Rahasia Organisasi Teroris di Luar Timteng

10 Organisasi Teroris di Luar Timur Tengah

WASHINGTON – Timur Tengah selalu dilanda konflik berkepanjangan, tidak heran selalu muncul organisasi teroris yang selalu dikaitkan dengan wilayah ini.

Namun, di luar Timur Tengah masih ada organisasi teroris yang berbahaya bagi keamanan dunia. Keberadaan mereka mungkin kurang begitu mendapat perhatian dari publik selama ini.

Seperti dilansir Wonderlist, berikut adalah daftar organisasi teroris di luar Timur Tengah.

1. Fuerzas Armadas Revolucionarias De Colombia (FARC)

FARC dibentuk pada 1964 di wilayah Kolombia, kelompok ini merupakan sayap militer dari Partai Komunis Kolombia. Keberadaan FARC sering membuat kewalahan pemerintah karena mereka berjuang di wilayah pedesaan. FARC mengklaim memiliki pasukan sebanyak 10.000 orang, aktivitas organisasi ini lebih didominasi oleh perdagangan narkoba yang sangat merugikan Pemerintah Kolombia.

2. Epanastatikos Agonas (EA)

EA adalah kelompok militan di Yunani yang berdiri sejak 2003. Mereka terkenal karena sering melakukan penyerangan terhadap gedung pemerintahan, bank, dan kantor polisi. Mereka menolak Yunani menjadi anggota Uni Eropa (UE). EA ingin mengubah sistem pemerintahan yang ada di Yunani.

3. Euskadi Ta Askatasuna (ETA)

ETA memiliki wilayah operasi di perbatasan Spanyol dan Prancis, kelompok ini memiliki anggota dari etnis Basque. ETA menginginkan mendirikan suatu negara yang disebut Basqueland, ETA merupakan kelompok yang bertanggung jawab atas pembunuhan Perdana Menteri Spanyol Luis Carrero Blanco pada 1973. ETA juga mempunyai rencana untuk membunuh Raja Spanyol Juan Carlos.

4. Sendero Luminoso

Kelompok ini merupakan pemberontak yang beroperasi di Peru, Sendero Luminoso mengingkan negara Peru agar beraliran Marxisme. Kelompok hak asasi manusia di Peru melaporkan sejak berdirinya hingga kini, Sendero Luminoso telah membunuh 31.000 rakyat Peru.

5. Real Irish Republican Army (RIRA)

RIRA merupakan kelompok separatis yang berada di Irlandia Utara, mereka menolak kepempimpinan Ratu Elizabeth sebagai kepala negaranya. Selain itu, mereka menginginkan agar Irlandia Utara dan Republik Irlandia bersatu. Salah aksi teroris yang paling mematikan dari RIRA adalah pemboman di Kota Omagh pada 1998, akibat insiden itu 28 orang tewas dan menjadikan serangan teroris paling mematikan di Irlandia Utara.

6. Ulster Defense Association (UDA)

Irlandia Utara masih kelompok teroris lain yakni UDA, namun Kelompok UDA lebih berisfat agama dalam menjalankan aksinya. UDA sangat memperhatikan kaum Protestan dari serangan kaum Katolik.

7. New People’s Army (NPA)

NPA berdiri sejak 1969, kelompok ini adalah sayap militer dari Partai Komunis Filipina, mereka sering melakukan aktivitasnya di wilayah pedesaan dengan merekrut warga di sana. Mereka berkeinginan menjadikan Filipina sebagai negara Komunis.

8. Moro Islamic Liberation Front (MILF)

MILF dibentuk di wilayah Pulau Mindanao, Filipina pada 1960. MILF menginginkan agar Pulau Mindanao merdeka dari Pemerintah Filipina, bentrokan dengan pasukan Filipina sering terjadi di wilayah ini.

9. Aum Shinrikyo

Aum Shinrikyo merupakan nama orang dari Jepang, jumlah pengikutnya bisa mencapai 9.000 orang. Kelompok ini pernah melakukan serangan dengan menembakkan bom gas beracun di kereta bawah tanah Tokyo pada 1995, akibatnya 15 orang tewas.

10. Lord Resistance Army (LRA)

LRA merupakan kelompok teroris yang mempunyai wilayah operasi luas. Mencakup Uganda, Sudan Selatan, Kongo, dan Afrika Tengah. Mereka sering menebarkan teror kepada penduduk yang kebanyakan dari kalangan warga miskin dan tinggal di pedesaan.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :