Misteri Bangun Tengah Malam

Lelah karena Sering Terbangun Tengah Malam? Atasi dengan Cara Ini

Jakarta, Terbangun di tengah malam dan tidak bisa lagi melanjutkan tidur bukanlah hal yang langka. Banyak orang yang mengalami hal tersebut. Apakah Anda salah satunya dan merasa lelah karenanya? Jika iya, sebaiknya Anda mulai memikirkan cara untuk mengatasi hal tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh Dr Meir H Kryger, seorang professor Sekolah Kedokteran Yale, Amerika. Seperti dikutip dari New York Times, jika Anda terus-terusan terbangun di tengah malam dan sulit untuk melanjutkan tidur lagi setelahnya, hal itu akan melelahkan dan menganggu aktivitas tubuh sepanjang hari. Dr Kryger menuturkan jika Anda merasa lelah akibat kebiasaan buruk tersebut, berarti ada indikasi suatu masalah yang terjadi.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kebiasaan terbangun di tengah malam ini terjadi. Pikiran yang stres, binatang peliharaan yang bersuara di tengah malam, atau bahkan faktor teman tidur, bisa jadi faktor penyebab. Masalah medis seperti batuk-batuk atau bahkan sleep apnea, juga bisa menjadi alasan mengapa Anda sering terbangun di tengah malam.

"Saya pernah mempunyai pasien yang terbangun dikarenakan debar jantung yang begitu cepat. Dan hal ini terjadi dikarenakan ia (pasien tersebut) mempunyai masalah dengan jantungnya," ujar Dr Kryger.

Menurut Dr Kryger, terlalu memikirkan dan khawatir mengenai kebiasaan terbangun di tengah malam ini malah akan membuat masalah semakin buruk. Dr Kryger menuturkan bahwa hal ini akan berdampak pada emosinya.

"Mereka (orang yang selalu terbangun di tengah malam) akan memulai pagi harinya dengan perasaan frustasi, marah, dan kesal karena mereka tidak dapat tidur dengan baik," ungkap Dr Kryger.

Dalam beberapa kasus, hal-hal baik yang coba untuk dibiasakan dapat membantu. Nikotin dan alkohol dipercaya dapat menyebabkan orang sering terbangun dari tidurnya. Maka dengan meninggalkan kebiasaan merokok dan meminum alkohol, khususnya sebelum tidur, disebut dapat membantu. Menghindari makanan pedas sebelum tidur juga disebut dapat membantu.

"Jika Anda terbangun di tengah malam sehingga menyebabkan Anda tidak bisa tertidur lagi di 20 menit setelahnya, jangan malah terpaku pada jam dinding Anda. Lebih baik Anda keluar kamar, lakukan sesuatu yang membuat Anda lebih rileks, misalnya seperti baca buku. Lalu setelah Anda sudah mulai merasa mengantuk lagi, segera ke kamar dan lanjutkan tidur Anda," saran Dr Kryger.

Dr Kryger menambahkan jika hal-hal yang disebutkannya masih belum juga membantu mengatasi kebiasaan terbangun ini, mungkin sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Karena menurut Dr Kryger, hal-hal seperti ini terkadang juga butuh pengobatan seperti terapi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :