Rahasia Terlarang Bobok Tanpa Bergelinjang di Malam Penuh Desah

Ingin Tidur Nyenyak Tanpa Insomnia Malam Ini? Begini Triknya

Jakarta, Semua orang sudah tidur, namun hanya Anda sendiri yang masih terjaga. Mata tak juga mau dipejamkan padahal hari sudah hampir pagi. Hmm insomnia kadang memang terasa begitu menyiksa.

Namanya manusia biasa tentu membutuhkan tidur yang cukup. Apalagi tidur cukup merupakan salah satu hal yang bisa mendukung kesehatan. Tapi apa jadinya jika insomsia kerap melanda?

"Pendekatan terapi untuk kasus insomnia haruslah dimulai dari menjaga pola tidur yang baik," kata r Andri SpKJ, FAPM, psikiater dan kepala Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera, dalam pesan tertulisnya.

dr Andri menyarankan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesehatan tidur seseorang, yakni:

1. Tidak minum kopi/teh beberapa saat menjelang waktu tidur
2. Hindari pekerjaan di tempat tidur termasuk menggunakan gadget sebelum tidur (ada baiknya membaca buku daripada menonton TV)
3. Jika sejam terbaring belum bisa juga tidur, bangun dulu. Jika kembali mengantuk maka pergilah tidur.
4. Tidak melihat jam dinding saat hendak tidur.
5. Tidur siang akan mengurangi tidur malam, maka bisa dicoba untuk melewatkan tidur siang.

"Pengobatan dengan obat tidur merupakan pilihan dalam terapi. Pada beberapa kasus yang lama dan sudah berlangsung lebih dari 1 bulan, biasanya terapi dengan obat dibutuhkan," terang dr Andri.

Sering kali dokter menggunakan obat anticemas golongan benzodiazepine, yang menurut dr Andri, sebenarnya tidak direkomendasikan sebagai obat anti insomnia. Namun obat ini sering dipakai karena efek sedasinya, yakni mengurangi cemas dan membuat relaks.

Akan tetapi perlu diperhatikan efek penggunaan obat anti cemas dalam jangka panjang. Sebab bisa menimbulkan ketergantungan, selain itu dosis yang dipakai pun cenderung akan selalu bertambah. Risiko lainnya adalah putus zat.

"Dokter yang menangani kasus insomnia perlu melakukan penapisan awal apakah insomnia yang terjadi adalah primer yang merupakan insomnia yang tidak melibatkan masalah medis atau gangguan jiwa lainnya atau malah sebenarnya insomnia ini merupakan gejala dari suatu masalah gangguan jiwa yang lebih berat atau tidak tertangani dengan baik dan segera," papar dr Andri.

Jika Anda sudah teralu lama 'bersahabat' dengan insomnia, ada baiknya mencari solusi, yakni dengan berkonsultasi dengan pakarnya. Karena insomnia tidak akan teratasi hanya dengan menghitung gambar kambing sebelum tidur.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :