Rahasia Terlarang Tips Cepet Sembuh Dari Sakit Tenggorokan

Tips Dokter Agar Radang Tenggorokan Lebih Cepat Sembuh

Jakarta, Jangan asal langsung mengonsumsi obat agar sembuh, termasuk saat Anda mengalami radang tenggorokan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhannya.

Kepada detikHealth, dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan dari RS PHC Surabaya dan RS Petrokimia Gresik, dr Artono, SpTHT-KL(K), FICS menjelaskan bahwa umumnya radang tenggorokan atau faringitis disebabkan oleh virus. Penyakit ini juga memiliki sifat 'self limiting disease'.

"Ini artinya penyakit seperti faringitis umumnya bisa sembuh sendiri, asalkan pasien melakukan pemulihan yang tepat," tutur dr Artono.

Salah satunya adalah istirahat cukup. Hal ini seringkali diabaikan oleh pasien, padahal memberikan waktu yang cukup pada tubuh untuk beristirahat sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan dan melawan infeksi.

Selain itu, hindari makanan dan minuman pencetus radang tenggorokan. Disebutkan dr Artono, asupan tersebut di antaranya adalah makanan berminyak, pedas, makanan lain yang terlalu dingin, terlalu panas, terlalu asam, serta buah-buahan bergetah seperti nanas, mangga, pepaya, rambutan dan nangka.

"Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bertekstur lembut dan hangat. Banyak minum air putih hangat juga," imbuhnya.

Cara alami lainnya bisa Anda lakukan dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan seperempat sendok teh garam dengan 200 cc air hangat. "Lakukan pagi dan malam setelah makan dan sebelum tidur malam. Bila sudah melakukan semua tapi tidak membaik, disarankan ke dokter THT untuk dievaluasi lebih mendalam lagi apa penyebabnya," pesan dr Artono.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :