Waspada Terapi Ikan di Mall Mall

Alasan Keamanan dan Kesehatan, Spa dengan Terapi Ikan Dilarang di AS

Arizona, Mahkamah Agung Amerika Serikat menolak permohonan banding pemilik spa di area Phoenix, Arizona, yang keberatan dengan peraturan daerahnya. Sang pemilik spa ingin memberikan pelayanan pedikur dengan menggunakan terapi ikan namun dilarang.

Selama bertahun-tahun terapi ikan jenis Garra rufa populer di daerah tersebut. Ikan akan memakan sel-sel kulit mati dan pelanggan bisa merasakan kulitnya menjadi halus.

Namun dalam beberapa tahun terakhir praktik tersebut dilarang karena alasan keamanan dan kesehatan. Ikan adalah mahluk hidup sehingga sulit dijamin kebersihannya dan ada kerawanan ikan yang digunakan bukan dari jenis Garra rufa.

Peneliti Martin Grassberger, MD dari Medical University of Vienna mengatakan dari hasil yang ditemukan banyak fish spa di Amerika yang menggunakan ikan Chinchin. Diduga ikan ini juga banyak digunakan di negara lain.

Ikan Chinchin sebenarnya memiliki gigi yang seiring bertambahnya usia maka secara potensial akan lebih berbahaya karena bisa merusak kulit sehingga memudahkan penyebaran infeksi.

Cindy Vong, pemilik salon di area Phoenix pada tahun 2008 menggunakan metode terapi ikan pada salonnya. Ia mengimpor ikan dari Tiongkok dan mengubah model bisnisnya untuk membuat ruangan spa ikan khusus tersendiri.

Namun pada tahun 2009 ia ditegur oleh Dewan Kosmetik Arizona yang mengatakan praktiknya melanggar standar keamanan. Dewan kosmetik membuatnya terpaksa menutup sebagian besar salonnya dan ia pun melakukan gugatan hukum.

Dikutip dari Reuters, Vong berargumen bahwa dewan telah melampaui batas kewenangan dan seharusnya menyediakan alternatif ketika ingin melarang ia praktik.

Setelah proses panjang, pada tahun 2015 gugatan Vong akhirnya harus berakhir dengan penolakkan oleh pengadilan tertinggi.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :