Rahasia Terlarang Jurus Anti Stroke

Kadar Kolesterol Tinggi? Turunkan dengan Rutin Konsumsi 12 Makanan Enak Ini

Jakarta - Kolesterol jahat atau LDL (Low-density lipoprotein) yang tinggi bisa mengakibatkan munculnya plak pada pembuluh darah arteri. Hal ini bisa memicu serangan jantung hingga stroke. Jika punya kadar LDL tinggi tak udah cemas, banyak makanan enak bisa dikonsumsi untuk menurunkannya.

Gaya hidup dan makanan kurang sehat menjadi pemicu banyaknya orang memiliki kadar LDL tinggi. Dengan perbaikan pola makan dan pemilihan makanan sehat, kadar kolesterol jahat bisa ditunkan secara alami.

Sebelum tergantung dengan obat-obatan, ada baiknya cek dulu menu makanan yang biasa Anda konsumsi. Banyak makanan sehat, enak yang bisa dikonsumsi rutin untuk mengendalikan kolesterol jahat.

Disiplin dan cermat mengatur asupan makanan menjadi kunci keberhasilan menurunan kadar LDL. Koelsterol jahat ini diketahui menjadi pemicu penyakit jantung, serangan jantung hingga stroke. Makanan enak ini sebaiknya Anda masukkan ke dalam menu harian agar kadar kolesterol tetap stabil.

1.Cokelat

Dark chocolate dengan kadar cacao mass di atas 70% kaya akan flavonoids, antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebaiknya konsumsi cokelat bubuk tawar dan hindari konsumsi cokelat dengan tambahan susu dan gula.

2.Alpukat

Alpukat mengandung oleic acid yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Tambahkan irisan buah alpukat segar pada salad atau haluskan alpukat untuk olesan roti. Jangan menambahkan gula atau susu kental manis. Minyak alpukat bisa jadi penambah rasa gurih pengganti minyak goreng.

3.Teh

Teh hitam dan teh hijau kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Teh hijau lebih kaya antioksidan karena teh ini tidak mengalami fermentasi. Nikmati sebagai minuman selingan di pagi dan sore hari tanpa tambahan gula.

4. Beragam jenis kacang

Kacang-kacangan kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang sangat baik untuk menurunkan kadal LDL. Kacang almond, walnut, pistachio bisa dipanggang atau disangrai. Jadikan taburan salad, atau konsumsi sebagai camilan. Sebaiknya konsumsi tak lebih dari 40 gram per hari karena kacang ini tinggi kalori.

5.Bijian utuh

Nasi hitam atau nasi merah juga oatmeal dan cantel bisa jadi pengganti nasi. Bijian utuh ini kaya akan serat larut yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan menyerap kolesterol dalam aliran darah. Bijian ini juga kaya akan serat yang akan memberi rasa kenyang lebih lama.

6. Ikan laut

Beragam ikan laut dalam seperti tuna, salmon, sarden, kakap kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak ini mampu menurunkan trigliserida yang ada dalam darah. Usahakan mengolah ikan dengan cara dipanggang, dipepeas, dikukus atau dibakar dengan bumbu rempah sehingga rasanya lebih enak. Hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng karena akan ada tambahan asupan lemak dari minyak.

7. Minyak olive

Minyak olive merupakan jenis minyak nabati sehat. Sangat baik dikonsumsi untu menurunkan kadar kolesterol jahat. Bisa dicampur dengan bawang putuh, merica dan rempah lainnya untuk menjadi saus salad yang enak. BIsa dipakai untuk menumis atau olesan ikan bakar. Aromanya yang khas dengan rasa gurih yang enak minyak ini bisa menambah citarasa makanan.

8. Produk kedelai

Tahu, tempe, susu kedelai dan edamame kaya akan protein. Cukup makan 25 gram per hari dapat mengurangi kadar kolesterol 5% - 6%. Tahu bisa diolah dengan cara ditumis dengan sayuran. Taburkan edamame dalam salad atau sereal yang Anda konsumsi.

9. Kacang merah

Kacang merah, kacang hitam dan lentil kaya akan serat larut yang bisa mengikat kolesterol darah. Studi terakhir menunjukkan makan 130 gram kacang-kacang ini per hari dapat mengurangi LDL hingga 5%. Kacang-kacang ini bisa diolah menjadi sup atau salad.

10. Apel dan pir

Jangan lupa mengonsumsi buah setiap hari. Terutama pir dan apel yang kaya akan pectin yang mampu menurunkan kolesterol. Demikian juga jenis citrus seperti jeruk navel dan lemon. Buah berry juga kaya serat. Makan sebagai buah segar atau campuran salad dan buat jadi koktail buah segar.

11. Sayuran

Hampir smeua jenis sayuran kaya akan serat dan rendah kalori. Terung juga kaya akan serat larut dan antioksidan. Hampir semua jenis sayuran sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan LDL.

12. Makanan yang diperkaya nutrisi

Bahan alami yang disebut sterols yang berasal dari tumbuhan, membantu tubuh menyerap kolesterol lebih sedikit. Karenanya banyak makanan seperti yogurt, jus jeruk dan granola yang diperkaya dengan sterols. Konsumsinya bisa menurunkan kolesterol 6%-15%. Cek labal kemasan makanan untuk mengetahui kandungan kalorinya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :