Rahasia Terlarang Olahraga Mata

Bekerja di Depan Komputer Seharian? Istirahatkan Mata Dengan Cara-cara Ini

Jakarta, Bekerja di depan komputer atau laptop seharian rentan membuat mata lelah. Pakar mengatakan untuk mengatasi mata lelah karena seharian bekerja di depan komputer, mata harus sering diistirahatkan.

‎dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung, mengatakan biasanya pemakaian komputer untuk bekerja digunakan dengan jarak dekat. Semakin dekat dan semakin sering menggunakan komputer, mata akan bekerja lebih keras dan menyebabkan lebih mudah lelah.

"Karena dengan melihat jarak dekat ini akan ada akomodasi mata di mana mata akan merasa lelah. Mata yang lelah tidak seperti lelah yang dialami oleh organ tubuh lainnya," tutur dr Syumarti, dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

dr Syumarti mengatakan ada dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara paling mudah adalah dengan memejamkan mata selama 15 menit. Memejamkan mata bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi di mata karena terus menerus melihat komputer.

Yang kedua adalah melihat benda atau objek yang jaraknya jauh, kurang lebih 6 meter selama 10-15 menit. Selain mengurangi ketegangan yang terjadi di mata, melihat benda yang jauh juga mengembalikan fokus mata kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Perlu diingat, pastikan tangan Anda bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari Anda untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks.

Perlu diingat untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan tidak mengerahkan banyak tekanan, sebab ini justru merusak mata Anda.

"Selain menutup mata dan membiarkan mata istirahat sejenak, cara lain seperti menggunakan tetes mata lubrikan (artificial tears) yang sekarang banyak dijual di pasaran juga dapat membantu memberikan efek rileks," ungkap dr Gitalisa Andayani, SpM, spesialis mata Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana.

Sering Sakit Kepala? Bisa Jadi Karena Mata Terlalu Lelah

Jakarta, Penggunaan komputer terlalu lama memang dapat membuat leher terasa nyeri dan mengakibatkan sakit kepala. Namun pakar mengatakan sakit kepala juga bisa ditimbulkan akibat mata yang terlalu lelah.

dr Syumati SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung, mengatakan bekerja di depan komputer membuat mata lelah. Jika mata terus dipaksakan bekerja tanpa istirahat, saraf-saraf di sekitar mata akan tegang dan bisa menyebabkan sakit kepala.

"Jangan terlalu lama menggunakan komputer. Penglihatannya jadi tidak fokus. Selain itu, saat mata dipkasakan untuk melihat, bisa mneyebabkan sakit kepala," tutur dr Syumarti, dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain menatap komputer terlalu lama, beberapa hal lain juga dapat menyebabkan mata lelah. Salah satunya adalah menonton televisi dengan layar yang terlalu besar. Makin besar layarnya, semakin jauh jarak antara mata dan layar. Akibatnya, mata rentan bekerja lebih keras karena agar penglihatan lebih jelas.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan gadget sambil berbaring. Dikatakan dr Syumarti, menggunakan gadget sambil berbaring selain membuat mata lelah juga bisa menimbulkan nyeri leher atau pegal di tangan.

"Risiko bermain gadget tiduran ini pertama tangan bisa lelah. Selain itu, secara tidak sadar gadget digunakan makin mendekat ke arah mata. Nantinya akomodasi makin keras. Ini bisa jadi faktor risiko minus untuk anak-anak. Kalau pada orang dewasa jadi cepat mengantuk. Lalu cahaya lampu ruangan juga pas mengarah ke mata, membuat mata jadi silau," paparnya lagi.

Untuk itu ia menyarankan agar mata sering diistirahatkan. Caranya dengan memejamkan mata selama 15 menit atau melihat benda yang jaraknya lebih dari 6 meter selama 10-15 menit.

Tentunya, kesehatan mata juga bisa ditunjang dengan asupan sayuran dan buah. Vitamin A, betakarotin dan vitamin E merupakan beberapa asupan yang berguna bagi mata.

"Asupan yang baik untuk mata itu yang pastinya sayuran dan buah yang warna-warni. Vitamin A, Betakarotin, Vitamin E sebagai antioksidan dan vitamin C baik untuk mata. Nah, untuk konsumsi makanan ini tidak harus banyak. Secukupnya saja. BIasanya ada yang jor-joran ngasih banyak dan numpuk, padahal kan tidak perlu berlebihan," urainya.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :