Waspada Jika Badanmu Selalu Terasa Dingin !!

Wah, Jangan Abaikan Jika Selalu Merasa Kedinginan

Jika kamu berada seharian di ruang dengan mesin pendingin tentu akan biasa jika membuat orang merasa kedinginan. Tetapi jika setiap waktu dan dimanapun tubuh selalu merasa kedinginan, maka ada yang harus di waspadai, karena ada yang tak beres di dalam tubuh.

Dilansir dari Foxnews, seorang pakar kesehatan bernama Dr. many Alvarez mengatakan kalau gangguan tiroid bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih sensitive terhadap temperatur, tetapi hal tersebut bukan menjadi penyebab tunggal, berikut beberapa penyebab lain dari kondisi seperti itu:

1. Tidak sarapan

Ketika seseorang melewatkan sarapan, maka tubuh kekurangan bahan bakar untuk menghasilkan panas. Agar tidak kehabisan, maka tubuh akan menghemat bahan bakar tersebut dengan tidak menghasilkan terlalu banyak panas. Dampaknya, tubuh akan terasa lebih dingin.

2. Kurang tidur

Kelelahan karena kurang istirahat juga membuat cadangan energi di dalam tubuh berkurang. Lagi-lagi, tubuh akan menghematnya dengan tidak menghasilkan terlalu banyak panas. Karena itu, jangan sepelekan kualitas tidur jika tidak ingin kedinginan selama berada di kantor.

3. Gangguan hormon

Hal ini biasanya khusus bagi perempuan yang tiap bulannya mengalami perubahan hormon. Fluktuasi atau naik turunnya kadar esterogen bisa membuat tubuh lebih sensitif terhadap perubahan suhu. Laki-laki tidak terlalu merasakannya karena esterogen merupakan hormon seks yang lebih dominan diproduksi oleh perempuan

4. Sindrom Raynaud

Pengidap sindrom ini akan merasakan mati rasa pada jari, jempol, atau ujung hidung sebagai respons atas perubahan suhu ataupun karena stres. Penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah yang menuju kulit sebagai pusat sensor peraba. Pembuluh darah yang menyempit otomatis juga membuat panas tidak terdistribusi dengan baik.

5. Terlalu kurus

Mungkin satu-satunya keuntungan yang didapat dari berat badan berlebih adalah lapisan lemaknya yang tebal, yang menjadi semacam selimut alami saat kedinginan. Otot menghasilkan panas, sementara lemak menjadi insulator atau pelapis agar panas tidak keluar.

Tangan Sering Dingin, Apa Artinya?

Kiasan "tangan yang dingin, hati yang hangat" memang sangat manis, tapi tidak cocok ketika Anda ingin mengetahui apa arti tangan yang dingin untuk kesehatan kita.

Seiring suhu yang makin dingin, wajar saja bila tangan kita ikut dingin. Sebab, mengurangi peredaran darah secara ekstrem adalah cara tubuh menjaga kehangatan. Bila pada cuaca cerah tangan Anda tetap dingin, itu berarti sistem peredaran Anda sedang bekerja untuk mengatur kehangatan tubuh secara keseluruhan.

Namun, beberapa gejala perlu diwaspadai sebab bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius. Mereka antara lain adalah tangan dan kaki yang terus-menerus dingin, perubahan warna kulit, mati rasa, gatal-gatal, sakit atau melepuh, serta kulit yang menebal.

Penyakit yang bisa dikaitkan dengan tangan yang dingin
Menurut Mayo Clinic, penyakit paling umum yang bisa diasosiasikan dengan tangan yang dingin adalah anemia, penyakit Bierger, diabetes, peripheral vascular disease (PVD), penyakit Raynaud, dan scleroderma. Untuk mengetahui persis masalahnya, Anda harus bertanya ke dokter.

Buku "Body Signs" oleh Joan Liebmann-Smith dan Jacqueline Nardi Egan menunjukan, tangan dan kaki yang terus-menerus mengalami kedinginan juga bisa berarti reaksi untuk beberapa obat-obatan. Coba periksakan ke dokter.

Tangan yang dingin bisa pula disebabkan oleh radang dingin. Ketika tubuh menghadapi suhu di bawah nol derajat Celcius untuk waktu yang lama, lapisan kulit bisa membeku. Gejala itu biasanya muncul di kaki, tangan, hidung, dan kuping. Anda mungkin mengalami mati rasa atau gatal-gatal, dan kulit Anda akan tampak pucat dan putih dan sulit dipegang.

Dalam beberapa kasus, kulit itu mungkin melepuh dan menghitam karena sel-sel yang mati. Jika mengalami radang dingin, pergilah segera ke dokter atau UGD.

Menjaga agar tangan tetap hangat
Cara terbaik untuk menjaga tangan agar tetap hangat di luar ruangan adalah menggunakan sarung tangan yang tahan air. Jika Anda harus menggunakan sarung tangan biasa, gunakan dua lapis, tapi pastikan menggunakannya sedikit longgar supaya tidak menghambat peredaran darah. Di dalam ruangan sarung tangan tanpa jari bisa Anda gunakan untuk bekerja dan menjaga tangan Anda tetap hangat.

Sumber: http://id.she.yahoo.com/wah-jangan-abaikan-jika-selalu-merasa-kedinginan-120700286.html

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :