Rahasia Menyembuhkan Pilek dan Sakit Kepala dengan Makanan Enak

Pilek dan Sakit Kepala? Sembuhkan dengan Makanan dan Minuman Enak!

Jakarta - Di musim hujan seperti sekarang, kita rawan terkena flu. Gejalanya bisa berupa hidung ingusan, sakit tenggorokan, sakit kepala, sakit otot, batuk, sampai mual. Tentu hal ini mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Jangan minum obat dulu, karena alam telah menyediakan bahan-bahan alami untuk mengatasi berbagai gejala flu. Makanan yang disarankan The Daily Meal inipun mudah didapatkan:

1. Hidung ingusan

Ingusan adalah salah satu gejala flu yang paling menjengkelkan. Atasi dengan menghirup uap minyak mustard dan meminum teh jahe untuk mengeringkan rongga pernafasan.

2. Sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan membuat menelan makanan jadi menyakitkan. Atasi dengan sering berkumur air garam hangat untuk mengurangi pembengkakan dan mengencerkan lendir.

Cara yang lebih enak adalah meminum teh hangat yang dicampur madu untuk menenangkan dan melapisi tenggorokan agar tak teriritasi. Sup ayam juga bisa membantu karena kuahnya yang kaya sodium bersifat antiinflamasi.

3. Sakit kepala

Kepala seperti dipukul-pukul? Anda bisa menyembuhkannya dengan makanan, tergantung penyebab penyakitnya. Jika karena dehidrasi, konsumsilah makanan dan minuman yang banyak mengandung air seperti semangka. Coba juga makanan yang kaya kalsium seperti yogurt yang dibutuhkan otak. Kalau penyebabnya adalah tekanan darah tinggi, makanlah lebih banyak bayam.

4. Sakit otot

Kram bisa dilawan dengan asupan antioksidan. Contohnya blueberry yang bisa mengatasi kelelahan otot, atau ceri dan delima yang berkhasiat antiinflamasi sehingga dapat mengendurkan otot-otot yang tegang.

5. Batuk

Batuk bisa membuat dada sakit. Untuk meredakannya, konsumsilah thyme yang mengandung flavonoid. Zat ini bisa melegakan otot trakea dan ileum serta mengurangi inflamasi. Jika ingin hasil instan, kulumlah seiris jeruk lemon yang telah ditaburi garam dan lada untuk melegakan dada.

6. Mual

Saat sedang mual biasanya kita tak nafsu makan karena takut akan dimuntahkan lagi. Namun, usahakan menyantap makanan yang kering dan ringan seperti cracker atau roti panggang untuk menyerap makanan 'basah' pemicu mual yang berada di lambung. Dokter juga menyarankan makanan dingin seperti salad dingin dan es loli untuk menenangkan perut yang bergemuruh.

Sumber: food.detik.com

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :