Rahasia Terlarang Sukses Bisnis Babi

Balada Babi di Papua yang Seharga Sepeda Motor

Beda wilayah di Indonesia, beda lagi cerita yang didengar traveler. Jika jalan-jalan ke Papua, ada cerita soal harga babi yang mahalnya selangit. Bisa mulai dari Rp 13 juta, alias seharga sepeda motor!

Tahukah kamu, harga babi di Papua paling mahal bisa mencapai Rp 30 juta. Harga yang bikin kita bisa geleng-geleng kepala dan mungkin menganggap kalau tidak masuk akal. Kok bisa harganya begitu mahal?

"Babi ini untuk kawin. Wanita minta berapa itu babi, 10 atau 15 kah sesuai syarat," ujar Malama, seorang warga Desa Ugimba, Kabupaten Intan Jaya menjelaskan kepada detikTravel beberapa waktu lalu.

Siapa sangka, ternyata babi merupakan mas kawin. Malama pun menerangkan, tolak ukur seseorang dianggap kaya di Papua -khususnya di wilayah pedalaman- ada dua hal. Pertama adalah ladang dan kedua tak lain tak bukan adalah babi.

"Orang itu kaya kalau punya babi dan ladang. Satu babi paling murah Rp 13 juta, bisa sampai Rp 30 juta lebih," ujarnya sembari tertawa.

Daerah-daerah pedalaman yang dimaksud yakni di sekitar kawasan Pegunungan Tengah yang mencakup Kabupaten Intan Jaya dan Puncak Jaya. Termasuk juga geser sedikit ke Wamena dan Timika. Babi-babi di sana pun ukurannya besar-besar!

Mungkin kamu pernah mendengar, menabrak babi di Papua bisa berarti musibah. Sebab, harga ganti ruginya pun bisa puluhan juta rupiah apalagi kalau yang ditabrak babi betina.

"Babi betina itu untuk berkembang biak, kalau dia mati itu sudah tidak ada babi-babi lagi. Babi betina kalau ditabrak itu ganti ruginya per puting. Satu puting bisa Rp 1 juta sampai Rp 3 juta. Hati-hati," papar Malama.

Ukuran babi-babi di sana pun besar-besar dan berkeliaran di jalan. Jadi bagi kamu yang mau jalan-jalan ke Papua, lebih baik jangan macam-macam dengan babi di sana ya!

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :