendiri dan jika ingin terbang serta menghilang dirinya harus mengambil kain di sejumlah makam atas suruhan seseorang bernama ratu.

"Iya saya sendirian ambil kain-kain mori (kafan) di makam, ngambil kain disuruh sama ratu di Srandil," kata Resi yang selalu berganti-ganti nama ini.

Selain terbang, Resi juga sesumbar bisa menghilang. Namun ketika diminta polisi untuk menghilang Resi berkilah bahwa dia hanya bisa menghilang hanya di tempat sepi.

"Bisa hilang, tahu-tahu sudah di sana. Kalau banyak orang ya tidak bisa hilang," ujar Resi yang setiap hari hanya bekerja "membaca doa" ini.

Kasat Reskrim AKP Agus Turyadi mengatakan pihaknya telah mengantongi identitas tersangka. Aparatnya menangkap tersangka Minggu pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB di pinggir jalan.

"Sudah dibuntuti dari tadi malam, lalu ditangkap di pinggir rel kereta api. Semua barang bukti ada di situ, karena itu dia anggap rumahnya," jelasnya.

Saat pelaku dibawa untuk menjelaskan semua barang bukti yang diamankan polisi, keluarga korban yang tidak terima atas ulah pelaku membongkar makam, langsung menyerang Resi. Petugas kepolisian yang sudah siap langsung segera mengamankan Resi dengan menjauhkan dari keluarga korban.

Resi 'Si Pembongkar Kubur' Akui Ambil Kain Perawan di Makam Endah

Cilacap, - Resi Rokhis Suhana alias Satria Pamungkas (27), pelaku pembongkaran makam di Cilacap, Jawa Tengah mengaku saat membongkar makam milik Endah Setyowati (24) di TPU Sabuk Janur, Kelurahan Kebon manis, Cilacap Utara merupakan salah satu syarat dari bisikan goib yang menyuruhnya membongkar makam agar dirinya dapat terbang dan menghilang.

"Saya tidak sengaja ambil tulang, sebenarnya saya hanya ambil kain itu yang perawan, itu perwujudan untuk bisa terbang. Sekarang bisa terbang tapi paling baru loncat-loncat saja," jelas Resi saat ditanya sejumlah wartawan, Minggu (15/12/2013).

Sedangkan sejumlah barang bukti seperti kendi, lilin, kembang, kurungan yang ditemukan polisi di sekitar makam Endah diakui Resi sebagian barang tersebut memang miliknya. Sedangkan sisanya semua datang dari alam goib.

"kalau kurungan saya tidak tahu, itu pada deket-deket (datang) sendiri. Barang yang tidak saya undang juga kadang sering deket-deket sendiri,"ungkap Resi yang saat ditangkap mengantongi 6 tulang rusuk manusia di saku kanan yang dibungkus dengan kain kafan.

Sementara barang bukti lain seperti tengkorak kepala Endah yang hingga saat ini belum ditemukan, Resi mengaku jika ada beberapa barang yang belum kembali dari alam goib.

"Ya ada barang yang belum kembali di alam kedua itu, tidak bisa ditarik, harus ritual lagi, riual puasa," ujarnya.

Resi ditangkap petugas Reskrim Polres Cilacap pada Minggu (15/12/2013) sekitar pukul 07.00 WIB pagi saat pelaku tengah berada dekat rel kereta di daerah Gunungsimping, Cilacap Tengah. Di tempat tersebut merupakan 'save house' Resi untuk menyimpan semua barang-barang yang diambilnya dari makam.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :