Rahasia Terlarang Bikin Otak Makin Joss dan Jenius

Sering Lupa dan Sulit Konsentrasi? Ini 12 Makanan Sehat untuk Otak yang Perlu Anda Konsumsi

Jakarta - Dalam bekerja diperlukan konsentrasi dan daya ingat yang baik. Asupan makanan yang tak memberi nutrisi cukup untuk otak akan membuat orang sulit konsentrasi dan mudah lupa. Karenanya pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk otak.

Seiring dengan pertambahan usia daya kerja otak juga menurun. Tetapi kini justru banyak orang di usia produktif mengalami gangguan daya konsentrasi dan daya ingat. Salah satunya penyebabnya karena kurangnya asupan nutrisi untuk otak.

Kecukupan asupan nutrisis harian bukan hanya membuat tubuh lebih bugar dan sehat tetapi juga fungsi otak menjadi optimal. Jika Anda sering mengalami gangguan daya ingat, sulit konsentrasi dan cepat lelah saat bekerja, mungkin Anda perlu menambah asupan makanan yang bernutrisi untuk otak ini

Kesehatan badan juga berpengaruh pada mood dan kerja otak. Jika sering lupa atau konsentrasi mudah terganggu maka itu pertanda Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat. Memberi asupan kalori yang cukup juga memberi asupan nutrisi untuk otak. Forbes memberikan rekomendasi 12 makanan sehat untuk otak.

1.Seledri

Seledri merupakan sayur yang kaya akan luteolin. Komponen dalam tanaman yang bisa mempernaiki turunnya memori karena usia. Luteolin juga meredam peradangan di otak yang diyakini menjadi penyebab utama degerasi syaraf.

2.Bee Pollen

Beragam nutrisi terkandung dalam bee pollen. Mengandung 40% protein dan kaya akan folic acid, bebas asam amino dan vitamin B kompleks yang menjaga stamina otak.

Tambahkan 1 sdt bee pollen dalam susu, smoothie untuk penambah energi di pagi hari terutama jika banyak kegiatan rapat di pagi hingga siang hari.

3.Kaldu tulang

Kaldu tulang buatan sendiri dari ayam atau daging sangat baik dikonsumsi karena mengandung kolagen. Kolagen penting untuk membangun sel, tulang dan juga kemampuan otak. Glucine yang ada dalam kaldu juga baik untuk meningkatkan memori.

4.Dark chocolate

Cokelat ini kaya akan serat, zat besi, magnesium dan flavonol di dalamnya mampu memperlancar aliran darah. Aliran darah yang lancar ke otak akan menambah daya kerja otak.

Biji cokelat juga mengandung kafein dan theobromine yang bisa menambah fungsi otak dalam waktu singkat. dikenal sebagai sumber antioksidan yang hebat karena mengandung antioksidan 15 kali lebih banyak dari blueberry dan 20 kali lebih banyak dari teh hijau. Pilih cokelat dengan kandungan cacao mass minimal 70% untuk hasil maksimal.

5.Biji bunga matahari dan labu kuning

Kedua bijian ini mengandung protein, asam lemak omega dan vitamin B yang menjadi sumber energi. Juga mengandung tryptophan yang diubah olah otak menjadi serotonin yang meningkatkan perasaan.

Konsumsi segenggam bijian ini bisa mencukupi kebutuhan zat seng harian, juga jadi suplemen yang meningkatkan kemampuan memori.

6. Bit

Meskipun aromanya lagu dengan rasa manis, bit kaya akan nitrat yang diubah menjadi nitrit oleh bakteri dalam mulut. Nitrit membantu memperlebar pembuluh darah dan melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak.

Bit bisa dibuat jus, direbus dan dijadikan campuran sup atau salad.

7. Bayam

Nitrat yang terkandung dalam daun bayam bisa meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kinerja otak lebih optimal. Juga berkhasiat menunda dementia dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

8. Minyak Kelapa

Otak terbuat dari 60% lemak. Kekurangan lemak makanan bisa menyebabkan depresi, Alheimer dan dementia. Konsumsi lemak sehat dalam bentuk lemak jenuh dalam jumlah secukupnya dapat menaikkan kolesterol baik, menurunkan berat badan dan mengatasi dementia.

9. Walnut

Walnut sangat baik untuk otak dan sistem syaraf.  Kaya akan asam lemak omega 3 juga mengandung vitain E yang bisa mencegah dementia karena melindungi otak dari radikal bebas. Sebaiknya konsumsi walnut dalam keadaan mentah. Rendam walnut dalam air selama 8 jam sehingga mudah dicerna tubuh.

10. Maca

Maca merupakan akar-akaran yang tergolong dalam keluarga lobak. Biasanya dijual dalam bentuk bubuk. Mampu mengatasi rasa sakit, ras cemas dan mood yang tak meenentu serta depresi. Juga berkhasiat menaikkan stamina. Cukup mengansumsi sedikit maca makan energi dan daya ingat akan kembali kuat.

11. Biji chia

Biji kecil ini sangat tinggi kandungan proteinnya dan kaya akan asam lemak omega 3. Mengandung lemak sehat yang mampu mengontrol gula darah dan menghidrasi tubuh juga kaya akan antioksidan. Biji chia merupakan sumber serat terbaik di dunia.

12. Kunyit

Rempah berbentuk rimpang ini bisa memberi warna kuning alami yang cantik dengan aroma yang khas. Ini karena kunyit mengandung curcumin yang menurut riset bisa memicu memori dan merangsang syaraf, juga proses pembentukan sel otak. Curcumin juga bisa meredakan peradangan otak yang menjadi penyebab dementia dan Alzheimer.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :