Rahasia Terlarang Air Mata Kenikmatan Ber Make Love

Bukannya Gembira, Sebagian Wanita Justru Mengharu-biru Selepas Bercinta

Jakarta, Sering merasa sedih setelah berhubungan intim dengan suami? Tenang, Anda tak sendiri. Survei terbaru dari Australia mengungkap hampir 50 persen wanita justru merasakan kesedihan yang mendalam setelah berhubungan seksual.

Kondisi ini biasa disebut dengan post-coital dysphoria (PCD) atau 'post-sex blues'. PCD biasanya ditandai dengan hasrat ingin menangis, muncul perasaan melankolis, tertekan, cemas bahkan agresif.

Buktinya didapat dari hasil wawancara dengan 230 wanita berusia 18-55 tahun yang memiliki kehidupan seksual yang aktif. Rupanya 46 persen responden mengaku pernah merasa sedih setelah bercinta, setidaknya satu kali dalam seumur hidup.

Bahkan 1 dari 20 orang atau sekitar 5 persen di antaranya mengalami gejala itu berulang kali dalam kurun empat minggu.

Anehnya, peneliti tidak menemukan keterkaitan antara tingkat keintiman yang dirasakan pasangan ketika bercinta dengan prevalensi munculnya perasaan mengharu-biru ini. Namun sayangnya, peneliti tidak bisa mengungkap penyebab utama dari kondisi ini.

"Riset sebelumnya menduga kecenderungan ini muncul karena ada faktor genetik. Ada juga yang mengatakan karena riwayat pelecehan seksual," tandas ketua tim peneliti, Dr Robert Schweitzer dari Queensland University of Technology.

Kemungkinan lain adalah post-blues sex juga banyak ditemukan pada wanita yang 'emotionally reactive'. Individu dengan 'emotional reactivity' ini memang cenderung lebih peka atau rentan terhadap emosi negatif. Dan bisa jadi salah satu pemicunya adalah hubungan seks, yang seharusnya terasa membahagiakan bagi pasangan suami istri.

Di sisi lain, peneliti mengungkap wanita yang terlalu 'lengket' dengan suaminya, terutama secara emosional, akan lebih rentan mengalami hal ini.

"Ada yang mengatakan fenomena ini merupakan dampak dari perubahan hormon selepas klimaks, tapi kami memang harus melakukan penelitian lebih lanjut jika ingin memahaminya," tutup Dr Schweitzer seperti dikutip dari Medical Daily.

Menurut sejumlah dokter, gejala depresi pada wanita yang mengalami PCD bisa berlangsung selama berjam-jam, dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Selain merasa sedih, bahkan menangis, reaksi lain yang bisa saja dialami wanita selepas berhubungan adalah keinginan untuk menjauh sejenak dari pasangan, amnesia sementara, kelaparan hingga gatal-gatal karena alergi pada sperma.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :