Rahasia Terlarang Bau Bau Taik

Eww, Ini Sebabnya BAB Anda Jadi Lebih Berbau dari Biasanya

Jakarta - Tidak ada orang yang menyukai bau saat orang buang air besar (BAB). Aroma tak sedap dari feses manusia memang membuat orang menutup hidung dan itu sangatlah wajar. Tapi ada kalanya, feses menimbulkan bau yang lebih buruk dari biasanya.

Jika Anda pernah merasa feses lebih berbau dari biasanya, bisa jadi disebabkan makanan yang Anda santap memang berbau menyengat atau sulit dicerna. Misalnya saja daging merah, durian atau petai dan jengkol.

"Bau dari BAB selalu dipengaruhi dua hal: apa yang Anda makan dan bakteri yang berada di saluran usus," ujar Larry Good, M.D., dokter spesialis penyakit sistem pencernaan, seperti dikutip dari Women's Health.

Larry kembali menjelaskan bahwa ada sekitar 10 miliar mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan. Bau yang timbul dari feses disebabkan oleh gas yang diproduksi di usus ketika serat tak larut difermentasi. Jika kotoran BAB Anda jadi sangat berbau selama dua atau tiga hari, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kemungkinan itu hanya karena sesuatu yang dimakan.

Tapi apabila feses terus menerus berbau sangat menyengat dan terasa tidak normal, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Pergi ke dokter bisa jadi diperlukan apabila frekuensi BAB Anda juga tidak seperti biasanya. Misalnya saja jadi lebih sering atau lebih jarang dari hari-hari biasa.

Selain karena makanan, bau feses yang sangat menyengat bisa berarti tanda adanya masalah pada pencernaan. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari alergi makanan, intoleransi laktosa, iritasi usus besar, penyerapan nutrisi tidak maksimal, pendaharan di saluran pencernaan hingga infeksi bakteri.

Untuk mengetahui apakah sistem pencernaan Anda sehat atau tidak memiliki masalah yang berarti, bisa dilihat dari warna feses saat BAB. Pada dasarnya warna BAB juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Misalnya saja ketika Anda makan buah bit atau buah naga ungu, maka feses akan berwarna sedikit kemerahan. Apabila banyak makan sayuran berdaun hijau, feses juga menjadi kehijauan, begitu pula jika mengonsumsi makanan atau minuman mengandung karbon hitam.

Tapi jika feses Anda konstan berwarna merah atau kehitaman, kemungkinan terjadi pendarahan di dalam saluran pencernaan. Untuk masalah ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis untuk diketahui penyebabnya lebih jelas.

About Blogger

Jakarta Sex and Mystery Magazine "JakartaBatavia Magz" - Enjoy and Relax here.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :