Waspada !!! Rahasia Tersembunyi Taksi Curang Se JABODETABEK Raya !!

Banyaknya Taksi Curang di Jabodetabek.. Ane Dan istri Ane baru ngalamin..

Trit ini bukan untuk memojokkan Perusahaan Taksi Tersebut..tapi Hanya untuk mewanti-wanti Para Calon Penumpang taksi supaya tidak Di Curangi oleh
Supir Taksi yang Nakal. Karena Memang tidak semua Supir taksi itu Nakal, Banyak juga yang Baik.
Ane Sering jalan pake taksi juga kok, tapi ane baru alamin 2 kejadian tak mengenakkan terkait SUPIR TAKSI NAKAL, Bukan SUPIR TAKSI YANG JUJUR.

Ane mau share kejadian yang ane dan Istri alamin terkait pelayanan Taksi BB dan Taksi Eks dalam minggu ini..
KEJADIAN 1:
2 Maret 2014, Terminal 3 Soeta - Karawaci Tangerang via Tol
Ane baru pulang dari Bali, Baru pulang Honeymoon ..
kluar dari Terminal 3, ane dan istri langsung naek taksi BB..
Karena rute belakang ke Tangerang tutul dari jam 9-14 siang, so kami ambil jalur Tol muter ke Tangerang..
(kami nyampe di cengkareng pukul 9 WIB)..
awalnya biasa aja..

trus, pas keluar dari Bandara, mulai hal janggal terjadi..
Argo Taksi mulai bergerak Cepat

Ane perhatiin (Ane lumayan ngerti Mesin, Soalnya pernah jdi Driver mobil Rental)..
si Supirnya maenin putaran mesin di atas 3000rpm dengan porsneling 3 dan 4.
kontan aja itu Argo kenceng banget..dan lucunya, si Supir maenin gas sambil ngeliat kita lewat kaca spion dalam..

Ane tegur aja.." Bos, ga usah maenin gas mobilnya lah, kalk gigi 4 ya empat aja..3 ya 3 aja..
ga usah geber2 mobilnya dk gigi 3..
saya mjnta untuk maenin mobilnya di rpm 2500, ga boleh lebih.. dan paling kencang 70kpj..(Saat itu, argo udah 35rb-an, padahal blom masuk gerbang Tol Cengkareng)..

Eh, dengan lugunya si Supir ngomong "Oh, MAS NGERTI JUGA YA, Hehehehe..?"..

Ane semprot tu Supir, " ya iyyalah ngerti, saya kan montir Pak.." Saya Punya bengkel di Aceh..
akhirnya si Supir nurut..dan nyetir sewajarnya..dan Argonya lambat Bro..

sambil Lalu, Ane nasihatin tuh Driver..
"Pak, kalo cari Rezeki itu yang halal, soalnya kita sama2 kerja.. dan kalo uang Haram yang kita cari, kasihan Anak Istri Kita,
makan Uang Haram yang kita hasilkan setiap Hari.., Ngerti Pak..Cari uang Halal itu susah memang, tapi lebih nikmat, karena kita dicintai orang2..".

Dia cuma angguk2 Geleng2 aja..

stibanya di rumah ane, Argonya jalan sampe Rp 122.000..Ane kasih tips 20.000, tpi karena berhubung uang ane 150.000.. dia harus balikin Rp 8.000.. Truz dia nanya, 8.000nya dibalikin ga Mas, "Balikin lah, kan ane udah ngasih tips 20.000.. Dasar ga bersyukur, ..

Nomor pintu dan nama Supir ga ane share karena udah dpag ganti rugi dari BBgroup..

KEJADIAN 2:

FYI, Taksi Branded selalu menggunakan Argo Normal, tetapi sistem Argo juga bisa di akalin karena dengan mengakali argo, supir bisa mendapatkan tarif yang lebih besar..
You know lah, kalo tarifnya besar, dia bisa dapat untuk sedikit lbih. Apalagi tu taksi jarang dapat penumpang.
So Be SMART.

SMART READER
SMART COMMENTATOR
SMART CUSTOMER

Kalo Agan2 mengalami hal kayak ane, ini Email Customer care Perusahaan Taksi BB dan Eks..

Spoiler for Layanan Konsumen BB dan Express:
Eks : customercare@expressgroup.co.id
BB :
JAKARTA
BLUE BIRD & PUSAKA : (021) 7917 1234 / 794 1234
Customer Care Center : (021) 797 1245
E-mail : customercare@BBgroup.com

BANDUNG
BLUE BIRD : (022) 756 1234
Customer Care Center : (022) 756 1222

maaf, tread ane acak2an, karena cuma pake Kaskus Android..

Gan, menaikkan putaran mesin itu untuk akselerasi gan.. atau percepatan.. misalnya mau naik gigi, kita harus akselerasi dlu, dan idealnya kalo mau masukin giginya lancar, rpm minimal 2500-an..
monggo dikritisi yaa..

Gini Gan, bnyak yang udah komeng bermutu menjelaskan cara Argo bekerja,,
Buat Yang Mengkritik, coba sekali2 naek Taksi dengan
1. Bilang ga ngerti Rute
2. Pasang Muka Bego
3. Diam Seribu Bahasa..
Rasakan apa yang Supir lakukan..
Memang Ga semua Supir Nakal, tapi kalo Agan Mengikuti saran 1-3 dari TS, Dijamin 60% Dikibulin..Hehehehe

Tambahan:
Nambahin dikit ya gan, sebenarnya argo itu berdasarkan aliran bensin yg mengalir ke mesin gan.
Semakin tinggi rpm nya, semakin banyak bensin yg dibutuhkan mesin. Nah seiring itu juga rpm bergerak dgn cepat.
Kalau mau bensin pada tingkat efisiensi maksimal, minta supir untuk mengendarai mobil pada kecepatan konstan 60-70 km/jam
Pada gigi 4, Rpm mesin tidak akan melebihi 3500 gan
Ingat juga gan kalau jalan padat atau macet, minta supir untuk tidak memainkan gas
Karena akan berimbas pada aliran bensin gan.
Hal lain yg memengaruhi adalah beban mesin. Beban mesin disini ada banyak variabel nya gan, contohnya jumlah penumpang, berat barang bawaan, AC, elektrikal seperti lampu, Radio. Tetapi pada elektrikal tidak membuat beban mesin naik signifikan.
Ane pernah naik taksi, dan ane gak mau klo gak blu*bird atau e*press
Soalnya supirnya hebat bawa mobilnya, sampe" perpindahan gigi tidak terasa.

Tambahan Lagi:
1. usahakan naik taxi yg kredible, kalo terjadi hal2 buruk,misal sopir curang,kriminal,barang ketinggalan bisa langsung urus ke cs nya.
2.perhatikan identitas pengemudinya, sama gak ma yg bawa..kalo beda bisa jadi sopir tembak tuh.
3. jangan pernah borongan,mending pake argo. kalo taxi ternama minta borongan lapor aja ke cs nya..
4.liat argo nya, bersegel gak,kalo dah ga ada segelnya..100% tuh argo dah di maenin.
5. iseng coba tanya sebelum naek taksi, kira2 berapa km tujuan ente, nah ente kan kalo sering ke tujuan yg sama bisa kira2 berapa jaraknya, pura2 gak tau aja, kalo jawabnya ngawur...wah bisa jadi ente jadi korban puter2 oknum sopir tsb.
6. taksi sekarang ini kan odometernya digital, nah ente minta deh di nol in trip meternya yaa,..alesan aja gmana..intinya ente jadi tau jarak tempuh ente dari naek sampe tujuan..kalo dah tau coba ente itung2 sesuai ketentuan tarif.
selain itu ente bisa merhatiin perubahan angka argo setiap jarak berapa tuh argo berubah..

sekian tips yang pernah ane coba..

***
ane ngerti nya cuma dari yg ane posting tadi gan, mungkin ane mesti trial dulu neh, ane tau nya semakin tinggi putaran mesin = semakin boros bbm, tapi kalo puteran mesin nya aja yg tinggi, tapi putaran roda gak sama dengan putaran mesin maka yang berpengaruh adalah jarak yg di tempuh jadi lebih lama. misal kec 80kpj gigi 4, rpm 2500 vs kec 90kpj gigi 4 rpm dengan jarak 1 km , maka waktu tempuh nya jelas lebih cepat yg ke dua kan? sedang jarak akan tetap aja 1 km toh? maka argo akan terlihat lebih cepat berubah.. biasanya ane minta sopir taksinya pake trip meter begitu mulai jalan..alesan ane biar ane tau jarak tujuan ane... nah finish ane turun taksi ane coba kalkulasi dari hitungan di postingan pertama ane tadi...kalo pun ada selisih, harusnya gak banyak , kecuali rute nya macet & stuck..

demikian gan, moga bermanfaat.

Tread ane cuma mengingatkan untuk lebih waspada.
Bukan menjudge..karena dari 1000 apel dalam satu keranjang, pasti ada 1, 2, atau mungkin 10 apel yang busuk. tugas kita cuma menghindari apel yang busuk.

Ininih ada yang Share tarif Taksi..
Spoiler for Tarif Taksi Menurut Surat Gubernur untuk DPU Taksi Organda Nomor 880/-1.881.1:

sedikit ngasih pandangan ane soal ini, coba kita buka regulasi mengenai argo taksi di Surat Gubernur kepada DPU Taksi Organda Nomor 880/-1.881.1 (ini khususnya buat yang di DKI jakarta ya)

ketentuannya sebagai berikut:
Surat Gubernur Kepada DPU Taksi Organda Nomor 880/-1.881.1 tanggal 10 Juli 2013 Hal Persetujuan Tarif Taksi sbb:
a. Flag Fall Rp.7.000
b. Kilometer berikutnya Rp.3.600
c. Biaya Tunggu/jam Rp.42.000

nah biasanya perusahaan taksi juga memiliki pengaturan tarif per menit yaitu 10% tarif per kilometer, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan, kalo cuma ada argo per kilometer bisa boncos dong si supir karena tetap ngeluarin bensin tanpa dibayar.

dari regulasi ini ane percaya kalo pasti perusahaan taksi ga menerapkan argo diluar dengan regulasi tersebut.
berhubung ane juga agak parno dan takut selama ini jadi korban kecurangan supir taksi, ane coba ngitung argo berdasarkan rute yang sering ane tempuh kalo naksi, biasanya ane naik dari tanjung barat (depan antam) ke bintaro sektor 5, nah ini ane coba buatin previewnya dari om google maps

dari sini bisa diketahui kalo jarak yang biasa ane tempuh adalah 23,7 KM, karena ane biasanya naik bl*e b*rd, jadi bisa dihitung harga argo yang harus ane bayar adalah sebagai berikut:

buka pintu + 1 km pertama : Rp 7.000
kilometer berikutnya (22,7 km) : Rp 81.720

ini belum termasuk kalo ane hamsyong kena macet dan lamer keluar dari pintu tol bintaro

harga yang biasa ane bayar untuk argo taksi dengan trayek ini adalah 88-90 ribu, kalo lagi baik biasanya lebihin jadi 95 buat sopirnya

jadi menurut ane ga ada yang aneh dengan penentuan tarif terutama untuk tarifnya bl*e b*rd. buat ane supir taksi burung biru ini udah cukup bisa dipercaya, secara info yang ane dapet dari supirnya adalah mereka diberikan training berkala dari perusahaan dan ane tahu reputasi dari perusahaan ini.

untuk pesaingnya si taksi putih yang armadanya sebanyak angkot, ane jarang naik lagi semenjak dapet beberapa kejadian ga enak, misalnya nyokap ane yang dimintain uang timer karena naik dari pangkalan gelap, jumlahnya sih ga gede, cuma 5 ribu, tapi kan menyebalkan aja, terus ane yang sering banget ngalamin supir pura2 bego ga tau jalan (contohnya ane naik dari tanjung barat ke jatiwarna pondok gede yang padahal tinggal lurus di tol doang tapi supirnya ngaku ga tau pintu tol jatiwarna walhasil ane mesti puter balik di jati asih dan masuk tol lagi karena supirnya ngaku dia orang pool tanggerang jadi ga ngerti bekasi) sampe abang ane yang ditipu supir yang ngaku2 anaknya meninggal pada saat abang ane jadi penumpang sehingga dikasih lebih yang sangat besar oleh abang ane, etapi doski malah terus2an minta uang sama abang ane karena dikasih no hp sama abang ane, untuk kasus yang terakhir udah diselesaiin secara "kekeluargaan" dengan beberapa debt collector dari tempat kerja abang ane kasian kalo dipidanakan bisa ga idup keluarganya.

ane bukan groupies atau pegawai di salah satu perusahaan taksi tadi, tapi ane cuma share berdasarkan data empiris yang ane dapatkan langsung

saran ane, pilihlah armada taksi yang udah dapat agan2 percaya, selalu catat nomor pintu dan nama supirnya, dan jangan ragu buat ngelaporin tindakan yang ga enak yang agan terima ke cs perusahaan tersebut

selain itu, ane juga biasanya selalu ngobrol sama supir taksi selama perjalanan, ciptain kesan hangat namun ane selalu bikin kesan kalo ane orang "kuat" yang punya jaringan dimana mana, so don't dare me

jangan pernah mau jadi konsumen yang dibodoh-bodohin pelaku usaha, tapi sebagai konsumen cerdas kita juga harus objektif, ada harga ada rupa, jangan sampai kita kecewa apalagi celaka karena hanya ngejar harga murah, jangan cuma bisa ngeluh karena mentang-mentang undang-undang cuma mengatur perlindungan konsumen tapi ga bagi pelaku usaha

Buat Yang Ngerasa Sharing Ane Berguna Untuk Masyarakat Indonesia yang Mencintai taksi sebagai kendaraan Se Hari-hari..

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :