Rahasia Terlarang Jurus Penyegar Mata Saat Di Kantor

6 Trik Ini Dapat Atasi Mata Lelah Saat Bekerja

Bekerja di zaman yang semakin modern membuat menatap komputer dan smartphone menjadi kegiatan rutin sehari-hari. Terlalu lama menatap layar, mata bisa lelah dan terasa tidak nyaman.

Pada sebagian kasus, mata yang terlalu lelah dapat menyebabakan pusing kepala. Belum lagi posisi duduk di depan komputer yang tidak baik, komplikasi penyakit pun rentan menghantui.

Agar mata tak mudah lelah saat bekerja, berikut 6 trik yang dirangkum dari berbagai sumber

1. Istirahat Tiap 15 Menit

Saran yang sangat umum sebenarnya, tetapi cukup efektif meredakan mata lelah. Dokter mengatakan bahwa mengistiratkan mata dengan interval waktu tertentu dapat mengurangi risiko mata lelah.

Istirahatkan mata dengan berpaling dari layar komputer setiap 15 menit, lalu fokuskan pandangan pada benda tertentu yang jaraknya relatif jauh. Otot-otot mata akan lebih rileks.

2. Meditasi Mata

Ini adalah cara meditasi bagi mata. Caranya mudah, tutup mata lalu telangkupkan telapak tangan dengan posisi bola mata ada di tengah-tengahnya.

Pastikan tangan dan bahu tetap rikels, maka ketegangan pada otot-otot mata akan semakin mengendur.

3. Berkedip

Terlalu serius sering membuat mata lupa berkedip. Padahal saat bekerja dengan media digital, mata harus lebih sering berkedip agar permukaannya tidak kering.

Pelumasan yang terjadi saat berkedip tidak hanya melembabkan, melainkan juga mendistribusikan oksigen dan vitamin yang mempertajam penglihatan.

4. Atur Pencahayaan Layar

Bekerja di depan komputer tentunya sering membuat mata lelah. Cara termudah untuk mengurangi risiko mata lelah adalah dengan mengatur pencahayaan di layar agar mata tetap terasa nyaman.

Baik layar komputer maupun smartphone, gelap-terang pencahayaan akan mempengaruhi kondisi mata. Sebagian orang menganggap, agak redup lebih nyaman untuk mata sedangkan sebagian yang lain mengatakan, terang justru lebih baik karena kedipan layar lebih jarang. Mana yang lebih nyaman, jadikan itu sebagai pilihan.

5. Hindari Cahaya Biru

Selain mengatur pencahayaan, ada baiknya Anda mengurangi paparan cahaya biru jika bekerja di depan komputer. Paparan cahaya biru yang dipancarkan peralatan digital sangat mengganggu kesehatan, terutama jika dibiarkan terjadi sepanjang malam.

Saat tubuh seharusnya beristirahat, hormon melatonin berkurang akibat paparan cahaya biru. Dampak jangka panjangnya, risio diabetes meningkat, begitu juga dengan obesitas, kanker dan penyakit kronis lainnya.

6. Gunakan Obat Tetes Mata

Mata lelah terkadang membuat Anda ingin menguceknya menggunakan tangan. Namun dokter mengingatkan bahwa mengucek mata dengan tangan sangat berbahaya.

Mengucek dengan tangan dapat membuat mata mengalami kerusakan, salah satu adalah posisi bola mata yang bergeser atau biasa disebut juling. Jika keinginan mengucek mata muncul, sebaiknya gunakan obat tetes mata.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :