Misteri Rumah Mak Lampir

Rumah 'Mak Lampir' Istri Pejabat VOC di Depok, Kisah Bunker, dan Peti Harta

Jakarta - Rumah 'Mak Lampir' peninggalan istri pejabat VOC di Cimanggis, Depok, Jabar kini tinggal puing. Tapi seperti gedung tua lainnya bekas peninggalan Belanda, selalu ada cerita dan legenda yang mengiringi.

Rumah yang dibangun pada tahun 1775-1778, itu banyak disebut-sebut memiliki bunker. Ya maklum saja, rumah ini dibangun orang paling berkuasa di VOC saat itu yakni Van der Parra. Dan lazimnya rumah di Eropa masa itu, selalu ada bunker seperti di kastil pada umumnya.

"Jadi ada yang cerita ada bunker, ada peti harta, ya cerita saja. Tapi nggak pernah ada yang nemuin, cuma cerita saja," terang Imron warga yang ditemui di lokasi di RRI Cimanggis, Depok.

Mungkin benar apa yang disampaikan Imron, kisah bunker dan peti harta itu hanya cerita. Karena setelah istri Van der Parra, yakni Adriana Johanna Bake, meninggal rumah itu diwariskan ke kerabatnya Smith. Dan Smith sendiri kemudian bangkrut setelah salah dalam berbisnis. Jadi bila ada peti harta, pasti dipakai membiayai bisnis Smith.

Rumah itu sendiri di masanya amat terkenal sebagai Landhuis Tjimanggis. Rumah ini seperti rumah megah pada umumnya di masa itu, ada banyak pelayan, dan taman serta pohon besar. Rumah itu kerap disinggahi para petinggi Hindia Belanda setelah VOC bubar.

Terakhir, rumah itu ditempati warga, namun pada 2012 ditinggal. Rumah itu pun akhirnya tak terurus dan ambruk.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :