Waspada Beli Durian di Pinggir Jalan !!

HATI-HATI BELI DURIAN DI PINGGIR JALAN GAN, POKOKNYA HATI-HATI AJA..

Permisi gan, ane mau share aja pengalaman orang tua ane waktu beli durian di daerah Batang. Semoga bermanfaat..

Langsung aja gan..
durian emang lagi musim gan.. Tanggal 31 Desember 2013 bapak ane perjalanan dari Tegal ke Lamongan naik mobil liburan ke keluarganya.
Di daerah Batang-Jateng, Bapak ane berhenti untuk beli durian. Bapak ane gak curiga sama sekali gan ma durian-durian yang dijual. Model jualannya, 4 durian diiket jadi satu. Dan yang nawarin gak cuma 1 gan, tapi maennya keroyokan.. 1 pembeli dikeroyok beberapa pedagang..


Setelah nego ketat ma penjual, Bapak ane akhirnya mborong sampe 10 iket dan habis uang sekitar 250rb..

Di Semarang, bapak ane transit dulu gan di tempat ane (rumah ane di semarang). Ngasih 5 iket durian buat ane dan istri ane, yang 5 iket lagi buat keluarga Lamongan.. Seneng banget gan..

Singkat cerita gan, malamnya duriannya ane buka bareng istri saya... Dan ternyata gan, duriannya GAK ADA YANG MATENG GAN, MENTAH DAN ADA YANG BUSUK
dan ternyata durian buat keluarga Lamongan pun duriannya gak ada yang bisa dimakan gan..

Trik penjualnya ternyata di tali rafia buat ngiket durian gan, talinya tebel-tebel buat nutupin cacat dari si durian.. Baunya durian emang harum gan, tapi begitu dibuka isi duriannya parah gan... .. ada yang udah item isinya, ada sarang laba-laba pula.. ada yang bagus sih bentuknya, tapi gak ada rasa duriannya sama sekali..

Kami emang masih awam dalam memilih durian, dan itu bisa dimanfaatkan ma penjual durian yang nakal..

Waspada aja gan kalau mo beli durian, terutama di pinggir jalan, mesti pinter milih.. Gak semua penjual durian kayak gitu, tapi kita yang perlu waspada gan..

Jika Ente mengalami kesulitan dalam memilih durian yang baik, perhatikan cara-cara berikut ini (dari femina.co.id):

1. Pilih durian dengan bentuk utuh dan simetris. Hindari durian yang bentuknya kurang simetris (pertanda buah di dalamnya ada yang tidak utuh).

2. Pilih yang tangkainya terkelupas atau pecah, pertanda bahwa buah matang di pohon, tidak dipotong, dan jatuh dengan sendirinya.

3. Cium aroma durian. Durian yang matang sempurna akan mengeluarkan aroma harum dengan sendirinya.

4. Jika ingin durian yang berdaging kering dan padat, pilih yang durinya jarang dan besar. Jika ingin yang berdaging basah, pilih yang kulitnya berjarak dekat.

5. Tepuk-tepuk bagian kulit dengan benda tumpul. Jika bergema, berarti sudah matang sempurna.

Yang merasakan pengalaman sama, makasih sharingnya gan;

smurjianto
Tempat ane juga ada gan.. biasa gelar dagangan dipinggir jln raya antar propinsi.
Sasarane mobil2 luar kota yg transit.. modusnya sama ngiket durian pake sejenis daun pakis buat nutupin cacat dikulitnya.

farhatbablas
sama gan ane pernah kejadian sama kayak agan..
tepatnya di Batang arah ke Pekalongan. ane sama bokap lagi itu beli 2 ikat 1 ikat isi 5buah durian 2 ikat harga 200rb sesampainya di Hotel Pemalang ane mau menikmati nya dengan bokap ane ternyata duriannya isinya pada busuk dan gak ada isinnya akhirnya 1 pun durian tidak dapat kami makan dan nikmati.dan setelah itu ane cerita sama orang Hotel Pemalang. pedagang yang pinggir jalan di Batang memang terkenal menipu dengan menjual durian busuk dan mentah sudah terkenal di masyarakat Batang dan sekitarnya pedagang durian situ suka menipu.harusnya Polisi berani bertindak tegas dengan pedagang durian dpinggir jalan situ karena sudah .masuk pidana penipuan. Hati2 untuk agan2 lain lebih baik jangan di beli

Semoga bermanfaat aja gan, hati-hati beli durian di pinggir jalan..
Makasih gan dan sempetin baca Thread ane.. semoga berkah..

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :