Misteri Kuburan Paling Manis Sedunia

Pemakaman Unik di Amerika, Nisannya Bentuk Lolipop

Pemakaman Harvard Shaker yang nisannya berbentuk lolipop (harvardshakers.com)

Harvard - Kota Harvard di AS terkenal akan universitas kelas dunianya. Padahal, di sana ada sebuah pemakaman unik, dimana nisannya berbentuk seperti permen lollipop yang jarang orang tahu.

Pemakaman unik tersebut bernama Harvard Shaker Burial Ground. Dilihat detikTravel dari situs resminya, pemakaman ini cukup bersejarah karena sudah berdiri di lokasi tersebut sejak tahun 1791, dan berhenti beroperasi sekitar tahun 1918, setelah 127 tahun lamanya.

Pemakaman ini memang memiliki bentuk nisan yang berbeda bila dibandingkan dengan pemakaman lainnya. Apabila di pemakaman lain nisannnya terbuat dari batu yang dipahat, maka lain halnya dengan Harvard Shaker Burial Ground. Nisan-nisan di pemakaman ini berbentuk seperti permen lollipop dan terbuat dari lempengan besi tempa.

Terkait dengan namanya, pemakaman Harvard Shaker memang dikhususkan untuk menguburkan anggota komunitas Shaker yang tinggal di kawasan Harvard, sejak awal abad ke-17. Komunitas Shaker adalah salah satu sekte di agama Kristen yang masih memegang teguh tradisi selibat, dan beberapa ritual adat lainnya.

Total ada sekitar 331 orang anggota komunitas Shaker yang dikuburkan di pemakaman ini sepanjang tahun 1792 hingga 1929. Pemakaman ini adalah satu-satunya yang menggunakan nisan berbentuk lollipop yang terbuat dari besi, yang masih tersisa di kawasan negara bagian Massachusets, AS.

Belum jelas alasan mengapa anggota Komunitas Shaker, menggunakan nisan berbentuk lollipop. Yang jelas, penggantian nisan yang semula terbuat dari batu menjadi besi dilakukan pada tahun 1879. Hingga kini nisan tersebut masih kokoh berdiri.

Kini meski jumlah populasi Komunitas Shaker sudah menurun drastis, tetapi warisannya masih bisa kita lihat ketika berkunjung ke Kota Harvard. Konon, beberapa masyarakat setempat percaya bahwa sering terlihat penampakan makhluk gaib di pemakaman ini.

Selain pemakaman ini, masih ada pemukiman komunitas Shaker dengan aneka bangunannya yang sangat rapi. Pemukiman tersebut pun jadi obyek wisata yang cukup digemari para turis. Turis yang datang ke Harvard Shaker Village bisa melihat aneka bangunan rumah yang mencirikan kebudayaan awal Amerika yang khas.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :