Misteri Gunung Es Timur Tengah

Foto: Gunung Es di Timur Tengah


Isfahan - Ada fenomena unik yang bisa disaksikan di Iran. Terdapat gletser dan gua es di atas gunung. Seperti apa ya?

Gunung ini bernama Gunung Zard Kuh. Berada di Provinsi Bakhtiari, tepatnya di rangkaian Pegunungan Zagros yang membelah Iran, Irak, dan sebagian wilalyah Turki di bagian tenggara.   

Gunung ini memiliki ketinggian 4.200 mdpl. Lanskap alamnya berupa padang rumput dengan hawa yang sejuk.

Karena suhu pegunungan yang sejuk, gunung ini menjadi tempat favorit bagi orang Kurdi untuk pindah ke sana pada musim panas.

Selain menikmati pemandangan pegunungan, kita juga bisa berinteraksi dengan orang Kurdi. Mereka ramah kepada para turis. Bahkan tak segan membagikan makanan kepada para turis.

Sepanjang 100 meter aliran sungai es ini tertutup oleh debu dan tanah. Warna es mengecoh mata! .

Gua es ini tidaklah kokoh seperti gua batu pada umumnya. Dibawah gua terdapat air yang mengalir. Biasanya di bulan Agustus terdapat celah yang besar yang berada di bawah gletser.

Selain gletser dan gua esm, ada fenomena ajaib lainnya. Terdapat air terjun yang meluncur dari terbing yang gersang. Air terjun ini bernama Air Terjun Sheikh Khan.

Gunung Zard Kuh, gunung yang mempuyai gletser dan gua es di Iran.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :